Niat Sholat Witir Lengkap dengan Bacaan Doanya

Berikut ini adalah niat sholat witir lengkap dengan bacaan doa setelahnya.

oleh Camelia diperbarui 08 Mar 2023, 13:03 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2023, 13:03 WIB
Tata Cara Sholat Jamak
Tata Cara Sholat Jamak (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Ada begitu banyak amalan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan selain berpuasa. Amalan lain yang bisa dilakukan seperti sholat tarawih dan witir

Sholat witir sendiri merupakan sholat sunah yang dilakukan setelah sholat tarawih. Sholat witir biasa dilakukan di malam hari antara sholat isya hingga subuh. Biasanya dilakukan setelah sholat malam seperti sholat tahajud dan sholat tarawih. 

Sholat witir dilakukan dengan jumlah rakaat yang ganjil mulai dari satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat, dan seterusnya. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. 

“Sholat witir wajib bagi setiap muslim. Barang siapa yang ingin berwitir dengan lima rakaat, maka kerjakanlah; yang ingin berwitir tiga rakaat, maka kerjakanlah; dan yang ingin berwitir satu rakaat, maka kerjakanlah!”

Allah SWT juga menjanjikan pahala yang besar bagi umat Islam yang mengerjakan sholat witir. Keutamaan sholat witir disebut juga lebih baik daripada unta merah yang memiliki tinggi. Ini artinya bagi mereka yang mengerjakan sholat witir nilainya jauh lebih besar dari nilai seekor unta merah, bila dikerjakan sebelum waktu salat subuh. 

Ada pun hadits yang menyebutkan keutamaan tersebut adalah:

Telah menceritakan kepada Kami [Abul Walid Ath Thayalisi] dan [Qutaibah bin Sa’id] dari [Kharijah bin Hudzafah], Abu Al Walid Al Adawi berkata: Rasulullah SAW keluar menemui kami dan berkata: "Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah sholat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu sholat witir, dan telah menjadikannya berada di antara salat Isya hingga terbit fajar." (HR Abu dawud)

 


Niat Sholat Witir

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jumlah rakaat sholat witir berjumlah ganjil mulai dari satu, tiga, hingga lima rakaat. Berikut niat sholat witir bervariasi, umumnya 1 rakaat atau 3 rakaat.

Niat sholat witir 1 rakaat salam

 Ushallii sunnatal witri rok 'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa.

 

Artinya,

Saya niat salat witir satu rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta'alaa.

Niat sholat witir 3 rakaat 1 kali salam

 Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatain (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa.

 

Artinya,

Saya berniat salat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta'alaa.


Doa Setelah Sholat Witir

Menambah Ketakwaan Ibadah Kepada Allah SWT
Ilustrasi Melaksanakan Sholat Credit: pexels.com/pixabay

Berikut ini adalah doa yang bisa dibaca setelah mengerjakan sholat witir lengkap beserta artinya. Dengan membaca doa ini, kita berharap akan mendapatkan pahala serta semakin dipertebal keimanan kita kepada Allah SWT.

 Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman,

Wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a 'aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.

Washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iina, walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiina.

 

Artinya,

"Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus,

kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami,

Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."


Tata Cara Sholat Witir

Menghambat Terkabulnya Sebuah Doa
Ilustrasi Muslimah Menunaikan Sholat Credit: freepik.com

Mengutip NU Online, Rabu (8/3/2023), sholat witir dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama disambung (washal), yakni menggabungkan rakaat terakhir dengan rakaat sebelumnya. Misalnya, melakukan sholat witir sebelas rakaat dengan satu kali takbiratul ihram dan salam.

Kedua, dipisah (fashal). Artinya, memisahkan sholat witir sebelumnya dan sesudahnya. Misalnya, mengerjakan sholat witir sepuluh rakaat dengan satu kali takbiratul ihram dan salam. Lalu dilanjutkan dengan satu rakaat sholat witir.

Bisa juga melakukan sholat witir sebanyak sepuluh rakaat dengan setiap dua rakaatnya ditutup dengan salam. Lalu dilanjutkan melaksanakan satu rakaat sholat witir.

Infografis Hilal Ramadhan (Liputan6.com/Deisy Rika)
Infografis Hilal Ramadhan (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya