Unika Atma Jaya Hadirkan Pusat Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Kosambi Tangerang

UNIKA Atma Jaya bersama dengan Ikatan Alumni Unika Atma Jaya, dan didukung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kecamatan Kosambi, serta ProSehat menghadirkan Sentra Vaksinasi di Kecamatan Kosambi, Tangerang.

oleh Camelia diperbarui 10 Apr 2021, 12:00 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2021, 12:00 WIB
Pasangan Lansia warga Kecamatan Kosambi Menerima Dosis Vaksin Pertama di Pusat Vaksinasi Banda City Mall, Jumat (9/4/2021).
Pasangan Lansia warga Kecamatan Kosambi Menerima Dosis Vaksin Pertama di Pusat Vaksinasi Banda City Mall, Jumat (9/4/2021).

Liputan6.com, Jakarta Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) Atma Jaya bersama dengan Ikatan Alumni Unika Atma Jaya, dan didukung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kecamatan Kosambi, serta ProSehat menghadirkan Sentra Vaksinasi di Kecamatan Kosambi, Tangerang (Banten). 

 

Sentra vaksinasi ini merupakan kolaborasi yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIKA Atma Jaya sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat pengendalian pandemi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Usaha yang membutuhkan dukungan banyak pihak ini penting bagi keberhasilan pemulihan ekonomi akibat Covid-19 dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIKA Atma Jaya, Dr. jur. Sih Yuliana Wahyuningtyas, S.H., M.Hum., menyebut bahwa program vaksinasi ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial dari institusi pendidikan yang perlu memberikan aksi nyata dalam mendukung segala upaya yang  kemaslahatan bersama. Program vaksinasi yang berlokasi di Bandara City Mall, Kecamatan Kosambi ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dikelola oleh LPPM Unika Atma Jaya.

Aksi yang kita lakukan hari ini adalah bentuk solidaritas sosial kepedulian dan aksi nyata institusi pendidikan dalam upaya untuk mengentaskan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Bersama relawan yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan karyawan, UNIKA Atma Jaya mengemban misi kemanusiaan coba mengerahkan semua daya dan upaya yang dapat diberikan bagi kebaikan dan pemulihan kualitas kesehatan masyarakat,” jelas Sih Yuliana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Target Vaksin

Sekretaris Camat Kecamatan Kosambi, Dr. Syarif Hidayat M.M., membuka dan meresmikan vaksinasi untuk 1000 lansia dan pekerja publik di Kecamatan Kosambi.
Sekretaris Camat Kecamatan Kosambi, Dr. Syarif Hidayat M.M., membuka dan meresmikan vaksinasi untuk 1000 lansia dan pekerja publik di Kecamatan Kosambi.

Hingga akhir 2021, pemerintah menargetkan distribusi penyuntikan vaksin kepada 181.554.465 orang penduduk Indonesia untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan hingga kini telah berhasil memvaksinasi hingga 500.000 orang perharinya, dari target 1 juta orang. Data terakhir menunjukkan hingga kini sudah ada 9.3 juta orang di Indonesia yang menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Sementara itu, sebanyak 4.6 juta orang telah menerima suntikan dosis kedua. 

Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyebut bahwa diperlukan dukungan besar dari semua pihak dalam upaya distribusi vaksin di Kabupaten Tangerang.  Perwakilan DinKes Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi menyebut PemKab Tangerang hingga kini telah memberikan vaksin kepada 60 Ribu warga dari target 2,2 Juta. Hendra berharap agar masyarakat dapat bersabar mendapat giliran vaksinasi yang direncanakan dapat terpenuhi hingga Maret 2022 mendatang.                                                         

Kami dari Pemerintah Kabupaten Tangerang, mengapresiasi kepedulian dan usaha yang ditunjukkan oleh UNIKA Atma Jaya. Kami berharap kerjasama Atma Jaya dan PemKab Tangerang dapat terus berjalan dan membuka pusat-pusat vaksinasi lain, sehingga jika nanti jumlah vaksin sudah cukup maka target vaksinasi 15 ribu orang perhari dapat terpenuhi,” jelas dr. Hendra Tarmizi.

 


Sentra Vaksin Sebelumnya

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar meresmikan pembukaan SVADaya, didampingi Wakil Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prajaka Wahyu Baskara, S.H., M.Hum. dan Founder ProSehat dan Alumni FKIK UNIKA Atma Jaya, dr. Gregorius Bimantoro.
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar meresmikan pembukaan SVADaya, didampingi Wakil Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prajaka Wahyu Baskara, S.H., M.Hum. dan Founder ProSehat dan Alumni FKIK UNIKA Atma Jaya, dr. Gregorius Bimantoro.

Sebelumnya Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmad Zaki, telah meresmikan Sentra Vaksinasi Covid-19 di Kampus 3 BSD UNIKA Atma Jaya pada Kamis (17/3/2021) lalu, di mana sentra vaksin Kampus Atma Jaya tersebut berhasil membagikan 3.000 dosis pertama vaksinasi gratis produksi Biofarma kepada kelompok prioritas lansia berdomisili Kabupaten Tangerang juga pelayan publik UNIKA Atma Jaya.

Senada dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Sekretaris Camat Kecamatan Kosambi, Drs. M. Syarif Hidayat M.M., yang hadir mewakili Camat Kosambi meresmikan pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan LPPM UNIKA Atma Jaya bersama dengan Ikatan Alumni di Bandara City Mall. Syarif Hidayat berharap relawan dan panitia penyelenggara selalu semangat dan sehat dalam menjalankan kegiatan yang ia sebut sebagai aksi “kepedulian dan memberi perhatian di tengah situasi pandemi ini”.


Berlangsung Dua Hari

Pemberian Vaksinasi Dosis Pertama di Bandara City Mall
Pemberian Vaksinasi Dosis Pertama di Bandara City Mall

Kegiatan Vaksinasi di Bandara City Mall akan berlangsung selama dua hari mulai 9 - 10 April 2021. Penyelenggaran kegiatan tidak lepas dari dukungan dari sejumlah mitra rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan antara lain RSIA BUN, RS Mitra Husada Tangerang, dan RS Atma Jaya. Sesuai dengan arahan pemerintah, program vaksinasi tahap dua diprioritaskan kepada kelompok masyarakat lanjut usia berusia diatas 60 tahun dan pekerja publik esensial. Pekerja publik antara lain terdiri dari tenaga pendidik dan kependidikan, tokoh agama, dan pegawai pemerintah. 

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, para peserta terlihat sabar menunggu giliran mereka untuk dipanggil dan mengikuti sejumlah arahan dari relawan dan panitia mulai administrasi dan cek kesehatan. Sugirman, 67 tahun, mengaku sangat senang dengan pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis dan relawan yang menurutnya dapat dengan tenang mengarahkan para lansia dan peserta lain.

Saya senang akhirnya hari ini bisa mendapat vaksin. Tidak terasa (sakit) sama sekali dan syukur tidak ada efek apapun. Saya lihat semua pelayanannya baik, tidak ada kendala. Yang saya harapkan memang demikian, jadi yang divaksin tidak merasa takut dan percaya. Terima kasih untuk panitia dan relawan,” ujar Sugirman, warga Kacamatan Kosambi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya