Lesti Kejora Umrah, Rizky Billar Jadi Tersangka Kasus KDRT Usai Jalani Pemeriksaan

Lesti Kejora pulang umrah, saat mendapat kabar Rizky Billar menjadi tersangka.

oleh Shintya Tifanny Affifah diperbarui 13 Okt 2022, 16:45 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 16:45 WIB
Lesti Kejora dan Rizky Billar
Lesti Kejora dan Rizky Billar. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Saat kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT Rizky Billar yang dilaporkan sang istri Lesti Kejora mencuat ke publik, penyanyi dangdut itu memilih untuk pergi ke Tanah Suci Makkah.

Setelah menjalani perawatan di rumah Sakit Bunda, Lesti Kejora diam-diam memilih untuk menjalani ibadah umrah.

Diketahui ia pergi bersama keluarganya, termasuk juga memboyong baby L.

Meski masih belum bisa ditemui awak media dan belum memberikan komentar mengenai kasus yang menimpanya itu, dalam video yang beredar, pelantun lagu Kejora ini, terlihat menangis di dekapan sang ayah saat sedang menjalani ibadah umrah beberapa waktu lalu.

Jawara Dangdut Accademy ini juga terlihat sedang berkumpul dan menenangkan diri bersama keluarganya di salah satu mall di Makkah saat sedang umrah. 

Kendati demikian, kasus KDRT yang dilaporkanmya masih terus berlanjut, bahkan selama Lesti umrah, Rizky Billar sempat beberapa kali mangkir dari panggilan polisi untuk menjalani pemeriksaan.

Hingga kini, laporan terbaru dari pihak kepolisian yang menangani kasus ini, menetapkan ayah baby L ini menjadi tersangka. Sebelumnya, Rizky Billar menjalani pemeriksaan pada, Rabu 12 Oktober 2022 di Polres Jakarta Selatan. Rizky Billar dihadapkan dengan 48 pertanyaan dari Penyidik. 

Setelah menjalani pemeriksaan, Rizky Billar yang sebelumnya berstatus sebagai saksi, langsung ditetapkan menjadi tersangka.

Rizky Billar juga terancam mendapat hukuman selama 5 tahun penjara.

"Sesuai fakta hukum tersangka dengan pasal 44 kekerasan fisik didukung, ancaman hukuman 5 tahun penjara," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Rabu 12 Oktober 2022.

Dalam menetapkan status Rizky Billar, polisi mengacu pada UU Nomor 23 tahun 2004 soal KDRT.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pulang Umrah

Lesti Kejora
Lesti Kejora

Selain itu, polisi juga sudah memiliki bukti yang kuat untuk bisa menjatuhi hukuman dan penahanan kepada Rizky Billar. 

"Berdasar keterangan korban dan didukung satu keterangan alat bukti lain sudah bisa menetapkan terlapor sebagai tersangka, kita punya lebih dua alat bukti maka status yang bersangkutan dinaikkan sebagai tersangka," kata Endra Zulpan.

Selasa malam 12 Oktober 2022 didampingi ustad Subkhi dan tiga belas anggota keluarga lainnya, Lesti Kejora sedang dalam perjalanan pulang, kembali ke Indonesia, setelah menjalani ibadah umrah selama satu minggu. Lesti juga dikabarkan akan menjalani pengobatan di Singapura. 

Pihak Lesti Kejora, Sandy Arifin menurutkan bahwa kliennya, Lesti Kejora sudah menyerahkan semua kasus yang dilaporkan kliennya itu kepada pihak kepolisian dan ia juga menuturkan belum bisa memberikan statement apapun, sampai Lesti sendiri yang angkap bicara nanti setelah pulang umrah. 


Bukan Kali Pertama KDRT

Lesti Kejora. (Foto: Dok. Instagram @lestykejora)
Lesti Kejora. (Foto: Dok. Instagram @lestykejora)

Melansir dari video liputan 6.com, kasus kekerasan yang dilakukan Rizky Billar kepada Lesti Kejora, ini bukan kali pertamanya, dalam video itu terlihat Rizky Billar hampir melemparkan bola biliar kepada Lesti, namun, beruntungnya, Lesti tidak terkena lemparan bola yang ditujukan kepadanya. 

Dalam video itu juga, Rizky Billar tidak segan-segan melemparkan bola biliar kepada Lesti dihadapan banyak orang. 

Penggemar Lesti mengaitkan kejadian ini dengan sikap bercandaan Billar kepada Lesti yang selalu menggunakan tangannya (kekerasan fisik).

Menurut netizen bercandaan Billar yang terkadang main tangan khususnya kepada Lesti membuat kasus KDRT ini semakin ramai diperbincangkan.

Salah satu contohnya dalam konten di video TikTok resmi Rizky Billar, saat memparodikan sebagai Bonge dan Jeje Slebew, Rizky Billar terlihat memiting leher Lesti. 

Bercandaan dengan menggunakan fisik yang dilakukan Billar membuat Lesti terangkat dan terombang-ambing, diketahui sering dilakukannya. 

 


Kondisi Rizky Billar

Lesti Kejora dan ayahnya
Ayah Lesti Kejora juga tak keberatan untuk mencoba berbagai warna, termasuk nuansa merah muda (Foto: IG: @ayah_kejora)

Sebelumnya, Rizky Billar sempat menepis dirinya melakukan KDRT, namun ia akhirnya menjadi tersangka dalam kasus KDRT. Menurut Polisi yang menangani kasus ini, besok, Jumat 14 Oktober akan menjalani pemeriksaan juga kepada beberapa orang saksi.  

Melansir dari akun TikTok resmi SCTV, Humas Polda Metro Jaya, Endra, menuturkan bahwa, setelah menjalani pemeriksaan dengan 48 pertanyaan, Rizky Billar akan menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai seorang tersangka, pemeriksaan ini dilakukan hingga dini hari. 

Rizky Billar telah mengetahui akan menjadi tersangka dalam kasus ini, hal ini dilihat dari sikapnya yang berhasil mengecoh awak media, dengan melakukan pemeriksaan sehari lebih cepat, sehingga awak media tidak dapat bertemu langsung saat di Polres Jakarta Selatan. 

Menurut Humas Polda Metro Jaya,  "Pemeriksaan yang dilakukan kepada Rizky Billar seharusnya  dilakukan Kamis tanggal 14, namun pihak Rizky Billar melalui kuasa hukumnya, meminta dilakukan penyidikan sehari lebih cepat," ujarnya. 

Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya