Miliki Perut Buncit, 6 Sayuran Ini Ampuh untuk Kecilkan Lemak Perut

Berikut sayuran yang dapat membantu pembakaran lemak perut.

oleh Resha Febriyana Putri diperbarui 13 Des 2022, 15:06 WIB
Diterbitkan 13 Des 2022, 15:06 WIB
Makanan yang menyebabkan perut buncit
Daftar makanan penyebab perut buncit. (Foto: unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sayuran dikenal padat nutrisi dan serbaguna, jadi kamu tidak akan pernah kehabisan cara sehat untuk menyiapkannya. Dan jika kamu mencoba mencapai tujuan penurunan berat badan atau menghilangkan lemak perut, ada sayuran tertentu yang dapat membantu proses ini.

Namun, perlu diketahui juga bahwa, tidak ada satu pun makanan atau minuman yang dapat secara instan melunturkan lemak perut. Kelebihan lemak perut dapat meningkat karena sejumlah hal seperti genetika, usia, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, kualitas diet yang buruk, atau konsumsi alkohol yang berlebih. Karena banyak faktor ini, maka dibutuhkan pendekatan yang lebih holistik untuk menghilangkannya.

Mengutip Eat This Not That, Selasa (13/12/2022), sayuran yang lebih rendah kalori dan lebih tinggi kandungan seperti serat, protein, atau nutrisi lainnya dapat membantu penurunan berat badan. Untuk membantu tujuan kamu menghilangkan lemak perut, berikut enam sayuran yang bisa membantu kamu.

1. Bit

Sayuran berakar yang bersahaja ini dikemas penuh nutrisi yang dapat membantu kamu mengelola berat badan di sekitar area perut dan meningkatkan sistem pencernaan.

Bit mengandung serat yang tinggi, sekitar 3,8 gram per cangkir. Mengonsumsi serat yang cukup setiap kali makan atau camilan diketahui dapat membantu mencegah kembung, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan rasa kenyang. Serat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mikrobioma usus, sesuatu yang sangat penting dalam mempertahankan atau menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

 


2. Kale

Kale
Kale, sayuran hijau kaya kalsium (Foto: .shamatapilates)

Kale adalah sayuran hijau berdaun yang miliki penuh nutrisi. Dengan daun lezat ini, kamu akan mendapatkan vitamin A, K, C, dan B6, serta mangan, tembaga, dan potasium. Kamu juga akan mendapatkan serat dan protein.

Mengingat bahwa tidak ada satu makanan pun yang benar-benar dapat membakar lemak perut. Namun, mengganti makanan manis dan olahan, yang diketahui berkontribusi pada penambahan berat badan, dengan sayuran berserat tinggi seperti kale dapat mengurangi asupan kalori dan meningkatkan asupan nutrisi yang bermanfaat.

3. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini penuh dengan nutrisi dan bagus untuk dijadikan salad, ditumis, atau dimasukkan ke dalam smoothie protein. Menurut ahli diet, menambahkan lebih banyak bayam ke dalam asupan harian dapat membantu kamu menghilangkan lemak perut.

"Sayuran hijau berdaun tidak hanya super bergizi, tetapi juga membantu Anda mengecilkan lemak perut," kata seorang Ahli Diet Courtney D'Angelo, MS, RD.

"Bayam tinggi serat, yang menyerap nutrisi lebih banyak dan membantu pencernaan. Bayam juga tinggi vitamin K, yang terkadang dapat mendukung pengurangan berat badan, termasuk lemak visceral." tambahnya.

 

 


4. Paprika Merah

Gambar Ilustrasi Buah Paprika Merah
Sumber: Freepik

Paprika merah adalah sayuran serbaguna dengan rasa manis alami yang cocok untuk tumisan. Sayuran ini juga penuh nutrisi yang dapat membantu kamu mencapai target berat badan.

Paprika memiliki rendah kalori dan tinggi nutrisi, sekaligus membantu menciptakan rasa kenyang lebih lama setelah makan. Kombinasi ini dapat membantu mencegah makan berlebihan sepanjang sisa hari kamu. Kandungan serat dan capsaicinnya juga memberikan manfaat penurunan berat badan.

5. Wortel

Wortel adalah sayuran akar yang lezat yang mengandung lebih banyak nutrisi daripada yang disadari banyak orang. Tak hanya itu, mengonsumsi wortel mentah juga dapat membantu mencapai target berat badan kamu.

Sayuran ini dapat membantu mengurangi lemak perut karena meningkatkan metabolisme tubuh. Efek termogenik makanan (TEF) adalah tingkat kalori makanan yang menyebabkan tubuh terbakar saat dicerna. Karena wortel memiliki tekstur yang keras, wortel memiliki TEF yang tinggi dan karenanya menyebabkan tubuh membakar lebih banyak kalori hanya dengan memakannya.

 


6. Brokoli

Tips awet muda: Brokoli / Image: Unsplash
Tips awet muda: Brokoli / Image: Unsplash

Brokoli adalah salah satu sayuran paling padat nutrisi yang dapat kamu temukan dimanapun. Sayuran cruciferous ini kaya akan antioksidan yang membantu menurunkan peradangan dalam tubuh kita. Senyawa utamanya adalah sulforaphane, yang bekerja dengan menurunkan sitokin dan NF-kB dalam tubuh. Zat-zat ini mendorong proses peradangan. Dengan mengurangi peradangan, tubuh lebih mampu melepaskan berat badan dan bekerja secara efisien di setiap area lainnya juga.

Brokoli juga mengandung beberapa nutrisi lain yang dapat meningkatkan hilangnya lemak perut, termasuk vitamin C, kalsium, dan kromium. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk memetabolisme lemak menjadi energi.

Sayuran ini juga merupakan makanan berkarbohidrat tinggi, yang memiliki banyak manfaat dalam hal penurunan berat badan seperti membantu kamu merasa kenyang lebih lama, memberikan energi, mencegah penambahan berat badan, membantu pencernaan, bahkan membantu memangkas lingkar pinggang kamu.

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19
Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya