Sering Dianggap Sepele, Berikut 5 Kebiasaan yang Bisa Buat Daya Tahan Tubuh Turun

Berikut kebiasaan umum yang berisiko menurunkan daya tahan tubuh. Apa saja?

oleh Nanda Rabita Nur Ilahiyah diperbarui 27 Des 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 27 Des 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi olahraga, aktivitas fisik
Ilustrasi olahraga, aktivitas fisik (Image by Lifestylememory on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Diketahui bahwa menjaga daya tahan tubuh adalah salah satu hal yang penting. Karena, daya tahan tubuh berperan untuk menjaga kekebalan tubuh supaya tetap dalam keadaan baik-baik saja dan sehat serta tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, dengan memahami pentingnya imunitas tubuh, kamu juga perlu mengenali penyebab-penyebab melemahnya daya tahan tubuh. Diketahui, ada beberapa faktor yang menyebabkan melemahnya kekebalan tubuh, namun ada beberapa kebiasaan yang utamanya perlu dihindari. Melansir laman Nu Online, Senin (26/12/22) berikut lima kebiasaan yang bikin daya tahan tubuh melemah. Di antaranya :

1. Kurang berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa rutin berolahraga dapat membantu fungsi neutrofil, sejenis sel darah putih yang dapat membunuh mikroorganisme penyebab timbulnya penyakit. Sehingga, artinya hal itu tidak akan didapatkan apabila seseorang tidak berolahraga yang cukup atau bahkan jarang olahraga.

2. Kekurangan asupan nutrisi

Kurang mengonsumsi makanan bergizi seimbang bisa mengganggu keseimbangan imunitas tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan melemah dan tubuh akan rentan terserang penyakit.

Adapun makanan yang dapat menjaga sistem imun tetap terjaga antara lain di antaranya buah-buahan, sayur-sayuran, dan sumber gandum utuh. Hal ini akan membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan menyediakan vitamin, mineral, fitokimia, dan antioksidan. Selain itu, hindari juga makanan berlemak atau minyak karena lemak jenuh yang terkandung di dalamnya dapat melemahkan imunitas tubuh. 

 


3. Stres

Ilustrasi stres
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Kevin Grieve.

Perlu dingat bahwa jangan sampai kamu menganggap sepele masalah stres. Sebab, stres dapat menurunkan imunitas tubuh seseorang. Adapun, umumnya gejala stres biasanya ditandai dengan beberapa hal, seperti sakit kepala, rasa sakit di dada, gelisah, dan rasa tegang.

Sehingga, dengan mengenali gejala tersebut, akan membuat kamu segera melakukan tindakan antisipasi dan penanganan untuk meminimalisasi kemungkinan buruk yang akan terjadi. 


4. Kurang asupan cairan

Ilustrasi minum air putih
Ilustrasi minum air putih saat diet (Engin Akyurt/Unsplash)

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa air adalah komponen penting dalam tubuh manusia. Adapun, bagi tubuh kita, air sangat memiliki fungsi yang besar, yakni untuk membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, tenggorokan tetap lembap serta menghindari terserang penyakit. Untuk itu, pastikan konsumsi air harian cukup sehingga dapat menghindari imun lemah.

 


5. Kurang tidur

Ilustrasi begadang, bekerja sampai larut malam
Ilustrasi begadang, bekerja sampai larut malam. (Photo by Jonas Leupe on Unsplash)

Siapa yang doyan begadang? rasa-rasanya kebiasaan buruk satu ini, sudah tidak asing lagi, bahkan sebagian besar orang mengalaminya. Sehingga, dianjurkan mulai sekarang untuk lebih memperhatikan dan mengelola jam tidur untuk menghindari kebiasaan begadang.

Sebab, kurang tidur dapat mengganggu kesehatan. Saat sedang tidur, sel-sel dalam darah akan bekerja melawan penyakit. Sehingga, apabila seseorang kurang tidur, otomatis sel dalam tubuh tidak akan bekerja efektif melawan penyakit. 

Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya