Tak Banyak yang Tahu, 5 Idol K-pop Ini Ternyata Berasal dari Keluarga Bangsawan

Berikut lima idol K-pop yang ternyata berasal dari keluarga bangsawan.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 04 Nov 2022, 14:15 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2022, 14:15 WIB
Suga BTS. (Twitter/ bts_bighit)
Suga BTS. (Twitter/ bts_bighit)

Liputan6.com, Jakarta - Kita sering menganggap idol K-pop kita tidak sama dengan bangsawan, tetapi tahukah kalian bahwa beberapa artis Korea favorit kita sebenarnya berasal dari keluarga bangsawan.

Ternyata, beberapa idol K-pop terkenal berasal dari klan kerajaan dan penting di Korea Selatan. Ini bukan halusinasi kalian atau penggemar karena sang idola dianggap cocok menggunakan kostum bangsawan atau memerankan karakter seorang bangsawan dalam drama, ini adalah sebuah kenyataan.

Para idol Kpop ini dianggap berasal dari klan keluarga Yangban. Keluarga Yangban sendiri adalah kaum bangsawan dan elit masyarakat di Korea selama era Joseon. 

Meskipun pada era modern ini sudah tidak terlihat lagi perbedaan garis keturunan antara bangsawan dengan masyarakat umum secara gamblang, namun bagaimanapun para darah biru yang mengalir tidak akan putus begitu saja.

Bahkan di antara para leluhur idol K-pop ini memberikan pengaruh dan kontribusi yang luar biasa kepada negara Korea Selatan pada masa lampau. Meski memiliki darah dan garis keturunan yang penting dalam diri mereka, para idol K-pop ini tetap rendah hati dan menganggap diri mereka seperti masyarakat umum lainnya.

Mungkin bisa saja idol yang kalian anggap cocok dan memiliki vibes seorang putri maupun pangeran merupakan bangsawan asli dalam kehidupan mereka atau bisa saja idola kalian ternyata memang memiliki keturunan seorang bangsawan. Mengutip dari laman Otakuart, Jumat (4/11/2022) berikut, tujuh idol K-pop yang ternyata berasal dari keluarga bangsawan:

 


1. Suga (BTS)

Suga BTS di sidang PBB/dok. Twitter BTS
Suga BTS di sidang PBB/dok. Twitter BTS

Sesempurna apapun semua anggota BTS, penggemar tetap terkejut jika menemukan fakta bahwa salah satu member mereka yaitu Suga atau Min Yoongi adalah keturunan dari Klan Yuehang Min.

Suga telah mengungkapkan klannya selama siaran langsung yang ia lakukan bersama dengan penggemar. Nama marga 'Min' sendiri sebenarnya cukup langka di Korea dan merupakan jenis yang lebih rendah dari hierarki Min yang dikenal sangat tinggi.

Keluarga Suga telah kehilangan semua posisi dalam klan karena beberapa alasan, hal ini juga yang menempatkan beban pada Suga dan kakak laki-lakinya untuk menghidupkan kembali garis keturunan keluarga mereka. Klan Yoheung Min telah menghasilkan empat ratu sepanjang dinasti Joseon, termasuk permaisuri terakhir Dinasti Joseon yaitu Permaisuri Sunmyeong.


2. Sunny (Girls Generation)

Sunny SNSD
Sunny SNSD

Sekarang kita memiliki Ratu Aegyo Girls' Generation, Sunny. Sunny termasuk dalam Klan Jeonju Lee, di mana Klan Jeonju Lee adalah milik pendiri Dinasti Joseon dan garis murni Raja Taejo yaitu raja pertama Dinasti Joseon.

Tidak hanya itu, Sunny sebenarnya adalah keturunan dari Pangeran Agung Horyeong yang merupakan putra kedua dari Raja Taejong dari Joseon dan istrinya Ratu Wonkyeong. Melalui cara Sunny membawa dirinya yang agung, kita seharusnya sudah menduga selama ini bahwa dia adalah keturunan dari keluarga kerajaan.

 


3. Chaeryoung (ITZY) dan Chaeyeon (Solois)

ITZY
Tentang Indonesia, Chaeryoung punya satu kata. “Lovely, sejujurnya saya sangat merindukan Indonesia. Ketika mengunjungi Indonesia, semua orang memperlakukan aku dengan baik, semuanya kenangan indah dan penuh tawa," ujarnya (Dok. Maybelline New York)

Daftar idola K-pop keturunan bangsawan tidak akan lengkap tanpa duo kakak beradik yang terkenal, Chaeryoung dan Chaeyeon. Chaeyeon adalah seroang solois yang dulunya adalah member dari grup spektakuler IZ*ONE, sementara adik perempuannya kemudian menjadi bagian dari salah satu girl group terpopuler dari generasi ke-4 Kpop ITZY.

Chae bersaudara telah membuktikan bahwa tidak hanya royalti yang mengalir dalam darah mereka, tetapi bakat gila juga mengalir dalam darah mereka. Dua bersaudara ini dikenal karena kemampuan menari mereka yang luar biasa di industri kpop.

Keduanya juga berasal dari latar belakang yang sangat kaya. Meskipun mereka tidak menjelaskan secara detail mengenai latar belakang keluarga, tetapi penggemar khususnya yang berasal dari Korea Selatan mengetahui jika garis keturunan Chae bersaudara bukan sembarangan.

 


4.Taemin (Shinee)

Taemin SHINee (SM Entertainment via Soompi)
Taemin SHINee (SM Entertainment via Soompi)

Idola K-pop generasi kedua lainnya dalam daftar ini tidak lain adalah seorang penyari dan penari legendaris Lee Taemin. Melihat namanya, Lee Taemin, kalian mungkin sudah bisa menebak bahwa maknae dari Shinee ini berasal dari kerajaan Jeonju Lee Clan.

Sama seperti Sunny Girls Generation, klan ini sudah dikenal banyak oleh masyarakat Korea Selatan sebagai bangsawan yang memberikan pengaruh banyak terhadap korea selatan khususnya pada Dinasti Joseon. Taemin dikenal karena mendobrak stereotip gender dan merupakan seniman inovatif yang hatinya sama cantiknya dengan seorang pangeran sejati.


5. Solar (MAMAMOO)

Solar Mamamoo. (RBW via Soompi)
Solar Mamamoo. (RBW via Soompi)

Mari mengakhiri daftar idol K-pop Kerajaan ini dengan leader Mamamoo yang menawan dan penuh tekad. Solar atau Kim Young Sun adalah bagian dari Klan Gwangsan Kim yang klan Kim terbesar ketiga di Korea Selatan.

Anggota klan Gwangsan Kim ini adalah keturunan dari putra ketiga Raja Sinmu dari Silla yang bernama Kim Heung Gwang. Sangat lucu bagaimana beberapa penggemar baru berpikir bahwa Solar adalah orang Korea Utara.

Karena tidak banyak foto pre-debut Solar yang tersebar di internet, penggemar mungkin bercanda bahwa dia adalah orang Korea Utara, tetapi penggemar baru menganggapnya serius dan Solar harus datang untuk menyanggah rumor tersebut.

 

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya