Tips Mudah Merawat Bibir Agar Tetap Sehat Merona

Biasanya sebagian orang khususnya wanita merasa tidak percaya diri jika memiliki bibir yang hitam. Lantas, apa yang harus dilakukan? Simak artikel ini sampai habis!

oleh Sefan Angeline Reba diperbarui 17 Nov 2022, 19:02 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2022, 19:02 WIB
Ilustrasi Bibir Gelap (sumber: unsplash)
Ilustrasi Bibir Gelap (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kebanyakan individu, memiliki bibir yang gelap memang akan menurunkan rasa percaya dirinya. Tak heran jika bibir pun perlu perawatan yang intensif.

Sama seperti kulit wajah, bibir juga perlu dimanjakan secara teratur. Karena sama seperti bagian bawah mata (kantung mata), kulit di bibir kita terlalu tipis dan bahkan tidak memiliki kelenjar keringat.

Hal ini membuatnya lebih rentan terhadap kekeringan dan pecah-pecah. Padahal, pecah-pecah bukan satu-satunya masalah pada bibir. Bibir gelap atau berpigmen juga menjadi salah satu masalah yang mungkin kita hadapi.

Dilansir dari Healthshots, Kamis (17/11/2022), bibir bisa kehilangan rona merah muda alami karena berbagai alasan. Warna bibir juga dapat bervariasi tergantung pada kebiasaan gaya hidup dan juga faktor medis. Lantas, apa yang membuat bibir jadi gelap?

Bibir hanya ditutupi dengan 3 sampai 5 lapisan sel, tidak seperti kebanyakan kulit yang ditutupi sekitar 16 lapisan sel. Artinya, kulit bibir kita yang tipis lebih rentan terhadap kerusakan seperti kegelapan, kekeringan, kusam bahkan perubahan warna.  

Bagian luar bibir yang disebut vermilion tidak memiliki kelenjar keringat atau minyak seperti bagian kulit lainnya. Penghalang pelindungnya tipis, itulah alasan kenapa bibir kita rentan terhadap polusi dan kerusakan UV.  

Ternyata, ada beberapa penyebab bibir menjadi gelap, antara lain:

  • Merokok

Merokok tidak hanya membahayakan paru-paru, namun juga berpengaruh terhadap bibir yang lebih gelap. 

Biasanya, para perokok seringkali memiliki garis hitam di sekitar bibir. Ketika kalian merokok, nikotin dan tar dalam tembakau berpindah ke bibir. Hal inilah yang mendorong produksi melanin pada kulit dan menyebabkan bibir menjadi gelap selama periode waktu tertentu. 


Penyebab Bibir Gelap

Merokok - Vania
Ilustrasi Merokok/https://unsplash.com/Riccardo Fissore

 

  • Alergi terhadap Lipstik

Menggunakan kosmetik bibir seperti lipstik mungkin lebih buruk daripada manfaatnya. Sebagian lipstik biasanya mengandung beberapa bahan kimia yang mungkin membuat kalian alergi.

Bahan kimia ini mungkin berdampak buruk yang mana menyebabkan hiperpigmentasi pada bibir kalian.

  • Menggigit atau Menjilati Bibir

Bagi para wanita, seringkali melakukan kebiasaan  secara berulang kali, bahkan sampai bibir menjadi rapuh dan mengalami kerusakan dengan sendirinya.

Menjilat atau menggigit bibir dapat memperburuk situasi dan menyebabkan hiperpigmentasi pada bibir. Selain itu, menjilati bibir juga menjadi penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah.


Paparan Sinar Matahari

Sinar Matahari - Vania
Ilustrasi Sinar Matahari/https://unsplash.com/Aiony Haust

Kita sering menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar UV. Namun, kita melupakan bagian yang paling sensitif, yakni bibir.

Paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa pelindung bibir dapat merangsang produksi melanin yang berlebihan, yang menyebabkan bibir berpigmen atau gelap. Faktanya, perubahan warna yang mencolok terlihat pada warna kulit terang hingga sedang.

  • Dehidrasi

Kita semua tahu hidrasi memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Tapi hidrasi juga penting untuk menjaga warna bibir kita. 

Kekurangan air dalam makanan dapat menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, dan teriritasi. Jadi, penting untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari dan lebih banyak lagi.  

Bibir kering adalah penyebab utama bibir gelap dan berpigmen. Karenanya, menjaga tubuh kita tetap terhidrasi dari dalam dapat membantu mengurangi bibir kering. 

  • Kehamilan

Selama kehamilan, beberapa wanita mungkin juga mengalami kegelapan di bibir dan bercak hitam di puting, dahi, dan bahkan leher. Namun, area ini biasanya kembali ke warna alami pasca kehamilan. Jadi, tidak perlu khawatir bagi kalian para wanita.


3 Cara Mudah Merawat Bibir

Pentingnya Memakai Pelembab Bibir Sebelum Tidur
Untuk miliki bibir sehat, jangan lupa pakai pelembab bibir sebelum tidur. (unsplash.com/Christiana Rivers).

Untuk menghindari masalah-masalah penyebab bibir menjadi gelap, penting bagi kita untuk mengetahui cara mudah merawat bibir, meliputi:

1. Jangan Menjilat Bibir

Menjilati bibir akan memiliki efek langsung pada kulit. Banyak orang berpikir bahwa menjilati bibir lebih sering akan membuatnya lebih lembap.

Faktanya adalah itu akan membuat kulit menjadi lebih buruk. Ketika menjilati bibir hanya akan membuat bibir terhidrasi sementara. Karena air yang mengenai bibir akan menguap dan kemudian membuatnya lebih kering dan bersisik. Air liur sendiri memiliki enzim yang keras untuk bibir Anda.

2. Menghapus Bekas Lipstick

Penting bagi kita para wanita untuk membiarkan bibir bernapas. Pastikan kalian menghapus lipstik sebelum tidur menggunakan kapas yang dibasahi dengan makeup remover.

Lantaran, jika kita tidur dengan tidak membersihkan lipstik, maka akan merusak kulit dan menyebabkan alergi.

3. Lakukan Eksfoliasi dan Gunakan Pelembab

Eksfoliasi secara teratur akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan membuatnya berwarna merah muda dan lembut secara alami. Kalian bisa mengeksfoliasi bibir menggunakan scrub dari gula dan jus lemon.

Tak lupa, kalian selalu membawa pelembab bibir atau lip balm di tas ke manapun kalian pergi. Karena kalian tidak akan pernah tahu kapan bibir akan mengering.

Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022
Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya