Reborn Rich Jadi Drakor yang Paling Banyak Ditonton pada 2022 Ini

Reborn Rich menjadi drakor paling banyak ditonton pada 2022 dilaporkan oleh Nielsen Ratings Korea.

oleh Qorry Layla Aprianti diperbarui 14 Des 2022, 13:45 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 13:45 WIB
Song Joong Ki dalam Reborn Rich
Di sisi lain, Jin Do Joon yang terlahir kembali adalah gambaran kedamaian. (Foto: Soompi)

Liputan6.com, Jakarta - Drama Korea atau drakor bertajuk Reborn Rich menjadi drakor populer yang paling banyak ditonton pada 2022 ini.

Rating drama Reborn Rich ini dilaporkan telah menembus angka 20 persen jumlah pemirsa yang menonton.

Menyajikan plot balas dendam yang menarik, Reborn Rich yang dibintangi oleh Song Joong Ki ini bercerita tentang seorang pria yang bereinkarnasi menjadi orang yang terlahir dari keluarga kaya.

Dalam drama tersebut juga diceritakan bahwa sosok Jin Do Jun yang diperankan oleh Song Joong Ki ini berhasil mencapai kesuksesan dengan wawasan yang dimiliki.

Dilansir dari Yonhap, Rabu (14/12/2022), drakor Reborn Rich dilaporkan oleh Nielsen Ratings Korea telah menyentuh rating sebesar 6,1 persen yang kemudian meningkat jadi 21,2 persen pada episode 11.

Itu adalah rating tertinggi dari serial drama Korea tahun ini, melampaui rekor sebelumnya oleh serial hit global Extraordinary Attorney Woo, yang ditayangkan di saluran kabel lokal ENA dan platform streaming Netflix.

Kemudian, kritikus drama Korea juga mengapresiasi Reborn Rich.

"Meskipun 'Reborn Rich' adalah drama fantasi, sepertinya drama periode dengan menampilkan peristiwa terkenal dari sejarah Korea modern," kata kritikus drama, Gong Hee Jung.

Selain itu, kritikus media mengaitkan popularitas drama bertema konglomerat yang luas dengan keinginan orang-orang untuk menjadi salah satu dari mereka dan menikmati hak pribadi dalam kehidupan nyata mereka.

Drakor yang tayang setiap Jumat hingga Minggu ini juga menduduki peringkat teratas di beberapa negara Asia termasuk Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Singapura, Thailand, dan Filipina selama seminggu terakhir.

 


Diadaptasi dari Webtoon

Reborn Rich
[Foto: JTBC via Soompi]

Drama fantasi bertajuk Reborn Rich ini diadaptasi dari novel berbasis web dan webtoon yang ditulis oleh San Kyung dengan judul The Youngest Son of a Chaebol Family (Anak Bungsu dari Keluarga Konglomerat).

Diceritakan, Yoon Hyun Woo yang diperankan oleh Song Joong Ki merupakan seorang pemuda yang sangat setia pada seorang keluarga kaya sebelum ia mati dibunuh.

Kemudian, ia mencari kehidupan berbeda ketika dirinya terlahir kembali sebagai sosok Jin Do Jun, yang merupakan putra bungsu dari keluarga kaya raya di Korea Selatan.

Cerita dalam drakor tersebut menggunakan tema tahun 1980-an dan 1990-an dan dipadukan dengan peristiwa politik-ekonomi nyata.

Kisah nyata yang disisipkan dalam drakor ini seperti peristiwa ledakan jet Korea pada1987, krisis moneter di Asia 1997-1998, hingga pemilihan presiden.


Kata Kritikus Drama

Song Joong Ki dalam Reborn Rich
Pertama ada Yoon Hyun Woo, sekretaris setia keluarga chaebol dan anggota Future Assets Group. Dia ditugaskan menyembunyikan banyak skandal keluarga Grup Soonyang dan jauh dari mata publik. (Foto: Soompi)

Kemudian, kritikus drama Korea juga mengapresiasi Reborn Rich.

"Meskipun 'Reborn Rich' adalah drama fantasi, sepertinya drama periode dengan menampilkan peristiwa terkenal dari sejarah Korea modern," kata kritikus drama, Gong Hee Jung.

"Ini memungkinkan pemirsa untuk memprediksi plot dan membandingkan adegan dengan kejadian sebenarnya," sambung dia.

Terlahir kembali sebagai salah satu keturunan konglomerat pada 1987, Jin Do Joon tahu apa yang akan terjadi selanjutnya dan memberikan tip penting kepada Jin Yang Chul (diperankan oleh Lee Seong-min), pendiri Grup Sunyang, dan menarik perhatian dari bisnis ikonik angka.

Kritikus media mengaitkan popularitas drama bertema konglomerat yang luas dengan keinginan orang-orang untuk menjadi salah satu dari mereka dan menikmati hak pribadi dalam kehidupan nyata mereka.

"Rasa kekurangan relatif tersebar luas di masyarakat Korea karena melebarnya ketidaksetaraan sosial," kata seorang profesor sosiologi di Universitas Sungkyunkwan, Koo Jeong-woo.

"Orang-orang tampaknya merasakan kepuasan perwakilan dengan sebuah cerita di mana karakter fiksi dengan mudah naik ke hierarki sosial dan memenangkan kemenangan demi kemenangan," sambung dia.


Pemain Reborn Rich

Poster Reborn Rich. (JTBC via Soompi)
Poster Reborn Rich. (JTBC via Soompi)

Drama populer dari JTBC ini diperankan oleh Song Joong Ki (Jin Do Jun), Shin Hyun Bin (Seo Min Young), Tiffany Young (Rachel), dan Park Ji Hyun (Mau Hyun Min).

Kemudian ada pula Lee Sung Min (Jin Yang Cheol), Jo Han Chul (Jin Dong Ki), dan Kim Nam Hee (Jin Seong Jun).

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya