Cek Fakta: Waspada Hoaks Pendaftaran Undian Festival BRImo 2024 di Facebook

Beredar di media sosial postingan pendaftaran undian festival Brimo 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 16 Sep 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2024, 11:00 WIB
Cek fakta pendaftaran undian BRImo festival 2024
Cek fakta pendaftaran undian BRImo festival 2024

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan pendaftaran undian festival Brimo 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 September 2024.

Berikut isi postingannya:

"Khusus Nasabah Bank BRl.

Ayo Buruan Dan Menangkan Hadiah Undian FSTVL BRlmo BRl 2024.

• 1 Unit Mobil BMW X3

• 25 Unit Suzuki Ertiga

• 10 Unit Honda Brio

• 5 Paket Umroh Gratis

• 30 Motor Yamaha NMAX

• 1000 Gram Emas Untuk 100 Orang

• 20 iPhone 15Pro Max• 5 Tiket Wisata Ke Jepang

• Dll Pendaftaran FSTVL BRImo ini Bagi Nasabah BRl Tidak Dipungut Biaya Apapun."

Lalu benarkah postingan pendaftaran undian festival Brimo 2024?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan permintaan untuk mendaftar pada kolom komentar. Link itu justru mengarah pada laman website yang bukan milik BRI.

Situs resmi BRI sendiri hanya di www.bri.co.id. Selain itu dalam situs resmi tersebut tidak ditemukan informasi terkait pendaftaran undian festival Brimo 2024.

Selain itu dalam akun resmi media sosial BRI seperti di Instagram: @bankbri_id, Facebook: Bank BRI, X: @BankBRI_id, @promo_BRI, dan @kontakBRI, serta TikTok: bankbri_id juga tidak ditemukan informasi seperti di postingan.

Direktur Retail Funding and Distribution BRI, Andrijanto dalam artikel Liputan6.com berjudul "Waspada Penipuan Online Mencatut BRI di Media Sosial, Simak Cara Lindungi Diri Anda" yang tayang pada 1 September 2024 meminta masyarakat waspada terhadap penipuan yang mencatut nama bank tersebut.

"Hindari memberikan data pribadi seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, username dan password internet banking, OTP, dan informasi sensitif lainnya melalui tautan atau situs yang tidak terverifikasi," ujarnya.

"Kami meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap informasi yang tidak jelas sumbernya dan selalu memverifikasi keabsahan informasi dari sumber yang terpercaya atau saluran komunikasi resmi BRI," katanya menambahkan.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by BANK BRI (@bankbri_id)

Sumber:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5689971/waspada-penipuan-online-mencatut-bri-di-media-sosial-simak-cara-lindungi-diri-anda?page=2

https://www.instagram.com/p/C_HhLuwvgwA/?img_index=1

https://bri.co.id/briedukasi#page-2


Kesimpulan

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan pendaftaran undian festival Brimo 2024 adalah hoaks.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya