Pakai APD Saat Tangani Pasien Corona, Para Dokter Tempel Foto Agar Mudah Dikenali

Ingin pasien melihat wajah mereka, para dokter ini tempelkan foto di baju hazmat.

oleh Camelia diperbarui 13 Apr 2020, 16:00 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2020, 16:00 WIB
Dokter tempelkan foto di baju hazmat
foto: The Sun/ IG @captain_wolf82 @derekdevault

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menangani pasien terinfeksi pandemi Corona atau Covid-19, seluruh tenaga medis diharuskan mengenakan Alat Pelindung Diri atau APD agar terhindar dari risiko tertular. Tak hanya masker, mereka harus menggunakan baju hazmat serta sarung tangan dan dilengkapi dengan penutup kepala.

Intinya seluruh tubuh mereka harus tertutup rapat tanpa ada celah sedikit pun. Hal ini membuat wajah mereka sulit dikenali oleh sesama rekan tenaga medis ataupun pasien.

Untuk mengatasi hal tersebut, seorang dokter bernama Roberto Rodriguez yang bertugas di rumah sakit Scripps Mercy, San Diego, memiliki ide unik. Dokter spesialis paru-paru ini memutuskan menempel foto wajahnya saat tersenyum di baju hazmatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Melansir dari The Sun, hal ini dilakukannya agar para pasien bisa mengenali wajahnya dan melihatnya ketika tersenyum. Tak hanya itu, dia mengatakan bahwa dengan melihatnya tersenyum bisa membuat rasa takut pasien hilang.

“Satu hal yang petugas medis lakukan untuk membuat pasien merasa nyaman adalah meyakinkan mereka dengan senyuman kami, tetapi sekarang kami harus memakai masker dan tak dapat melakukannya. Senyum sangat membantu menghibur pasien yang ketakutan dan membawa kecerahan di masa-masa gelap ini,” kata dr Rodriquez.


Diunggah di Instagram

Dokter tempelkan foto di baju hazmat
foto: The Sun/ IG @captain_wolf82

Melalu akun Instagram-nya @captain_wolf82 dr. Rodriquez mengunggah foto yang menunjukkan dia mengenakan baju hazmat yang terdapat foto wajahnya tersenyum di bagian depan. Dilengkapi dengan nama dan bidangnya.

Rupanya aksinya sangat dihargai para pengguna jejaring sosial, tak berselang lama unggahannya tersebut menjadi viral.


Diikuti oleh tenaga medis lain

Setelah unggahannya viral, kini banyak dokter dan tenaga medis di rumah sakit lain yang lantas menempelkan foto mereka di baju hazmat yang dikenakannya. Berikut potretnya:


Para perawat ini pun ikut melakukan apa yang telah dilakukan dr. Rodriquez


Ini adalah dr. Peggy Ji dari Los Angeles, dia juga mengaku terinspirasi dari dr. Rodriquez


Dengan melakukan ini, mereka mengaku senang seolah bisa berbagi senyuman meski lewat foto

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya