Meski Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Federasi Inggris Pilih Pertahankan Gareth Southgate sebagai Manager

Meski Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Federasi Inggris Resmi Pertahankan Gareth Southgate Sebagai Manager.

oleh Muhammad Farhan diperbarui 19 Des 2022, 15:15 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 15:15 WIB
Foto: 5 Pelatih dengan Gaji Tertinggi di Piala Dunia 2022 Qatar
Catatan terbaik Gareth Southgate saat menukangi Timnas Inggris adalah mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan runner up Euro 2020. Dengan banyaknya pemain bintang di Skuad The Three Lions, ia diharapkan mampu berbicara lebih di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Southgate diketahui merupakan salah satu pelatih dengan gaji paling mahal di perhelatan terbesar di dunia itu. Ia tercatat menerima upah sebesar 4,9 juta pound per tahun. (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Jakarta- Federasi Inggris (FA) resmi telah memutuskan untuk mempertahankan manager The Three Lions yakni Gareth Southgate hingga kompetisi Euro 2024 di Jerman.

Pelatih berusia 52 tahun itu diketahui masih terikat kontrak dengan Inggris dua tahun lagi, tetapi dia sebelumnya mempertimbangkan masa depannya apakah dia bertahan atau angkat kaki dari kursi kepalatihan timnas Inggris.

Hal itu gara-gara kalah dari Prancis Prancis di perempat final sehingga Inggris tersingkir dari Piala Dunia 2022. Meski begitu, Gareth Southgate sudah menyimpulkan tidak ada alasan baginya untuk berhenti sebelum kontraknya hangus pada Desember 2024.

Kepala eksekutif Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), Mark Bullingham mengatakan di dalam pernyataan resminya bahwa sangat senang hati untuk mempertahankan Gareth Southgate dan akan memimpin Harry Kane melakoni laga kualifikasi Euro 2024 pada 24 Maret 2023 mendatang.

"Kami dengan senang hati mengonfirmasi bahwa Gareth Southgate akan melanjutkan sebagai manajer Inggris, dan akan memimpin kampanye Euro 2024 kami," kata kepala eksekutif FA Mark Bullingham, seperti dikutip dari The Guardian, Senin (19/12/2022).

"Gareth dan Steve Holland selalu mendapat dukungan penuh dari kami, dan perencanaan kami untuk Euro dimulai sekarang,” Mark Bullingham menambahkan.

Gareth Soughgate diketahui dikontrak oleh Federasi Inggris pada 28, September 2022 dan pertama kali memegang Harry Kane Cs di Euro 2016.

Mengutip dari Transfermarkt, Gareth Souhgate telah memimpin The Three Lions sebanyak 86 pertandingan. Dari 86 laga itu, tercatat 54 kemenangan, 16 imbang, dan 16 kali kalah, termasuk kekalahannya dari Prancis di Piala Dunia 2022.

Puncak karirnya, saat membawa timnas Inggris menjadi finalis Euro 2020. Sayangnya, mereka tumbang dari Italia di final Euro 2022 lewat drama adu penalti dengan skor 3-2.

Dengan demikian, anak asuh Gareth Soughgate akan menghadapi Italia, Malta, Makedonia Utara, dan Ukrainan di kualifikasi Grup C Euro 2024, pada Maret 2023 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lionel Scaloni Membiarkan Pintu Timnas Argentina Terbuka Lebar untuk Lionel Messi

Foto: 5 Pasangan Terbaik Lionel Messi Selama Bertarung di Piala Dunia Bersama Timnas Argentina
Bintang timnas Argentina, Lionel Messi telah bermain di 5 edisi Piala Dunia sejak 2006. Di setiap Piala Dunia, La Pulga tercatat pernah memiliki pasangan yang berbeda. (AFP/Juan Mabromata)

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni sangat memuji sang bintang dan kapten La Albiceleste Lionel Messi serta membiarkan pintu terbuka lebar untuk pemanggilan Messi ke ajang Piala Dunia berikutnya.

Tujuan yang dimaksud Scaloni adalah mempertahankan gelar Piala Dunia di Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Benua Amerika yakni Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

“Untuk saat ini, saya pikir kita harus menyisihkan tempat untuk Messi di Piala Dunia berikutnya di Amerika,” kata Scaloni, dikutip dari Tyc Sports.

“Apa bedanya? Anda dapat menyimpan 10 gelar Piala Dunia dan terus ingin bermain. Saya pikir dia berhak untuk memilih apa yang harus dilakukan dengan karier sepakbola dengan tim nasional Argentina,” jelas Scaloni.


Pesan Sang Istri Setelah Juara Piala Dunia 2022

Istri lionel messi, Antonella Roccuzzo
Istri lionel messi, Antonella Roccuzzo usai Argentina menang Piala Dunia 2022. (Dok: Instagram Antonella Roccuzzo)

Istri kapten Argentina, Antonela Roccuzzo memberi pesan menyentuh di dalam sosial medianya usai sang suami Lionel Messi sukses menyabet gelar Piala Dunia 2022 mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti dengan skor 4-2.

Dalam laga final itu pun, Messi berkontribusi besar dalam tiga gol La Albiceleste yang di mana dia mencetak dua gol dan satu assist diberikan oleh Angel Di Maria.

“JUARA DUNIA, Saya bahkan tidak tahu bagaimana untuk memulainya... Betapa besar kebanggaan yang kami rasakan untuk Anda @leomessi. Terima kasih telah mengajari kami untuk tidak pernah menyerah bahwa kami harus berjuang sampai akhir. AKHIRNYA TELAH SUDAH SELESAI ANDA ADALAH JUARA DUNIA. Kami tahu apa yang Anda derita selama bertahun-tahun dan apa yang kau ingin capai ini!! VAMOS ARGENTINA,“ Antonela Roccuzzo, dikutip dari Instragramnya @antonelaroccuzo.


Daftar Penerima Penghargaan dan Hadiah Piala Dunia 2022

Foto: Lionel Messi Raih Pemain Terbaik, Mbappe Top Skor di PialaDunia 2022
Foto kolase saat FIFA memberikan penghargaan individual kepada Lionel Messi (kiri) dan Kylian Mbappe sebelum upacara pemberian trofi Piala Dunia. (Foto-foto: AP Photo/Martin Meissner, )
  • Juara: Argentina
  • Juara ke-2: Prancis
  • Juara ke-3: Kroasia
  • Pemain Terbaik: Lionel Messi
  • Top Skor: Kylian Mbappe (8 gol)
  • Kiper Terbaik: Emiliano Martinez
  • Pemain Muda Terbaik: Enzo Fernandez

Selain mendapatkan trofi emas Piala Dunia 2022, Argentina pun mendapat hadiah fantastis sebesar $42 juta atau sekitar Rp655 milyar.

Berikut nilai hadiah bagi tim nasional yang sudah partisipasi selama gelaran Piala Dunia 2022

  • Juara 1: US$ 42 juta (Rp655 milyar)
  • Juara 2: US$ 30 juta (Rp467 milyar)
  • Juara 3: US$ 27 juta (Rp421 milyar)
  • Juara 4: US$ 25 juta (Rp390 milyar)
  • Perempat final: US$ 17 juta (Rp265 milyar)
  • Lolos 16 besar: US$ 13 juta (Rp203 milyar)
  • Grup: US$ 9 juta (Rp140 milyar)
Infografis Perang Bintang Top Skor dan Assist Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Perang Bintang Top Skor dan Assist Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya