Bukan NIKI dan Rich Brian, Dougy Mandagi Jadi Musisi Indonesia Pertama yang Tampil di Coachella

Rupanya bukan Niki Zefanya dan Rich Brian, Dougy Mandagi vokalis The Temper Trap berhasil jadi musisi Indonesia pertama yang hadir di Coachella.

oleh Camelia diperbarui 19 Apr 2022, 11:43 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2022, 10:50 WIB
[Bintang] The Temper Trap
We The Fest 2016 (Galih W. Satria/bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dua tahun absen lantaran pandemi Covid-19, festival musik Coachella akhirnya kembali digelar pada tahun ini.

Festival musik yang bertajuk Coachella Valley Music and Arts Festival ini digelar selama dua pekan dari tanggal 15-17 April serta 22-24 April 2022 di Empire Polo Club, California, Amerika Serikat.

Sejumlah nama besar pun turut hadir memeriahkan acara ini. Tiga penampil utama adalah Harry Styles, Billie Eilish, dan Ye alias Kanye West. Sementara itu, tahun ini dua musisi Indonesia dengan bangga berhasil tampil di panggung festival musik internasional tersebut, Niki Zefanya alias Niki dan Rich Brian.

Niki diketahui membawakan lagu-lagu hitsnya seperti Lowkey hingga Every Summertime. Dia bahkan membawakan lagu Sempurna milik Andra and the Backbone. 

Sementara itu Rich Brian membawakan lagu Gospel sebagai lagu pertamanya, kemudian menyanyikan lagu populer miliknya seperti Froyo, Glow Like Dat, hingga Drive Safe.

Penampilan keduanya pun sangat memukau dan menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Tak sedikit yang lantas ikut bangga lantaran kedua penyanyi asal Indonesia tersebut bisa tampil di festival musik sekelas Coachella. 

Namun, rupanya bukan Niki Zefanya dan Rich Brian yang merupakan musisi Indonesia pertama yang berhasil tampil di Coachella. Sebelumnya Dougy Mandagi, vokalis The Temper Trap berhasil menjadi vokalis band asal Indonesia pertama yang hadir di atas panggung Coachella pada tahun 2010.

The Temper Trap merupakan band rock indie yang dibentuk tahun 2005 ini berasal dari Melbourne, Australia dan dikenal dengan lagunya yang berjudul Sweet Disposition.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang The Temper Trap

[Bintang] The Temper Trap
We The Fest 2016 (Galih W. Satria/bintang.com)

Personel dari The Temper Trap adalah Dougy Mandagi (vokal), Jonathon Aherne (bass gitar), Toby Dundas (drum), Lorenzo Sillitto (gitar), dan Joseph Greer (keyboard, gitar). Walaupun The Temper Trap berasal dari Australia, tidak semua personel band ini adalah asli orang Australia karena Dougy Mandagi sendiri merupakan asli orang Indonesia.

Dikutip dari Kapanlagi, pada tahun 2008 demi alasan untuk mengembangkan karier bermusik mereka, band ini memutuskan untuk hijrah dari Melbourne ke London. Musik The Temper Trap banyak dipengaruhi oleh musik - musik yang diusung oleh Radiohead, Prince, Massive Attack, The Jester People, bahkan U2. 

The Temper Trap terbentuk berawal dari pertemuan antara Dougy Mandagi dan Jonathan Aherne yang ingin belajar gitar padanya. Maka berawal dari pertemanan dan kecintaan akan musik itulah mereka membentuk band ini. Penampilan perdana band ini terjadi pada St Jerome's Laneway Festival pada bulan Maret 2006 di Melbourne.

Tak berapa lama kemudian grup ini menandatangani kontrak untuk membuat album pertama mereka yaitu Conditions di tahun 2008 di bawah perusahaan rekaman indie, Liberation Music. Kesuksesan peluncuran album perdana ini, membuat mereka berani melebarkan sayap untuk menyebarkannya di pasar musik Eropa.

Oleh karena itu, pada tahun yang sama mereka memutuskan untuk hijrah ke London. Tak disangka, pasar musik Eropa pun menyukai musik mereka. Terbukti, band ini mendapat kesempatan untuk tampil di beberapa festival musik terkenal seperti Oxegen, Glastonbury, dan Rock Werchter.

Album kedua The Temper Trap dirilis pada tahun 2012. Album yang berjudul sama dengan nama band ini memuat 3 lagu tambahan seperti Want, The Trouble With Pain, dan Everybody Leaves In The End. Sama seperti album pertama, jalur distribusi album ini pun tetap sama yaitu merambah pasar musik Autralia, Eropa, bahkan Amerika melalui Glassnote Records.


Niki Zefanya Bawakan Lagu Sempurna Milik Andra and The Backbone di Coachella 2022

NIKI
NIKI di Coachella 2022 (Instagram @nikizefanya)

Niki Zefanya yang dikenal dengan nama panggung Niki, menjadi salah satu artis yang tampil di Coachella Festival 2022. Mengintip video live streaming berjudul Coachella 2022 LIVE Channel 2 di kanal YouTube Coachella, NIKI tampil dengan kharisma luar biasa.

Bahkan, sejak pertama kali muncul di atas panggung, NIKI langsung mendapatkan teriakan histeris dari para penonton dari hampir semua barisan. Sejumlah lagu hit sambil diiringi oleh para pemain musiknya yang asli dari Amerika Serikat.

Tampil di festival musik internasional, Niki terdengar lancar dalam melantunkan setiap bait dan nada lagu-lagu andalannya. Namun yang menarik, saat tampil di Channel 1 dalam deretan artis 88rising di Coachella 2022, NIKI membawakan lagu "Sempurna" milik trio Andra and the Backbone.

Sambutan penonton Coachella 2022 saat mendengarnya membawakan lagu "Sempurna" terdengar berteriak histeris. Alhasil, NIKI pun jadi semakin berapi-api untuk menyanyikan lagu tersebut sepenuh hati. Sebelum menyanyikan lagu Sempurna, NIKI menyampaikan bahwa ia mendedikasikan penampilannya itu untuk keluarga dan Indonesia.

"Lagu satu ini untuk keluargaku dan negaraku," ujar Niki sebelum melantunkan tembang ciptaan Stevie Item, Dedy Lisan, dan Andra Ramadhan itu.

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya