Terkuak, Ternyata di Balik Lukisan Mona Lisa Ada Lukisan Lain

Belum lama ini, salah seorang ilmuwan dari Prancis, telah mengklaim apabila dirinya sudah menemukan adanya sebuah lukisan terbaru,

oleh Azwar Anas diperbarui 13 Des 2015, 20:45 WIB
Diterbitkan 13 Des 2015, 20:45 WIB
Terkuak, Ternyata di Balik Lukisan Mona Lisa Ada Lukisan Lain
Belum lama ini, salah seorang ilmuwan dari Prancis, telah mengklaim apabila dirinya sudah menemukan adanya sebuah lukisan terbaru,

Citizen6 Jakarta Sampai saat ini, ternyata Lukisan Mona Lisa menjadi satu-satunya lukisan yang penuh dengan misteri. Sebut saja, kontroversi sosok Mona Lisa, background dalam lukisan, sampai yang terakhir ini, ada klaim jika ternyata ada sebuah lukisan di balik lukisan Mona Lisa tersebut.

Belum lama ini, salah seorang ilmuwan dari Prancis, telah mengklaim apabila dirinya sudah menemukan adanya sebuah lukisan terbaru, yang ada di balik lukisan Mona Lisa yang tak lain hasil karya seniman legendaris, Leonardo Da Vinci. Ia mengklaim jika memang di Lukisan Mona Lisa Ada Lukisan Lain, setelah dirinya melakukan beberapa penelitian dan analisis sekitar 1 dekade ini. Pascal Cotte pun akhirnya langsung mengklaim terkait hal tersebut.

Pascal mengungkapkan, jika memang ada lukisan lain yang ternyata disembunyikan oleh Leonardo di balik hasil karyanya yang fenomenal tersebut. Pascal memakai sebuah teknik, Layer Amplification Method dengan tujuan bisa menemukan gambar yang tersembunyi pada lUkisan Mona Lisa. Teknik tersebut ia klaim memang berhasil dengan cara memproyeksikan serangkaian cahaya yang intensif di lukisan. Ia mengatakan, jika dalam lukisan Monalisa ada lapisan berbentuk lukisan baru.

Diketahui, jika sudah berabad-abad, banyak kontroversi terkait siapa identitas Mona Lisa, ada yang mengatakan jika Mona Lisa adalah Lisa Gherardini, yaitu istri pedagang sutra Florentine, akan tetapi menurut Pascal wanita itu adalah sebuah mitos yang dibuat oleh Davinci.

Akan tetapi, tidak semua orang langsung setuju dengan apa yang diklaim oleh Pascal, salah satunya adalah Profesor Emeritus yang ada di Fakultas Sejarah Seni, Universitas Oxford, Martin Kemp, yang tak merasa yakin dengan apapun yang diklaim oleh Pascal, malah Pascal telah berbuat hal yang berlebihan. (war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya