Cek Fakta: Tidak Benar Video Gibran Rakabuming Raka Mundur Sebagai Wapres Terpilih

Beredar di media sosial postingan video yang diklaim pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI.

oleh Tim Cek Fakta diperbarui 01 Okt 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2024, 09:00 WIB
Cek fakta video Gibran Rakabuming Raka mundur sebagai Wapres terpilih
Cek fakta video Gibran Rakabuming Raka mundur sebagai Wapres terpilih

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang diklaim pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 30 September 2024.

Dalam postingannya terdapat video Gibran dengan narasi "Saya Gibran Undur Diri" dan "Gibran Mundur sbg Cawapres beneran?"

Sementara Gibran berpidato dengan narasi

"Wakil Presiden terpilih dalam pemilihan umum tahun 2024. Yang bertandatangan di bawah ini, nama: Gibran Rakabuming Raka, bersama ini mengajukan pengunduran diri demikian untuk dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih."

Lalu benarkah postingan video yang diklaim pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan video yang identik dengan postingan. Video itu diunggah akun Tribun Network di Youtube Shorts pada 17 Juli 2024.

<p>Cek fakta video Gibran Rakabuming Raka mundur sebagai Wapres terpilih</p>

Video itu berjudul "RESMI❗ Gibran Mundur Dari Wali Kota Solo"

Dalam video asli terdapat narasi yang dihilangkan, yakni kalimat "Pengunduran diri sebagai Walikota Surakarta masa jabatan 2021-2026 sehubungan telah ditetapkannya sebagai calon Wakil Presiden terpilih dalam Pemilu tahun 2024."

Selain itu video tersebut dilengkapi deskripsi

"TRIBUN-MEDAN.COM - Gibran Rakabuming Raka resmi mundur dari Wali Kota Surakarta dalam Rapat Paripurna DPRD Surakarta, 17 Juli 2024."

Sumber:

https://www.youtube.com/shorts/2nh66LV44lE


Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Postingan video yang diklaim pengunduran diri Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI adalah tidak benar. Faktanya video tersebut merupakan pengunduran diri Gibran sebagai Walikota Surakarta.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya