Dijamin Ampuh, Berikut 9 Tips Menghilangkan Noda pada Pakaian

Berikut 9 cara ampuh menghilangkan noda pada pakaian yang bisa kalian lakukan di rumah.

oleh Benedikta Ave Martevalenia diperbarui 04 Jan 2023, 18:01 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2023, 18:01 WIB
Sumber: freepik
Ilustrasi baju terkena noda. Sumber: freepik

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu mendambakan penampilan yang rapi dan bersih saat bekerja atau berpergian. Namun ada kalanya Anda lengah saat menjaga kebersihan pakaian yang Anda gunakan.

Sehingga tanpa disadari pakaian Anda terkena noda dari beberapa sumber, misalnya percikan kuah makanan, noda keringat, tinta pulpen yang bocor, dan lain-lain.

Setiap jenis noda pakaian, memiliki cara membersihkan atau menghilangkan noda yang berbeda-beda loh. Berikut 9 cara ampuh menghilangkan noda pada pakaian, melansir Cosmopolitan dan How Stuff Works:

1. Noda Minyak

Noda minyak merupakan salah satu noda yang sulit untuk dihilangkan. Alasannya, saat minyak mengering sering kali memadat pada suhu ruangan. Ambilah tisu minyak untuk menghilangkan minyak berlebih yang menempel di pakaian. Letakkan tisu minyak di bagian depan dan belakang kain. Bisa juga menggunakan bedak, pasalnya sifat bedak yang menyerap minyak akan mudah mengangkat minyak. 

Kemudian, oleskan sabun cuci piring (berhati-hatilah untuk tidak menggunakan deterjen berwarna-warni pada pakaian berwarna putih karena dapat mengubah warna kain pada pakaian tersebut). Biarkan larutan meresap selama 10 menit sebelum ditambahkan air hangat atau panas, tergantung pada petunjuk perawatan barang tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Noda Tinta

Ilustrasi seni grafis, kuas, tinta, melukis
Ilustrasi seni grafis, kuas, tinta, melukis. (Photo on Freepik)

Biasanya Anda meletakkan pulpen di saku pakaian atau celana untuk memudahkan Anda. Namun seringkali tinta pulpen tersebut bocor dan menodai pakaian Anda.

Cara memberishkannya yaitu menggunakan kain untuk menghapus tinta di area yang terkena dengan kain, hati-hati tinta tidak meluber ke bagian yang lain. Selanjutnya, letakkan kain di bawah noda dan bersihkan dengan air pada kain lain. Balik pakaian dan coba lakukan proses yang sama di sisi lain. 

Kemudian, tambahkan sedikit cairan deterjen ke area tersebut dan diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air hangat dan ulangi sesuai kebutuhan.

Anda juga bisa menggunakan hairspray atau pembersih tangan berbasis alkohol (handsanitizer). Alkohol adalah bahan kimia yang efektif untuk menghilangkan noda tinta dari pakaian.

Sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda mengujinya dengan memberikan hairspray pada area kecil pakaian sebelum menyemprot area yang ternodai, jika tidak beremasalah, langsung saja bersihkan hairspray dan tinta dengan kain lain. Ulangi sampai noda terangkat.


3. Noda Keringat

Ilustrasi Seseorang Berkeringat (sumber: unsplash)
Ilustrasi Seseorang Berkeringat (sumber: unsplash)

Noda keringat seringkali muncul tanpa disadari, noda keringat sangat nampak di pakaian terutama pada pakaian berwarna putih. Meski tidak menutup kemungkinan pakain berwarna juga mudah terkena noda.

Membersihkan pakaian berwarna putih dengan soda kue

Campurkan 1/4 cangkir soda kue, 1/4 hidrogen peroksida (3%), dan 1/4 cangkir air dalam mangkuk. Kemudian, rendam bagian yang bernoda di dalam mangkuk, usapkan larutan ke dalam kain. Biarkan kain tersebut selama 15-30 menit sebelum ditambahkan ke pencucian biasa dengan air hangat atau dingin. Kemudian, biarkan mengering.

Membersihkan pakaian berwarna lain dengan cuka putih

Campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan satu banding satu. Kemudian, gunakan sikat gigi untuk mengoleskan larutan ke area yang bernoda. Selanjutnya, biarkan pakaian terendam selama 30 menit dalam ember berisi air dingin, dengan menambahkan secangkir cuka putih. Kemudian, keluarkan pakaian dari ember sebelum menambahkannya ke pencucian biasa. Biarkan mengering.


4. Noda coklat

Sumber: freepik
Ilustrasi coklat. Sumber: freepik

Biasanya noda ini menempel pada pakaian anak-anak. Membersihkan noda cokelat sebaiknya menggunakan air biasa jangan air panas. Kemudian gunakan sabun atau deterjen dengan cara menggosokkan deterjen atau sabun ke noda hingga mulai memudar. Bilas dan ulangi sampai noda hilang.

5. Noda kopi

Para pecinta kopi tentu pernah tanpa disadari pakaiannya ketumpahan kopi, noda kopi juga sulit untuk dibersihkan apalagi di pakaian berwarna putih.  Cara menghilangkannya rendam dalam cuka, area yang terkena kopi dengan air sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci untuk dicuci. 


6. Noda darah

Fungsi Hemoglobin Dalam Darah
Ilustrasi Hemoglobin / Sumber: Pixabay

Jika Anda terluka dan mengenai pakaian, sebaiknya membersihkan darah selalu menggunakan air dingin untuk membersihkan noda darah. Pertama-tama balik kain dan bilas dengan air dingin untuk membantu menghilangkan noda. Kemudian:

1. Gunakan sabun. Jika noda masih baru, setelah membilasnya, coba gosokkan sabun ke area tersebut dan bilas dengan air dingin, ulangi prosesnya hingga noda terangkat.

2. Gunakan garam. Tutupi noda dengan garam dan bersihkan dengan air dingin. Bisa juga dengan larutkan garam ke dalam secangkir air dingin dan bisa juga langsung merendam pakaian ke dalamnya. 


7. Noda foundation dan lipstik

Lipstik
Ilustrasi Penggunaan Lipstik Credit: freepik.com

Noda yang sering ada pada pakaian para kaum hawa yaitu noda foundation. Pasalnya hampir seluruh wanita saat bepergian menggunakan foundation dan lisptik untuk mempercantik dandanannya.

Cara membersihkannya gunakan deterjen untuk alas bedak berbahan dasar minyak. Basahi sedikit noda sebelum mengoleskan deterjen untuk membantu mengurai minyak di alas bedak.

Gosok deterjen dengan lembut menggunakan jari Anda, jika noda sangat sulit hilang, sikat menggunakan sikat gigi bekas yang masih bersih, kemudian rendam selama 5 menit atau lebih.

8. Noda makanan seperti kuah kari dan tomat

Pakaian yang terkena noda kuah kari dan tomat sulit juga dihilangkan. Anda bisa menggunakan lemon untuk menghilangkannya. Oleskan perasan lemon pada noda dan rendam bersamaan dengan air dingin, biarkan semalaman. Setelah memudar, Anda bisa membilasnya dengan menggunakan deterjen. 


9. Noda rumput

Sumber: freepik
Ilustrasi rumput. Sumber: freepik

Saat beraktivitas di ruangan terbuka seperti konser atau olahraga, biasanya Anda duduk di mana saja salah satunya di atas rumput. Rumput dapat menodai pakaian Anda lantaran rumput tumbuh di tanah dan terkadang sulit dibersihkan. Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan deterjen untuk membersihkannya. 

Cara mudah yaitu dengan membasahi area yang terkena noda dengan air, sebelum menambahkan deterjen, biarkan larutan meresap selama beberapa menit. Jika dirasa sudah memudar, oleskan deterjen lagi dan cuci hingga bersih.

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya