Cek Fakta: Tidak Benar Foto Rontgen Pasien di India, Ada Kecoa di dalam Dadanya

Beredar foto yang diklaim hasil rontgen pasien di India dan terdapat seekor kecoa di dalam dadanya. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 05 Agu 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 21:00 WIB
Gambar tangkapan layar foto yang diklaim hasil rontgen pasien di India dan terdapat seekor kecoa di dalam dadanya. (sumber: Facebook)
Gambar tangkapan layar foto yang diklaim hasil rontgen pasien di India dan terdapat seekor kecoa di dalam dadanya. (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim hasil rontgen pasien di India dan terdapat seekor kecoa di dalam dadanya beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkah salah satu akun Facebook pada 28 Juli 2024. Pada foto tersebut terlihat ada seekor kecoa dalam sebuah dada pasien berdasarkan foto hasil rontgen.

"Hasil rontgen seorang pasien India menunjukkan ada seekor kecoa kecil didalam dadanya, dan dokter India memintanya pergi ke luar negeri dan menjalani operasi untuk menghilangkannya.

Pasien ini pergi ke Singapura untuk persiapan operasi. Dokter Singapura memberi tahu dia bahwa tidak ada kecoa kecil di dada Anda, tetapi ada kecoa kecil di mesin rontgen di negara Anda," tulis narasi dalam foto tersebut.

"Nah ini parah," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 27 kali direspons dan mendapat 11 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto tersebut terdapat seekor kecoa di dalam dada pasien di India? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim hasil rontgen pasien di India dan terdapat seekor kecoa di dalam dadanya. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "x ray images cockroach india" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang meluruskan mengenai foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "A morphed photo is being shared as a real photo of a Cockroach found in a chest X-ray" yang dimuat situs factly.in pada 6 Maret 2024.

<p>Gambar tangkapan layar artikel dari situs factly.in.</p>

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto rontgen tersebut juga viral di India. Narasinya juga serupa, namun si pasien diminta menjalani operasi di Mumbai.

Setelah ditelusuri, tidak ada laporan atau berita kredibel yang mengonfirmasi kejadian seorang pria terdapat kecoa di dalam dadanya berdasarkan hasil rontgen.

Factly.in juga melakukan penelusuran gambar terbalik pada foto tersebut. Hasil penelusuran mengarah ke foto rontgen dada tanpa kecoa. Gambar tersebut ditemukan di situs radlines.org, sebuah situs web ahli radiologi.

Menurut deskripsi dari web radlines.org, foto tersebut mewakili 'radiogram dada posteroanterior' dari seorang wanita berusia 21 tahun yang mengeluh nyeri dada sebelah kiri setelah tabrakan saat pertandingan sepak bola. Hasil rontgen menunjukkan dada normal tanpa ada tanda cedera. Foto ini diunggah oleh Mikael Häggström.

 

Referensi:

https://factly.in/a-morphed-photo-is-being-shared-as-a-real-photo-of-a-cockroach-found-in-a-chest-x-ray/

 


Kesimpulan

Foto yang diklaim hasil rontgen pasien di India dan terdapat seekor kecoa di dalam dadanya ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil editan dan tidak ada informasi valid yang mendukung klaim tersebut.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya