Kenapa Anjing Disebut Hewan Paling Setia?

Anjing dikenal hewan yang paling setia, apa alasannya?

oleh Nanda Rabita Nur Ilahiyah diperbarui 26 Okt 2022, 06:30 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2022, 06:30 WIB
Empat Kisah Anjing Setia Paling Mengharukan di Dunia
Anjing sejak lama dikenal sebagai hewan peliharaan yang setia, selalu mendampingi pemiliknya dalam suka dan duka.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mengatakan bahwa anjing adalah salah satu hewan paling setia yang pernah ada. Hewan peliharaan ini memuja pemiliknya sama seperti kita mencintai mereka.

Mengutip laman Dogtime.com, Selasa (25/10/2022), ada kisah tentang seekor anjing bernama Masha yang ada di Siberia, Rusia.

Anjing setia ini datang ke rumah sakit setiap hari selama lebih dari 2 tahun, tanpa mengetahui tuannya telah meninggal setahun yang lalu.

Sebelum meninggal, sang pemilik dirawat 2 tahun yang lalu dan menjadi pasien selama sekitar satu tahun di rumah sakit tersebut. 

Masha telah datang setiap hari untuk mencari pemiliknya, tidak menyadari pemiliknya telah meninggal. Sempat ada keluarga yang mencoba mengadopsi Masha. Namun, anjing tersebut malah melarikan diri ke rumah sakit. Kini, staf rumah sakit pun memastikan Masha dirawat dengan baik.

Ada pula kisah di Goiania, Brasil. Anjing tersebut lari mengejar ambulans yang membawa tuannya, seorang gelandangan, ke rumah sakit.

Anjing itu tidak melambat dan mengikuti kendaraan melalui jalan-jalan yang sibuk. Akhirnya, kru ambulans menyadari bahwa anjing itu mengejar kendaraan tersebut. 

Kru pun berhenti dan menawarkan tumpangan ke si anjing. Begitu sampai di rumah sakit, anjing itu tidak mau meninggalkan pemiliknya.

Dari dua kisah itu, muncul pertanyaan mengapa anjing begitu setia? Apakah hal tersebut karena pengaruh lingkungan, genetik, atau bahkan pengaruh kita terhadap mereka?

Mengutip laman Breeding Business,  Selasa (25/10/22), berikut beberapa alasan yang didukung oleh sains untuk menjelaskan alasan kesetiaan anjing. Apa saja?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Anjing Menyukai Pemiliknya

6 Ras Anjing yang Dianggap Paling Berbahaya
Anjing sering dikatakan sebagai hewan peliharaan yang paling bersahabat dan setia dengan manusia, terutama dengan pemilknya.

Handlin dkk (2015) menerbitkan sebuah studi tentang "Interaksi Jangka Pendek antara Anjing dan Pemiliknya: Efek pada Oksitosin, Kortisol, Insulin, dan Detak Jantung, Sebuah Studi Eksplorasi".

Studi ini memungkinkan kita untuk melihat bagaimana tingkat Oxycontin anjing dipengaruhi berdasarkan interaksi jangka pendek antara mereka dan pemiliknya.

Oksitosin dikenal sebagai hormon kebahagiaan dan meningkat pada stimulus positif, interaksi, atau faktor lingkungan.

Handlin dkk (2015) menemukan bahwa kadar hormon positif meningkat seiring dengan detak jantung anjing sekitar tiga menit setelah interaksi singkat dengan pemiliknya.

Dengan begitu, ini dapat disimpulkan bahwa anjing merasakan dorongan kebahagiaan langsung dari melihat dan berinteraksi dengan kita.


2. Anjing Punya Empati untuk Pemilik

6 Ras Anjing yang Dianggap Paling Berbahaya
Anjing sering dikatakan sebagai hewan peliharaan yang paling bersahabat dan setia dengan manusia, terutama dengan pemilknya.

Hal ini mengejutkan bagi sebagian orang, tetapi kita yang pernah memiliki anjing sebelumnya tidak terkejut dengan empati mereka.

Ketika kita mengalami hari yang buruk, mereka adalah orang pertama yang menghibur kita dan akan mengubah perilaku mereka sesuai dengan itu.

Seekor anak anjing yang biasanya hiperaktif dan akan melompat ke arah kita saat kita memasuki pintu mungkin tampak tenang dan lebih penuh kasih sayang begitu mereka menyadari bahwa suasana hati kita sedang buruk.

Custance dan Mayer (2012) melakukan penelitian berjudul “Empathic-like respond by domestic dogs (Canis familiaris) to distress in human: an exploratory study”. Mereka meneliti tanggapan empati anjing secara khusus terhadap penderitaan manusia dibandingkan dengan anjing lain.


3. Anjing Butuh Pemiliknya

6 Ras Anjing yang Dianggap Paling Berbahaya
Anjing sering dikatakan sebagai hewan peliharaan yang paling bersahabat dan setia dengan manusia, terutama dengan pemilknya.

Domestikasi telah membuat anjing mengembangkan ketergantungan pada dukungan dan bantuan kami dalam bertahan hidup dan pemecahan masalah. Sebuah studi oleh Udell dan Wynne (2008) berjudul “A Review of Domestic Dogs’ (Canis Familiaris) Human-Like Behaviors: Or Why Behavior Analis Harus Berhenti Khawatir dan Cintai Anjingnya”.

Studi ini menemukan bahwa ketika diajukan dengan masalah yang dapat dipecahkan, anjing akan sering meminta bantuan kepada pemiliknya. Ketergantungan ini menunjukkan rasa percaya.

Anjing percaya bahwa pemiliknya akan membantu mereka ketika mereka membutuhkan bantuan untuk mereka. Di sinilah, anjing memperoleh rasa kesetiaan.

Lebih lanjut, manusia ini menemukan bahwa anjing mampu merespon isyarat manusia secara sadar atau tidak sadar bahkan pada usia yang sangat muda.

Hal ini memperlihatkan bahwa anjing peliharaan memiliki beberapa perilaku naluriah untuk mencari bantuan dari manusia dalam pemecahan masalah atau mengejar hambatan baru.

Selama bertahun-tahun hewan-hewan ini bekerja bersama manusia. Namun, kebanyakan tidak sadar bahwa dipercaya dan disayangi anjing akan memberikan keuntungan.

Naluri berburu para anjing peliharaan memudar dan begitu pula kewaspadaan mereka terhadap manusia sebagai spesies. Alih-alih takut, anjing kini bergantung pada pemiliknya.


4. Anjing Menganggap Pemilik Sebagai Keluarga

Bukti Kalau Anjing Memang Hewan yang Luar Biasa
Para anjing memang setia dan sungguh menyayangi tuannya.

Banyak orang percaya bahwa anjing melihat kita sebagai kawanan, tetapi pandangan ini sebenarnya salah.

Rupanya, anjing benar-benar melihat pemiliknya sebagai keluarga. Hal ini mirip dengan cara pandang serigala yang melihat kawanannya sebagai keluarganya.

Masing-masing  dari anjing tersebut mengandalkan satu sama lain, begitu juga teman anjing kita dengan kita. Seperti halnya manusia dan anggota keluarganya, kita biasanya memiliki kesetiaan satu sama lain.

Manusia bisa saja bertengkar dengan saudara, tetapi jika ada orang lain yang menyakiti si saudara, kita akan menjadi setia kepada si anggota keluarga.

Hal ini persis sama dengan anjing. Hari demi hari ikatan telah dibangun dari waktu ke waktu dan dengan menunjukkan kasih sayang dan cinta yang berulang-ulang. Dengan begitu, kepercayaan pun terbentuk dan berkembang jadi kesetiaan.

Anjing merasa ikatan dengan pemiliknya saling menguntungkan. Dengan cara yang sama, kita melindungi mereka dari tukang pos yang menakutkan dan mereka akan menjaga pemiliknya dari petugas pengiriman.

Karena perawatan yang berikan si pemilik kepada anjing, mereka belajar untuk melakukan hal yang sama.

Anjing menunjukkan kesetiaan dengan caranya sendiri melalui kasih sayang, perlindungan, dan empati. Dari hanya bersama dan mencintai si pemilik, anjing akan mengembangkan kesetiaan terhadap pemiliknya dan anggota keluarga yang lain.

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya