5 Cara Menjaga Privasi di Internet Agar Terhindar dari Kejahatan Dunia Maya

Maraknya pencurian data di internet mengharuskan pengguna internet untuk tahu bagaimana cara menjaga keamanan dan privasinya.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Nov 2021, 22:03 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2021, 22:03 WIB
Ilustrasi akses internet.
Ilustrasi akses internet.

Liputan6.com, Jakarta - Di era modern saat ini, semakin sulit untuk menjaga privasi kita. Sekarang semua orang bisa mencari dan menemukan berbagai data pribadi kita di internet seperti nomor telepon atau alamat email, dengan sangat cepat dan mudah. 

Banyaknya kejahatan dunia maya mengharuskan kita sebagai pengguna internet harus tahu bagaimana cara menjaga data pribadi kita agar tetap aman. Mereka bisa melakukan apa saja seperti meretas informasi pribadi dengan menjual belikan data kita. 

Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga privasi Anda di media sosial, dilansir dari Brightside

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hindari penggunaan Wifi publik

Ilustrasi wifi
Ilustrasi wifi (Sumber: Pexels)

Saat ini, pengguna internet sangat dimudahkan dengan jaringan wifi. Dengan menggunakannya kita bisa mengakses segala hal yang kita butuhkan dengan cepat tanpa harus menguras kuota internet kita. 

Namun penggunaan jaringan publik ternyata tidak cukup aman bagi Anda dan bisa mengundang ancaman bagi privasi Anda. Jika Anda mengakses internet dengan jaringan publik tersebut, orang lain bisa melacak informasi pribadi Anda. 

Tapi, kalau Anda sangat membutuhkan wifi dan tidak ada pilihan lain selain menggunakan wifi publik, pastikan Anda menghindari memasukkan nomor jaminan sosial atau kredensial keuangan Anda.


Jangan membagikan lokasi Anda di akun media sosial

Aplikasi pelacak lokasi
Ilustrasi aplikasi pelacak lokasi di smartphone. (Doc: NY Daily News)

Ketika kita sedang pergi berkumpul dengan teman terdekat kita, kerap kali kita mengunggah foto bersama teman kita di media sosial dan mencantumkan di mana lokasi kita. Meskipun ini seringkali terjadi namun sebaiknya hindari hal ini. 

Setiap Anda mengunggah foto beserta lokasi Anda di media sosial, Anda bisa mengundang seseorang untuk melacak Anda. Hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya kriminalitas. Untuk itu, cobalah untuk menghindari hal-hal seperti ini. Jangan sembarangan membagikan lokasi, foto, dan informasi pribadi Anda 


Jangan sembarangan klik

Memblokir Kontak
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/pixabay

Saat sedang memainkan media sosial atau menggunakan internet, seringkali kita menemukan berbagai tautan atau link yang muncul secara tiba-tiba. Meskipun tautan tersebut hanya berisi iklan yang menawarkan sejumlah barang agar Anda membelinya,, tetapi bisa berbahaya. 

Anda harus berhati-hati karena dengan mengklik tautan tersebut baik secara sengaja atau tidak disengaja, bisa memberikan kesempatan bagi para hacker untuk meretas segala informasi di ponsel Anda. 


Gunakan incognito

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
Ilustrasi Menggunakan Laptop Credit: pexels.com/Burst

Ketika ingin browsing sesuatu, lebih baik Anda menggunakan mode incognito atau private tab pada internet Anda. Dengan menggunakan fitur ini saat mengakses internet, data pribadi Anda akan lebih aman. 

Fitur ini memungkinkan Anda mengakses apapun di internet tanpa mengungkapkan data atau meninggalkan riwayat apapun yang terkait dengan situs web tertentu. Jadi, informasi dan data pribadi Anda akan lebih aman dengan fitur incognito ini. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya