Para Ibu, 5 Tips Ini Bisa Menjaga Ketupat Tidak Cepat Basi

Seringkali ketupat yang dimasak terlalu banyak sehingga tidak habis hari itu juga. Padahal kalau dibiarkan begitu saja, ketupat bisa basi.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 08 Jun 2018, 17:00 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2018, 17:00 WIB
Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Tak akan lengkap lebaran tanpa ketupat. Sayangnya, seringkali ketupat yang dimasak terlalu banyak sehingga tidak habis hari itu juga. Padahal kalau dibiarkan begitu saja, ketupat bisa basi.

Nah, berikut ada beberapa tips agar ketupat tahan lama. Ini dia.

1. Menyelupkan ketupat ke air dingin

Segera setelah ketupat matang dan diangkat dari panci, celupkan ke dalam air dingin atau air es selama beberapa saat. Cara ini akan membuat proses pemanasan ketupat segera berhenti dan dingin sempurna.

2. Digantung atau diangin-anginkan

Setelah dicelupkan ke air dingin, segera angin-anginkan ketupat agar kandungan airnya berkurang. Cara ini akan menjaga ketupat tidak cepat basi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Menyimpannya dalam kulkas

Lebaran Dikit Lagi, Yuk Bikin 3 Jenis Ketupat Dalam Waktu Singkat
Gak terasa puasa udah memasuki pekan ketiga. Siapin diri kamu menyambut lebaran! Hip hip huray!

Menyimpan ketupat dalam kulkas akan membuatnya tahan lebih lama. Ketika akan dikonsumsi, ketupat cukup dihangatkan kembali.

4. Hindari penyimpanan di tempat lembab

Bila ketupat diletakkan di tempat yang lembab, ketupat bisa cepat basi. Karena itu, pastikan menggunakan wadah yang bersih dan kering. Sirkulasi udaranya juga harus baik agar ketupat tahan lama.

5. Kukus kembali

Biasanya ketupat tahan 2-3 hari. Tapi bila ingin membuatnya tahan lebih lama lagi, cobalah untuk mengukusnya pada hari kedua atau ketiga untuk dikonsumsi keesokan harinya. Selama tak berair, ketupat aman tetap dikonsumsi.

Reporter: Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya