Hoaks Seputar Vaksin Covid-19 Mendominasi Selama Januari 2021

Berdasarkan data Cek Fakta Liputan6.com, ada 40 hoaks seputar vaksin Covid-19 yang beredar pada Januari 2021

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 02 Feb 2021, 18:30 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2021, 18:30 WIB
HOAX
Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar vaksin Covid-19 terus bermunculan ketika pemerintah telah memutuskan memulai vaksinasi pada 13 Januari 2021. Hoaks tersebut pun bentuknya beragam dari tulisan, foto hingga video.

Berdasarkan data penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, hoaks seputar vaksin Covid-19 mendominasi pada Januari 2020 dengan jumlah hasil penelusuran mencapai 40 hoaks.

Informasi hoaks tersebut di antaranya dampak vaksin Covid-19, sehinggan menimbulkan kekhawatiran masyarakat terhadap vaksin Covid-19.

Pakar komunikasi dari Universitas Gajah Mada Zainuddin Muda Z Monggilo menilai, Kemunculan misinformasi dan disinformasi seputar vaksin Covid-19 tidak terlepas dari infodemi Covid-19 yang masih terus bergulir dan belum diketahui secara pasti garis akhirnya penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 tersebut.

Kehadirian vaksin Covid-19 pun sudah lama digaungkan dan dinantikan oleh mayoritas umat manusia di dunia. Ini membuat situasi penuh dengan rasa harap, cemas, khawatir, takut, dan lainnya di tengah situasi yang kian tidak pasti.

"Dalam kondisi tersebut, sejumlah oknum menyuguhi dengan ragam misinformasi dan disinformasi seputar vaksin Covid-19 yang tersebar viral melalui platform digital," kata Zainuddin , saat berbincang dengan Liputan6.com.

Selain hoaks vaksin Covid-19, hoaks seputar obat Covid-19, bencana dan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu, 9 Januari 2021 usai lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten juga banyak beredar pada Januari 2021.

 

 

 

 

Simak Video Berikut


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya