Studi: Menulis Rasa Terima Kasih di Kertas Bisa Tenangkan Hati

Menulis catatan di kertas dengan tangan memiliki manfaat yang tak terduga lo.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Jan 2019, 14:00 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2019, 14:00 WIB
Ilustrasi menulis
Ilustrasi menulis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pelajar, menulis menjadi hal lumrah untuk di lakukan. Namun kini, sejumlah orang tampaknya mulai meninggalkan kegiatan tulis menulis menggunakan kertas, juga pulpen dan memilih beralih ke ponsel pintar yang lebih praktis. 

Namun ternyata, menulis catatan di kertas dengan tangan memiliki manfaat yang tak terduga lo. Terutama dalam kesehatan dan kestabilan mental. Melansir dari Time, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menyebutkan bahwa lebih banyak bersyukur memberikan dampak positif pada kesehatan mental.

Peneliti mengungkapkan bahwa orang-orang banyak yang meremehkan kekuatan mengekspresikan diri lewat tulisan dan melebih-lebihkan banyak hal sehingga membuat mereka sulit mendapatkan manfaat dari melakukan hal-hal kecil.

 


Manfaat Lainnya

menulis
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/hannah olinger

Uniknya, rasa terima kasih bukan hanya bisa memberikan ketenangan batin dan kebahagiaan bagi diri sendiri, namun juga untuk orang lain. Penelitian juga menemukan bahwa mereka yang menuliskan ucapan rasa syukur atau terima kasih secara konsisten mampu memberikan semangat lebih positif dan meningkatkan suasana hati.

Jadi jika mood kamu sedang buruk, coba cara sederhana ini dengan menulis rasa terima kasih untuk tenangkan hatimu. Cukup simpel kan? Selamat mencoba.

 

Sumber: Vemale.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya