Misterius, Arkeolog Temukan Mumi dengan Pelat Emas Pengganti Lidah di Mesir

Arkeolog menemukan beberapa mumi kuno di Mesir dengan pelat emas di tempat lidah seharusnya berada.

oleh Resha Febriyana Putri diperbarui 30 Nov 2022, 06:30 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2022, 06:30 WIB
Lidah Emas Mumi Mesir Kuno
Lidah Emas Mumi Mesir Kuno (Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir)

Liputan6.com, Jakarta - Para arkeolog menemukan beberapa mumi kuno di Mesir dengan pelat emas di tempat lidah seharusnya berada. Mengutip Science Alert, Selasa (29/11/2022), penemuan yang menguntungkan ini dibuat di nekropolis Quweisna di tengah Delta Nil.

Ditemukan pada 1989, situs ini diperkirakan telah ditempati selama periode Ptolemeus dan Romawi, yang membentang dari sekitar 300 SM hingga 640 Masehi. Mumi-mumi berlidah emas ini ditemukan di perluasan kompleks arkeologi yang baru ditemukan, di mana banyak mayat lainnya dikuburkan di tiga periode waktu yang berbeda di Mesir kuno. 

Beberapa kerangka yang digali memiliki tulang belulang yang dilapisi emas, sementara yang lain hanya dikuburkan di dekat scarab -- jimat populer dan cap jejak di Mesir kuno-- dan emas berbentuk bunga teratai. 

Penemuan lidah emas ini masih menjadi teka-teki, meskipun sudah pernah ditemukan sebelumnya. Pada awal 2021, para peneliti yang menggali di situs berusia 2.000 tahun di Mesir menemukan tengkorak dengan ornamen berbentuk lidah berkilau yang dibingkai di mulutnya yang sedang menguap. 

Kemudian, pada akhir 2021, seorang pria, wanita, dan mumi anak-anak kembali ditemukan dengan lidah emas, yang berasal dari lebih dari 2.500 tahun yang lalu. Pada saat penemuan itu dibuat, Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir menduga emas telah ditempatkan di sana sejak lama oleh penyulam untuk memastikan orang mati dapat menavigasi kehidupan setelah kematian. 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)


Perspektif Para Ahli

Lidah Emas Mumi Mesir Kuno
Lidah Emas Mumi Mesir Kuno (Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir)

Saat ini, seseorang dengan 'lidah perak' adalah pembicara yang paling persuasif, tetapi di Mesir kuno, para ahli berpikir lidah emas diperlukan untuk mendapatkan sisi baik dari penguasa dan hakim dunia bawah, Osiris.

Seperti Hades, Osiris juga hidup di antara orang mati, dan ia menegakkan aturan ketat untuk tidak berbicara. Bahkan, dunia bawah di Mesir kuno kadang-kadang dikenal sebagai 'Tanah Sunyi', dan Osiris sendiri disebut 'Penguasa Keheningan'.

Osiris rupanya membenci kebisingan, itulah sebabnya mengapa selama atuean penguburan di Mesir kuno, diperkirakan keheningan ditegakkan. Hanya ketika mulut mumi dibuka untuk persiapan ke alam baka, barulah musik dimainkan atau suara dibuat. Mungkin pengenalan lidah emas memungkinkan mumi untuk berbicara dengan Osiris tanpa membuat suara apapun.


Kepercayaan Mesir Kuno

Lidah Emas Mumi Mesir Kuno
Lidah Emas Mumi Mesir Kuno (Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir)

Emas adalah bahan yang populer di Mesir kuno untuk membuat ornamen untuk upacara penguburan. Elemen yang berkilauan dianggap sebagai daging para dewa, khususnya kulit Dewa Matahari, Ra, dan dikaitkan dengan konsep keabadian.

Ra adalah pemimpin dari semua dewa Mesir kuno, pencipta segala sesuatu, dan dia bersatu erat dengan Osiris. Ra mewakili bagian hari yang diterangi matahari, sementara Osiris mewakili jam-jam kegelapan. Mungkin lidah emas mewakili garis menuju cahaya, bahkan dalam kegelapan dingin dunia bawah tanah. Tanpa bukti lebih lanjut, yang bisa kita lakukan hanyalah berspekulasi.

Para pejabat di kementerian Mesir mengatakan bahwa mumi yang ditemukan di Quweisna berada dalam kondisi yang buruk, dan rahasianya hancur bersama mereka. Lidah emas mereka jelas-jelas mencoba mengkomunikasikan sesuatu, tapi yang kita dengar sekarang hanyalah keheningan.


Temuan Total 160 Peti Mati Mesir Kuno di Saqqara, Beberapa Memiliki Kutukan

Melihat Koleksi Kuno Museum Mesir di Hari Pariwisata Dunia
Seorang pria memfilmkan topeng emas Raja Tutankhamun saat perayaan untuk menghormati Hari Pariwisata Dunia dan peringatan 200 tahun Egyptology sebagai ilmu di Museum Mesir, Kairo, Mesir, 27 September 2022. (AP Photo/Amr Nabil)

Ribuan tahun yang lalu, orang Mesir kuno dimakamkan di Saqqara, kota kuno bagi orang mati. Para pendeta menempatkannya di dalam peti mati yang dihiasi hieroglif dan sarkofagus disegel serta dikubur di kuburan yang tersebar di atas dan di bawah pasir.

Baru-baru ini, para arkeolog telah menemukan 160 peti mati manusia di situs tersebut selama tiga bulan terakhir, yang mereka rencanakan untuk disebarkan ke museum di sekitar Mesir. Mereka bahkan membuka beberapa untuk memeriksa mumi di dalamnya.

Menurut para ahli, beberapa makam Saqqara memiliki kutukan warna-warni yang tertulis di dinding untuk memperingatkan penyusup.

Salima Ikram, seorang Egyptologist di American University di Kairo, menganalisis beberapa mumi hewan yang ditemukan di Saqqara tahun lalu. Dia mengatakan bahwa peringatan yang tertulis di makam manusia sebagian besar berfungsi untuk mencegah penyusup yang bermaksud menodai tempat peristirahatan mumi.

"Mereka umumnya menyatakan bahwa jika kuburan dimasuki oleh orang yang tidak suci, maka semoga dewa menghukum pelanggar tersebut dan meremas lehernya seperti angsa," imbuhnya.

Selengkapnya di sini...

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19
Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya