Kumpulan Hoaks Telur Palsu, Simak Faktanya

Berikut kumpulan hoaks seputar telur palsu

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 02 Sep 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2023, 21:00 WIB
Tangkapan layar klaim video telur bebek palsu,
Penelusuran klaim video telur bebek palsu,

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar telur palsu terus beredar di tengah masyarakat, kondisi ini tentu dapat menimbulkan keresahan bagi pihak yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar telur palsu, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar telur palsu.

Video Telur Bebek Palsu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video telur bebek palsu, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 26 Januari 2023.

Unggahan klaim video telur bebek palsu menampilkan sejumlah benda berbentuk lonjong memasuki adonan, kemudian video menampilkan benda dengan bentu yang sama bergulir dari tempat yang lebih tinggi.

Tambpilan video berikutnya benda berbentuk lonjong dari tempat berwarna kuning dimasukan ke dalam adonan berwarna putih oleh sejumlah orang dan benda lonjong tersebut berjalan ke arah yang lebih rendah pada jalur yang telah disediakan.

Diakhir video benda lonjong berbalut adonan dibuka, terlihat benda lonjong transparan dengan bulatan kuning di dalamnya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Telur bebek palsu_🇨🇳"

Benarkah klaim video telur bebek palsu? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Temuan Telur Palsu Berkulit Kertas dengan Kuning Silikon

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penemuan telur palsu berkulit kertas dengan kuning silikon.

Klaim video penemuan telur palsu berkulit kertas dengan kuning silikon menampilkan seorang yang sedang mengulas telur dengan membukanya. Dalam video tersebut terdapat narasi yang menyebutkan cangkang telur tersebut seperti kertas dan kuning telurnya silikon.

Seorang tersebut pun meminta pemerintah untuk mengatasi penemuan telur palsu tersebut karena masyarakat mengkonsumsi kimia.

Benarkah klaim video penemuan telur palsu berkulit kertas dengan kuning silikon? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya