Dokter Ungkap 5 Bagian Tubuh Anda yang Kurang Dibersihkan, Tempat Berkumpulnya Kuman

Dokter mengungkapkan bagian tubuh yang kerap kurang dibersihkan

oleh Sulung Lahitani diperbarui 10 Jan 2023, 18:02 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 18:02 WIB
Ilustrasi Mandi
Simak beberapa cara untuk menghilangkan kulit bersisik. (pexels.com/Karolina Grabowska)

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda suka mandi kilat atau mandi berlama-lama, kita semua memiliki rutinitas mandi pilihan kita. Mungkin Anda langsung mulai mencuci rambut, atau mungkin Anda lebih suka meluangkan waktu beberapa menit untuk sekadar menikmati air.

Apa pun preferensi Anda, Anda hampir pasti meninggalkan kamar mandi dengan perasaan segar ketimbang sebelum mandi. Meski demikian, menurut dokter keluarga Jen Caudle, DO, ada beberapa bagian tubuh kita yang kerap kali kurang atau bahkan tidak dibersihkan sama sekali. Bagian tubuh mana saja itu? Melansir dari Bestlife, ini dia.

Pusar

Caudle, yang juga seorang profesor di Departemen Kedokteran Keluarga di Universitas Rowan, mengunggah video di TikTok untuk membahas bagian tubuh yang kurang dibersihkan. Pertama dan terpenting, dia ingin Anda membersihkan pusar dengan benar.

"Itu benar, banyak orang tidak membersihkan pusar sama sekali," katanya dalam video tersebut.

"Teman-teman, ini menjijikkan. Tolong cuci pusarmu." Kebersihan pusar yang buruk dapat menyebabkannya mengeluarkan bau yang tidak sedap, demikian menurut Medical News Today.

 


Tips membersihkan pusar

Ilustrasi obesitas, perut buncit
Ilustrasi obesitas, perut buncit. (Photo by Andres Ayrton/Pexels)

Dalam video lanjutan, Caudle menawarkan beberapa tips untuk membersihkan pusar dengan benar. "Jika Anda memiliki pusar yang keluar, Anda harus bisa mencucinya, tidak masalah," jelasnya.

"Jika Anda memiliki pusar yang masuk ke dalam, Anda mungkin perlu sedikit lebih strategis tentangnya."

Secara umum, Caudle merekomendasikan penggunaan, sabun, air, dan waslap untuk membersihkan pusar Anda, tetapi ada pengecualian jika waslap tidak dapat membersihkannya.

"Namun, jika Anda memiliki pusar yang masuk ke dalam, yang waslapnya tidak bisa masuk sepenuhnya — mungkin tidak terlalu jauh atau tidak membersihkannya sepenuhnya — di sinilah saya menyarankan cutton bud," katanya.

Ia juga mencatat bahwa dia biasanya tidak menyarankan penggunaan cutton bud secara umum.

Alkohol gosok atau larutan air asin juga dapat membantu, katanya, tetapi jika Anda mengalami pembengkakan, nanah, nyeri, kemerahan, atau bau yang tidak kunjung hilang, Caudle mengatakan Anda perlu menemui dokter.

 


Telinga

Membersihkan Kotoran Pada Telinga
Ilustrasi Telinga Credit: freepik.com

Bagian tubuh berikutnya dalam daftar Caudle adalah telinga. Sebagai seorang anak, orang tua Anda mungkin telah menekankan perlunya membersihkan di tempat khusus ini, tetapi tampaknya sebagian dari kita telah melupakan tips ini.

"Nomor dua ada di belakang telinga, bagian atas telinga di belakang area kecil ini di belakang, dan juga lobusnya," kata Caudle sambil menarik bagian atas telinganya ke depan untuk menunjukkan area yang harus sering dibersihkan.

"Aku ingin kamu secara khusus mencuci area itu—uh huh—dan satu cara untuk mengetahuinya adalah, jika kamu melakukan ini, kamu menggosok telingamu, menggosoknya di suatu tempat dan kamu mencium baunya dan itu menjijikkan, kamu belum membersihkannya akhir-akhir ini."

Tapi kurangi penggunaan cutton bud saat membersihkan bagian ini. Ini sesuai rekomendasi Klinik Cleveland.

"Bersihkan telinga Anda dengan sangat hati-hati," kata pusat medis tersebut. "Jangan bersihkan telinga Anda dengan sesuatu yang lebih kecil dari waslap atau jari Anda. Jangan gunakan cutton bud, jepit rambut atau benda tajam untuk membersihkan telinga Anda. Benda-benda ini dapat melukai saluran telinga atau gendang telinga."

 


Kuku tangan, kuku kaki, dan jari kaki

Ilustrasi Kuku Jari Kaki
Ilustrasi kuku jari kaki. (Gambar oleh Hans Braxmeier dari Pixabay)

Kita semua memiliki kebiasaan baru untuk mencuci tangan lebih sering di awal pandemi COVID, tetapi Caudle menegaskan bahwa orang masih belum membersihkan kuku dengan benar.

"Hal berikutnya adalah memastikan bahwa Anda mencuci, atau lebih tepatnya menggosok, di bawah kuku Anda," jelasnya. "Di sinilah banyak kotoran dan kotoran terperangkap—kuku jari kita. Kita jarang memikirkannya."

Hal yang sama juga berlaku untuk bagian bawah tubuh Anda, Caudle mengatakan bahwa kaki Anda tidak sebersih yang anda pikirkan.

"Ya, aku ingin kamu benar-benar mencuci kakimu. Aku tidak berbicara tentang membiarkan sabun itu mengalir di kakimu saat mandi, aku berbicara tentang mencuci, tolong cuci kakimu."

Melengkapi daftar lima bagian tubuh yang tidak cukup Anda cuci adalah jari kaki.

"Kamu ingin memastikan bahwa kamu mencegah infeksi dari berbagai jenis, jadi pastikan kamu dengan sengaja mencuci jari kakimu — dan bagian tubuh lainnya!"

 


Komentar netizen

Bermain TikTok
Ilustrasi Aplikasi TikTok Credit: freepik.com

Pemikiran untuk mengabaikan area-area ini mungkin membuat Anda muak, dan pengguna TikTok setuju. "Sungguh memalukan Anda bahkan harus mengatakan itu," tulis seorang komentator di video Caudle, sementara yang lain mengatakan bahwa mereka "heran" bahwa informasi ini bahkan harus dibagikan kepada orang dewasa.

Banyak yang dengan cepat menegaskan bahwa mereka tidak membutuhkan nasihat ini. "Saya membersihkan semua bagian ini," bunyi satu komentar, sementara yang lain mempertanyakan fakta bahwa "ORANG TIDAK MENCUCI KAKI?"

TikTokers juga mengungkit bagian tubuh lain yang sering diabaikan di kolom komentar, termasuk di belakang lutut, di belakang leher, dan punggung atas.

Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya