8 Tempat Elok yang Wajib Dikunjungi Saat ke Andalusia

Andalusia merupakan salah satu region di negara Spanyol yang memiliki begitu banyak tempat bersejarah yang memukau.

oleh Liputan6 diperbarui 10 Sep 2015, 06:03 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2015, 06:03 WIB
8 Tempat Elok yang Wajib Dikunjungi Saat ke Andalusia
Andalusia merupakan salah satu region di negara Spanyol yang memiliki begitu banyak tempat bersejarah yang memukau.

Citizen6, Jakarta Andalusia merupakan salah satu region di negara Spanyol, wilayah selatan Iberian Peninsula, yang terdiri dari 8 provinsi: Almería, Cádiz, Córdoba, Granada, Huelva, Jaén, Málaga dan Seville. Bagi Muslim, Andalusia seperti pusat peradaban yang hilang. Muslim pertama kali datang ke wilayah Andalusia pada tahun 711, dipimpin oleh Tariq bin Ziyad, seorang panglima perang dari Kekhalifahan Umayyah.

Setelah itu, kaum Muslim Moor membangun wilayah ini dengan Cordoba sebagai sentral pemerintahan hingga tahun 1492. Jadi bangunan-bangunan Islam di wilayah ini memilki arsitektur khas Muslim Moor atau yang lebih dikenal dengan nama Mudéjar Style.

Sampai saat ini semua bangunan tersebut tetap menjadi landmark dan objek wisata utama di Andalusia. Bangunan-bangunan tersebut antara lain:

1. Alhambra

Terletak di Granada. Alhambra merupakan kompleks bangunan kerajaan seluas 14,2 hektar yang terletak di atas bukit. Nama Alhambra diambil dari Bahasa Arab "al-hamra" yang berarti "yang berwarna merah" karena seluruh kompleks bangunan berwarna kemerah-merahan.

Bangunan Alhambra pertama kali dibangun pada tahun 889 hanya sebagai benteng pertahanan kecil. Setelah itu, reruntuhan benteng kemudian dibangun kembali sebagai istana kerajaan pada pertengahan abad ke-11 oleh Emir (pemimpin) Granada. Berbagai literatur menyebut Alhambra sebagai "paradise on earth" (surga di bumi) karena keindahan arsitekturnya.

Saat terakhir digunakan kompleks bangunan Alhambra terdiri atas istana kerajaan, benteng pertahanan, dan 13 menara. Bagian taman ditanami oleh berbagai macam bunga, rumput hijau dan pepohonan. Di taman juga terdapat beberapa kolam, air mancur, serta banyak burung bulbul (nightingales) yang selalu berkicau selama musim semi. Pada tahun 1984, Alhambra bersama dengan Generalife dimasukkan ke dalam list UNESCO World Heritage.

Selengkapnya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

***Ingin berdiskusi tekonologi, gadget terkini ,pendidikan, kuliner, kecantikan dan uniknya dunia yuk klik di http://forum.liputan6.com/

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya