Cek Fakta: Tidak Benar Mike Tyson Menggunakan Kursi Roda Akibat Vaksin Covid-19

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Mike Tyson harus menggunakan kursi roda akibat divaksin covid-19

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 26 Agu 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2022, 13:00 WIB
Cek Fakta Mike Tyson memakai kursi roda akibat divaksin covid-19
Cek Fakta Mike Tyson memakai kursi roda akibat divaksin covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Mike Tyson harus menggunakan kursi roda akibat divaksin covid-19. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 22 Agustus 2022.

Berikut narasinya:

"Mike Tyson harus menggunakan kursi roda setelah ia terpaksa menerima tembakan micin,sebenarnya ia sebelumnya khawatir akan efek vac,tapi ia terpaksa menerima micin itu dengan alasan dia sering bepergian ke luar negeri dan membutuhkan sertifikat micin."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Mike Tyson harus menggunakan kursi roda akibat divaksin covid-19?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel berjudul "Mike Tyson Pakai Kursi Roda Usai Nyatakan Ajalnya Sudah Dekat, Sakit Apa Sih?" yang tayang 19 Agustus 2022.

Dalam artikel tersebut terdapat penjelasan bahwa Mike Tyson memiliki masalah kesehatan bernama sciatica. Ini adalah suatu kondisi linu pada panggul yang membaut rasa nyeri di sepanjang saraf siatik.

Rasa nyeri mungkin menjalar dari punggung bawah di pinggul lalu ke bokong hingga kaki seperti mengutip Mayo Clinic.

Rasa sakit pada masalah sciatica bisa sangat bervariasi, mulai dari rasa sakit yang ringan hingga tajam, seperti terbakar atau rasa sakit yang menyiksa. Terkadang bisa terasa seperti tersengat listrik atau tersengat listrik. Rasa nyerinya bisa lebih buruk ketika batuk atau bersin, dan duduk lama dapat memperburuk gejala.

Beberapa orang juga mengalami mati rasa, kesemutan atau kelemahan otot pada tungkai atau kaki yang terkena. Anda mungkin mengalami nyeri di satu bagian kaki dan mati rasa di bagian lain.

Meskipun rasa sakit yang terkait dengan linu panggul bisa parah, sebagian besar kasus sembuh dengan perawatan non-operatif dalam beberapa minggu. Orang yang menderita linu panggul parah yang terkait dengan kelemahan kaki yang signifikan atau perubahan usus atau kandung kemih mungkin menjadi kandidat untuk operasi.

Sementara dilansir dari Marca, Mike Tyson mengalami sciatica sejak dua tahun lalu. Bahkan saat itu ia sampai tidak bisa beranjak dari tempat tidur.

Sumber:

https://www.liputan6.com/health/read/5046057/mike-tyson-pakai-kursi-roda-usai-nyatakan-ajalnya-sudah-dekat-sakit-apa-sih

https://www.marca.com/en/boxing/2022/08/22/6302bee346163ff4228b4585.html


Kesimpulan

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan yang mengklaim Mike Tyson harus menggunakan kursi roda akibat divaksin covid-19 adalah tidak benar.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya