4 Hal Ini Dapat Meningkatkan Risiko Long Covid Anda

Berikut ini beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko long Covid Anda

oleh Sulung Lahitani diperbarui 09 Feb 2022, 13:05 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2022, 13:05 WIB
Long Covid
Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.

Liputan6.com, Jakarta Saat terinfeksi Covid-19, beberapa orang mengalami gejala yang menetap dalam waktu lama—seperti kehilangan penciuman atau batuk terus-menerus—sementara yang lain tidak mengalami gejala sama sekali. Bahkan hanya di antara mereka yang bergejala, para ahli telah berjuang untuk mencari tahu mengapa virus dapat menyebabkan masalah yang berkepanjangan pada beberapa orang sementara yang lain bangkit kembali setelah beberapa hari.

Tetapi sebuah studi baru dapat memberikan beberapa wawasan yang sangat dibutuhkan. Sebuah tim peneliti baru-baru ini melaporkan bahwa mereka telah menemukan empat faktor yang dapat diidentifikasi sejak awal pada infeksi seseorang yang tampaknya berkorelasi dengan peningkatan risiko long Covid.

Untuk penelitian yang diterbitkan 24 Januari di jurnal Cell, para peneliti mengikuti dan menganalisis lebih dari 200 pasien selama dua hingga tiga bulan setelah mereka didiagnosis terinfeksi Covid. Menurut para ilmuwan, ada hubungan dengan empat faktor berbeda dan gejala yang menetap, tidak peduli apakah infeksi awal muncul secara ringan atau berat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


1. Diabetes tipe 2

Risiko Diabetes
Ilustrasi Diabetes Credit: pexels.com/pixabay

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah lama melaporkan bahwa diabetes tipe 2 diketahui meningkatkan risiko seseorang terinfeksi COVID parah, tetapi mungkin lebih dari itu.

Menurut penelitian, ada "korelasi signifikan" antara bentuk diabetes ini dan pasien yang mengalami COVID dalam waktu lama. Tetapi para peneliti juga mencatat bahwa dalam penelitian yang melibatkan jumlah pasien yang lebih besar, diabetes mungkin menjadi salah satu dari beberapa kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko COVID yang lama—seperti halnya masalah mendasar lainnya yang juga meningkatkan risiko penyakit parah.

 


2. Tingkat RNA virus corona dalam darah

Gejala Gejala Omicron
Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

Tingkat RNA virus corona dalam darah pada awal infeksi pasien adalah indikator utama viral load. Menurut penelitian, viral load yang tinggi ditemukan terkait dengan perkembangan COVID yang lama.

Karena itu, beberapa peneliti mengatakan mungkin bermanfaat untuk memberi orang obat antivirus segera setelah diagnosis untuk membantu mencegah gejala yang berkepanjangan.

“Semakin cepat seseorang dapat menghilangkan virus, semakin kecil kemungkinan mengembangkan virus persisten atau autoimunitas, yang dapat mendorong COVID yang lama,” Akiko Iwasaki, PhD, seorang ahli imunologi di Yale, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, menjelaskan kepada The New York Times. .

 


3. Adanya autoantibodi tertentu

Antibodi
Ilustrasi antiobodi obat Sotrovimab. (Sumber: GETTY IMAGE)

Faktor yang paling berpengaruh tampaknya adalah adanya autoantibodi tertentu yang secara keliru menyerang jaringan dalam tubuh. Demikian menurut Jim Heath, PhD, peneliti utama studi tersebut dan presiden Institute for Systems Biology, sebuah organisasi penelitian biomedis nirlaba di Seattle, kepada The New York Times.

Menurut penelitian, autoantibodi ini hadir dalam dua pertiga dari kasus COVID yang lama diidentifikasi.

Studi lain yang baru-baru ini dilakukan oleh Cedars-Sinai dan diterbitkan dalam Journal of Translational Medicine pada 30 Desember juga menemukan bahwa autoantibodi spesifik muncul di tubuh penderita COVID yang lama, beberapa bulan setelah mereka "sembuh sepenuhnya" dari virus.

 


4. Aktivasi kembali virus Epstein-Barr

[Fimela] ilustrasi deteksi virus
ilustrasi deteksi virus | pexels.com/@shvetsa

Menurut CDC, virus Epstein-Barr adalah salah satu virus manusia yang paling umum yang menginfeksi kebanyakan orang di beberapa titik dalam hidup mereka, biasanya ketika mereka masih muda. Dan menurut penelitian, beberapa pasien COVID yang lama tampaknya memiliki virus Epstein-Barr mereka diaktifkan kembali oleh infeksi COVID mereka.

Avindra Nath, MD, kepala bagian infeksi sistem saraf di National Institute of Neurological Disorders and Stroke yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan kepada The New York Times bahwa ini bukanlah temuan yang tidak biasa, seperti yang lainnya.

Penyakit telah membangkitkan kembali virus ini dan pengaktifan kembali Epstein-Barr telah dikaitkan dengan beberapa kondisi yang menyerupai masalah long Covid, seperti sindrom kelelahan kronis dan multiple sclerosis.


Infografis

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya