Habis Divaksinasi Covid-19, Konsumsi Makanan Ini untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ada makanan tertentu yang sebaiknya Anda konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh usai vaksinasi Covid-19

oleh Sulung Lahitani diperbarui 05 Mar 2021, 14:02 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2021, 14:02 WIB
Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)
Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)

Liputan6.com, Jakarta Vaksin COVID-19 yang mulai diberikan kepada masyarakat, mungkin menyebabkan efek samping ringan tertentu pada beberapa orang. Meskipun jumlah orang yang mengalami efek samping tidak banyak, apa yang harus Anda lakukan jika Anda merasakan gejala ringan seperti demam atau nyeri badan setelah mendapatkan vaksinasi?

Sup ayam adalah salah satu makanan terbaik yang dapat Anda makan setelah mendapatkan suntikan vaksin COVID. Mengapa sup ayam? Berikut penjelasannya

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Tubuh Anda mengalami peradangan pasca-vaksin

Ilustrasi Sup
Ilustrasi sup (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Sesuai dengan anjuran Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), seseorang mungkin mengalami beberapa efek samping dari penyuntikan vaksin COVID 19. Menurut para ahli, efek samping ini adalah akibat dari peradangan yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Tubuh Anda bereaksi terhadap protein lonjakan dan bekerja untuk melawan infeksi yang dirangsang. Demam, nyeri lengan, nyeri tubuh adalah beberapa gejala umum saat sistem kekebalan Anda melawan sesuatu.

 


Pentingnya konsumsi makanan penambah kekebalan

sup tomat
Ilustrasi sup tomat bola daging sapi./Copyright pixabay.com/users/tkeawkin-562520/

Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah kekebalan untuk mendukung pemulihan yang cepat. Sangat disarankan untuk memiliki makanan yang memiliki kandungan air tinggi.

CDC merekomendasikan untuk mengonsumsi banyak air, karena cairan penting untuk pemulihan setelah mendapatkan vaksin COVID-19. Ini berarti makanan anti-inflamasi yang dapat menghidrasi Anda dapat sangat membantu pemulihan.

 


Sup, makanan anti inflamasi yang menghidrasi

Ilustrasi sup ikan | Cook Eat dari Pexels
Ilustrasi sup ikan | Cook Eat dari Pexels

Jika Anda merasa tidak enak badan setelah mendapatkan vaksin COVID-19, sup kaldu seperti sup ayam, sup tomat kental, atau sup kaldu sederhana sangat bagus untuk Anda. Jika sup Anda memiliki makanan peningkat kekebalan lainnya seperti kangkung, kacang-kacangan, lentil, kentang, brokoli, itu lebih baik.

Jika Anda bukan vegetarian dan harus memilih sup setelah mendapatkan vaksin COVID-19, sup ayam adalah pilihan terbaik Anda.

 


Manfaat sup ayam

ilustrasi resep sup ayam/doyanresep
ilustrasi resep sup ayam/doyanresep

Menurut Jurnal CHEST, sup ayam sebenarnya memiliki efek pengobatan yang bermanfaat dan memiliki efek antiinflamasi ringan.

Meskipun tidak dijelaskan secara gamblang elemen mana yang membantu, semua elemen klasik termasuk ayam, wortel, seledri, peterseli, garam, dan merica semuanya membantu melawan peradangan.

Kaldu tulang memiliki asam amino yang disebut glisin dan arginin, yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Jadi, jika Anda tidak ingin makan apa pun, Anda cukup menyesap secangkir kaldu tulang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya