Quiz : Kamu Orang yang Suka Berkendara di Jalan Tol atau Bukan?

Di musim mudik, jalan tol menjadi primadona.

oleh Fadjriah Nurdiarsih diperbarui 03 Mei 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2022, 07:30 WIB
Ilustrasi jalan tol Jasa Marga (Dok: PT Jasa Marga Tbk)
Di musim mudik, jalan tol menjadi primadona. Ikuti kuis ini untuk tahu seberapa dalam pengetahuanmu soal jalan tol!

Liputan6.com, Jakarta 1.       Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta disebut…

 

a.       Jakarta Inner Ring Road

b.       Jakarta Middle Ring Road

c.       Jakarta Outer Ring Road

 

Jawabannya:

A. Jakarta Inner Ring Road

Dikutip dari Wikipedia, Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (bahasa Inggris: Jakarta Inner Ring Road) adalah jalan tol yang mengitari bagian dalam kota Jakarta, Indonesia. Jalan tol ini terbagi menjadi tiga bagian, yang dioperasikan oleh PT Jasamarga (Persero) Tbk. dan PT Citra Marga Nusapala Persada Tbk. Sebagian dari jalan tol ini dibangun dengan teknik Sosrobahu dan menjadi jalan layang (elevated highway) terpanjang di wilayah Jakarta hingga saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertanyaan kedua

Ilustrasi keluarga
Perjalanan liburan bersama keluarga ke luar kota sering dilakukan melalui jalan tol.

2.       Jalan Tol Cipularang merupakan singkatan dari?

a.       Cikampek-Padalarang-Purwakarta

b.       Cipali-Padalarang-Purwakarta

c.       Ciputat-Padalarang-Purwakarta

 

Jawabannya:

A. Cikampek-Padalarang-Purwakarta

 

Dikutip dari Wikipedia, Jalan Tol Cikampek–Purwakarta–Padalarang (disingkat Jalan Tol Cipularang) adalah jalan tol di Indonesia yang menghubungkan kabupaten Purwakarta dan Bandung. Jalan tol ini selesai dibangun pada akhir April 2005. Tol ini membentang dari Cikampek - Purwakarta sampai Padalarang.

Jalan Tol ini melintasi Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat. Cikal bakal pembangunan Tol ini dimulai sejak tahun 1990an kala itu pemerintah pada awalnya berencana akan membuat jalan tol penghubung antara Jakarta dengan Bandung yang akan bercabang dari Cikarang kemudian berbelok menuju Jonggol, lalu Cianjur (Timur) hingga Padalarang hingga terhubung dengan Tol Padaleunyi.

 


Pertanyaan Ketiga

[Fimela] Ilustrasi Jalan Tol
Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang populer digunakan untuk mudik ke luar kota.

3.       Tarif jalan tol ditentukan oleh?

a.       Merek kendaraan

b.       Kondisi kendaraan

c.       Golongan kendaraan

 

Jawabannya:

C. Golongan kendaraan

 

Alasannya, secara umum tarif tol ditentukan berdasarkan golongan kendaraan karena tiap golongan kendaraan merasakan manfaat yang berbeda dari penggunaan jalan tol.

Maksudnya adalah penggunaan jalan tol bagi kendaraan sedan roda empat dengan truk sumbu roda lima tidak sama karena truk lebih merasakan manfaat ekonomi yang besar.

Misalnya, truk lebih merasakan manfaat ekonomi yang besar jika melewati jalan tol, sementara kendaraan sedan biasa-biasa saja bahkan jika melewati jalan yang memiliki traffic light yang banyak.

 

 


Pertanyaan Keempat

Jalan tol di Indonesia
Jalan tol di Indonesia.

4.       TOL merupakan kepanjangan dari…

a.       Tarif on location

b.       Tax on location

c.       Taxi on location

 

Jawabannya:

B. Tax on location.

 

Kepanjangan tol sebenarnya adalah tax on location. Inilah yang jadi dasar mengapa Anda dikenai sejumlah tarif saat melintasi atau menggunakan jalan tol, di mana pun Anda berada di Indonesia. Tarifnya juga akan tergantung jarak tempuh yang digunakan setiap pengendara.

Sejak dibukanya, jalan tol ini dikhususkan bagi pengguna kendaraan roda empat atau lebih. Jadi untuk pengendara kendaraan bermotor roda tiga dan roda dua, jalan tol tak bisa digunakan. Hal ini menyangkut spesifikasi teknis dan faktor keamanan setiap pengendara yang menggunakannya.


Pertanyaan kelima

Tol Jakarta-Cikampek Terapkan Contraflow
Jalan tol pertama adalah Tol Jagorawi yang dibangun pada tahun 1973, dan diresmikan pada 1978. Pada masa awal dibukanya Tol Jagorawi, jalan ini bisa mengakomodasi lebih dari 50.000 kendaraan per hari.

5.        Jalan Tol apakah yang terpendek di Indonesia?

a.       Cibitung-Cilincing Seksi 1

b.       Terbanggi Besar-Pematang Panjang-Kayu Agung

c.       Kelapa Gading-Pulo Gebang

 

Jawabannya:

A. Cibitung-Cilincing Seksi 1

Rupanya ada. Jalan tol terpendek di Indonesia ternyata berada di ruas Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Junction Cibitung-Interchange Telaga Asih) yang memiliki panjang hanya 2,65 kilometer.

Sementara predikat jalan tol terpanjang di Indonesia masih dipegang oleh ruas Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung di Pulau Sumatera yang membentang sepanjang 189 km.

 

 


Pertanyaan keenam

Tol Jakarta-Cikampek
Jalan tol di Indonesia dikelola oleh beberapa perusahaan pengelola jalan tol.

6.  Yang bukan pengelola bisnis jalan tol di Indonesia

a.       Jasa Marga

b.       Hutama Karya

c.       Adhi Karya

 

Jawabannya:

C. Adhi Karya

 

Dikutip dari situis Indonesia Investment, Adhi Karya adalah sebuah perusahaan Indonesia yang bergerak dalam jasa konstruksi, pembangunan infrastruktur, properti, real estate dan EPC (engineering, procurement & construction).

Proyek-proyek infrastrukturnya mencakup jalan, jembatan, saluran irigasi, pembangkit listrik dan pelabuhan, sementara proyek-proyek konstruksi bangunannya mencakup gedung pencakar langit, hotel, rumah sakit dan sekolah. Perusahaan ini dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah Indonesia sampai tahun 2004 waktu Pemerintah menjual 49% sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya