Lima Manusia Cyborg yang Ada di Dunia Nyata

Robot adalah salah satu produk teknologi terbarukan yang saat ini sudah banyak dikembangkan oleh para ilmuwan.

oleh Liputan6 diperbarui 07 Des 2015, 13:07 WIB
Diterbitkan 07 Des 2015, 13:07 WIB
Lima Manusia Cyborg yang Ada di Dunia Nyata
Robot adalah salah satu produk teknologi terbarukan yang saat ini sudah banyak dikembangkan oleh para ilmuwan.

Citizen6 Jakarta Robot adalah salah satu produk teknologi terbarukan yang saat ini sudah banyak dikembangkan oleh para ilmuwan. Dengan segala kemiripan serta kendali yang ada di manusia memungkinkan robot-robot ini suatu saat nanti akan menjadi pembantu dan membuat hidup manusia menjadi lebih mudah.

Dengan segala kemajuan dan perkembangan teknologi yang begitu canggih, tidak hanya robot saja yang dibuat oleh manusia, ada juga cyborg yang saat ini sudah dalam tahap pengembangan. Cyborg sendiri bisa dikatakan sebagai terobosan baru di mana teknologi robot langsung digunakan pada manusia secara langsung. Bisa dikatakan sebagai setengah manusia setengah robot.

Memang penggunaannya sampai saat ini masih dipertanyakan, terlebih efek samping yang ditimbulkan belum bisa dipastikan. Namun untuk beberapa orang ternyata adanya teknologi cyborg ini telah membuat hidup mereka terselamatkan. Seperti yang dialami oleh manusia cyborg berikut ini, dengan teknologi cyborg yang digunakan di tubuhnya, mereka bisa menjalani kehidupan yang normal layaknya manusia sehat pada umumnya:

1. Cameron Clapp

Saat Clapp remaja, dia mengalami kecelakaan tragis yang menyebabkannya harus kehilangan banyak anggota tubuhnya, Clapp mengalami kecelakaan kereta api dan dia kehilangan kedua kakinya serta lengan kananya. Untuk menggantikan ketingga anggota tubuhnya yang hilang tersebut, ia menggunakan protesa pada ketiga anggota tubuhnya yang hilang, dan dengan protesa tersebut, Clapp menjadi seorang atlit lari, golf, dan aktor. Prostesis Clapp menggunakan Hanger Comfortflex Socket System, yang bisa merangsang otot-ototnya.

2. Rob Spence

Rob Spence menyebut dirinya Eyeborg. Dia kehilangan mata kirinya setelah menembakkan senapan tidak benar. Kebanyakan teknologi saat ini membuat hubungan dengan kacamata, seperti Google Glass. Berbeda dengan Spence, mungkin ini adalah ide baru dan kreatif, ia lebih memilih memasukkan kamera bertenaga baterai ke dalam rongga matanya yang kosong. Serunya, ia bisa melihat video apapun yang terekam dengan kamera di matanya. Saat ini Spence terus meningkatkan 'mata' nya untuk membuatnya lebih efektif lagi.

Siapa manusia cyborg berikutnya, selengkapanya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya