5 Cara Mudah Atasi Kulit Tangan yang Kering

Berikut ini 5 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan kelembapan dan kehalusan tangan yang hilang.

oleh Camelia diperbarui 13 Feb 2023, 17:04 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2023, 17:04 WIB
Gambar Ilustrasi Tangan Dioleskan Pelembab
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Tangan merupakan anggota tubuh yang paling banyak digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tak heran jika tangan mengalami berbagai masalah seperti kulit kering. Kulit tangan kering terkadang cukup mengganggu. Apalagi jika tak ditangani. Kulit tangan yang kering bisa menjadi lecet dan terasa sakit. 

Meski banyak yang mencoba menggunakan pelembab tangan sebelum tidur tetapi tetap tidak berhasil. Artinya, keesokan paginya, tangan masih kering dan lecet. Selain pergi ke mana-mana dengan pelembab di saku Anda, ada beberapa trik lain yang dapat membantu Anda. Dilansir dari Brightside, berikut ini 5 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan kelembapan dan kehalusan tangan yang hilang.

1. Rendam tangan dengan oat dan minyak biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari dikatakan terbukti bisa melembapkan dan meremajakan kulit tangan kering dan lecet. Baik itu digunakan sebagai bahan dalam pelembab atau sendiri, dan memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kekeringan. Di sisi lain, oat sendiri memiliki kemampuan yang sangat mirip dan kombinasi keduanya dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur oat matang atau mentah dengan beberapa tetes minyak biji bunga matahari dan mengoleskan campuran tersebut ke kulit Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan minyak khusus ini, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan sembarang minyak. Minyak zaitun misalnya telah ditemukan justru dapat/merusak tangan kering alih-alih bermanfaat.


2. Oleskan lem super pada kulit yang pecah-pecah

lem putih cair
lem putih cair (sumber: Unsplash)

Yang satu ini mungkin terdengar berbahaya, tetapi ini benar-benar sesuatu yang menurut ahli kulit bekerja pada luka dan retakan yang dangkal. Sekarang, Anda tetap perlu berhati-hati dalam penggunaannya dan tidak terlalu sering mengaplikasikannya atau pada kulit yang super pecah-pecah. 

Anda dapat mengoleskan lem dalam jumlah yang sangat sedikit ke area yang terkena sehingga mencegah pengeringan lebih lanjut. Pastikan Anda terlebih dahulu membersihkan area tersebut dan menutup celahnya hingga lem mengering.


3. Oleskan madu murni

ilustrasi cara memanjangkan rambut dengan madu/unsplash
ilustrasi cara memanjangkan rambut dengan madu/unsplash

Madu telah ditemukan memiliki banyak sifat antibakteri dan antioksidan. Selain dikonsumsi dengan cara tradisional, Anda juga bisa mengoleskannya pada kulit yang kering dan pecah-pecah, karena dapat meregenerasinya. 

Pertama, madu membersihkan dan meregenerasi area yang kering dan kemudian merangsang sistem kekebalan untuk mulai membangun kembali jaringan yang rusak. Itu juga mengapa itu biasa digunakan untuk mengobati luka bakar.


4. Gunakan sarung tangan

Ilustrasi losion yang dioleskan ke tangan
Ilustrasi losion yang dioleskan ke tangan (sumber Freepik)

Mencuci piring setiap hari adalah kegiatan yang bisa membuat tangan kita kering, karena menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit kita. Dengan menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring, kita tidak hanya akan melindungi kulit kita, tetapi kita juga bisa mencuci piring dengan air yang lebih panas, sehingga aktivitas ini berlangsung lebih singkat dari biasanya. Sebagai nilai tambah, sarung tangan dapat mencegah kita dari sakit dan dapat melindungi kita dari luka bakar kimia.


5. Oleskan petroleum jelly

Vaseline Repairing Jelly
Vaseline Repairing Jelly. Document/Vaseline.id Instagram

Produk berbasis petroleum jelly seperti Vaseline adalah penyelamat mutlak dalam hal merawat dan menghidrasi kulit kita. Yang dapat Anda lakukan adalah mengoleskannya dalam jumlah banyak pada tangan Anda yang rusak di malam hari dan mengenakan sepasang sarung tangan katun. Dengan cara ini, Anda memastikan bahwa Vaseline tetap berada di tangan Anda dan tidak terserap oleh selimut Anda. Sarung tangan memang tidak memiliki sifat penyembuhan, tetapi dapat digunakan untuk menjaga agar Vaseline tidak tersentuh.

Infografis Yuk! Pakai Masker dan Segera Vaksin Covid-19
Infografis Yuk! Pakai Masker dan Segera Vaksin Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya