Waspada Tanda Kekurangan Vitamin B12 yang Menyakitkan di Mulut, Rasa Terbakar hingga Luka Parah

Anda harus mewaspadai tanda kekurangan vitamin B12 di mulut

oleh Sulung Lahitani diperbarui 10 Mar 2023, 20:06 WIB
Diterbitkan 10 Mar 2023, 20:06 WIB
Gambar Ilustrasi VItamin B12
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Vitamin B12 dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah dan DNA. Ini juga merupakan pemain kunci dalam fungsi dan perkembangan sel-sel otak dan saraf.

Vitamin B12 mengikat protein dalam makanan yang kita makan. Kekurangan vitamin B12 sangat umum terutama di kalangan vegan, vegetarian, dan orang tua.

Melansir dari Mirror, ketika kekurangan vitamin esensial, gejala seperti sembelit, diare, kelemahan otot, masalah berjalan dan masalah mental seperti depresi, kehilangan ingatan atau perubahan perilaku dapat terjadi.

Mulut mungkin mengalami beberapa perubahan, beberapa di antaranya mungkin menyakitkan, dan bisa menandakan tubuh Anda kekurangan vitamin B12. Jika seseorang mengalami lidah yang sakit dan merah, mereka telah mengembangkan kondisi yang dikenal sebagai glositis.

Glossitis adalah istilah medis yang mengacu pada lidah yang meradang, merah, dan nyeri dan mungkin disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Glossitis ditandai dengan luka dan peradangan di mulut.

Bisul berulang

Ulkus mulut sering terjadi dan biasanya hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu. Dalam kebanyakan kasus, sariawan bukanlah tanda sesuatu yang serius, tetapi bisa sangat tidak nyaman.

Namun, jika muncul dengan gejala lain, sariawan berulang bisa menjadi gejala kekurangan vitamin B12.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Luka di sudut mulut Anda

Memilih Suplemen dan Vitamin yang Tepat untuk Jaga Imunitas Tubuh
Ilustrasi suplemen (pexels.com/Castorly Stock)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Official Publication of The College of Family Physicians of Canada, angular cheilitis adalah petunjuk visual tentang defisiensi B12.

Angular cheilitis adalah suatu kondisi yang menyebabkan bercak merah dan bengkak di sudut mulut tempat bibir bertemu dan membentuk sudut.

Nama lain untuk itu adalah perleche dan stomatitis sudut. Anda bisa mendapatkannya di satu sisi mulut atau di kedua sisi sekaligus. Anda harus menemui dokter jika mengalami gejala kekurangan vitamin B12.

Kondisi ini seringkali dapat didiagnosis berdasarkan gejala dan hasil tes darah. Kekurangan vitamin B12 penting untuk didiagnosis dan diobati sesegera mungkin.

"Meskipun banyak gejala membaik dengan pengobatan, beberapa masalah yang disebabkan oleh kondisi ini tidak dapat diubah jika tidak ditangani," NHS memperingatkan.

Cara mengobati defisiensi B12

Makanan untuk membantu meningkatkan kadar B12 Anda meliputi:

  • Daging sapi, hati, dan ayam.
  • Ikan dan kerang seperti trout, salmon, ikan tuna, dan kerang.
  • Sereal sarapan yang diperkaya.
  • Susu rendah lemak, yogurt, dan keju.
  • Telur.

5 Manfaat Tidur Telanjang Bagi Kesehatan, Bantu Atasi Stres dan Tingkatkan Kesuburan

Ilustrasi Pria Tidur (sumber: unsplash)
Ilustrasi Pria Tidur (sumber: unsplash)

Saat tidur biasanya individu memilih mengenakan piyama atau kaus lama yang nyaman. Namun nyatanya, tidur tanpa memakai pakaian atau telanjang bisa memberikan manfaat kesehatan, bersamaan dengan tidur yang lebih nyenyak.

Tidur telajang secara ilmiah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan tidur tanpa pakaian bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur jadi lebih maksimal. 

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat tidur telanjang bagi kesehatan, seperti melansir dari Times of India, Kamis (9/3/2023). 

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Tidur telanjang bisa membantu mengurangi stres dan kecemasanmu secara keseluruhan, terutama jika Anda tidur dengan pasangan. Kontak kulit-ke-kulit bisa meningkatkan kadar oksitosinmu, yang bisa membantu mengurangi tingkat stresmu.

Sementara jika Anda tidur sendiri, kualitas tidur yang lebih baik karena suhu tubuh yang lebih dingin bisa membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasanmu. 

2. Mencegah kenaikan berat badan

Studi telah menemukan bahwa kualitas tidur yang buruk juga terkait dengan penambahan berat badan. Jika tidur telanjang membantu Anda tidur lebih baik, maka ada kemungkinan Anda juga bisa mencegah kenaikan berat badan. 

Selanjutnya, karena membantu tubuhmu menjadi lebih dingin, Anda juga bisa menghasilkan lebih banyak lemak cokelat, yang meningkatkan metabolisme Anda. 

Kadar lemak cokelat yang tinggi bisa mengurangi risiko kondisi seperti obesitas dan diabetes.


3. Menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2

[Fimela] tidur nyenyak
ilustrasi tidur nyenyak | unsplash.com/@zohre_nemati

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), kurang tidur meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes, di antara masalah lainnya. 

Jika tidur telanjang membantumu menerima tujuh hingga sembilan jam tidur yang direkomendasikan setiap malam, itu akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

4. Meningkatkan kesehatan vagina

Pakaian dalam yang ketat atau berkeringat bisa meningkatkan risiko infeksi jamur vagina, terutama jika Anda tidur dengan pakaian dalam yang sama dengan yang Anda kenakan sepanjang hari. 

Tidur telanjang adalah cara yang bagus untuk mengeluarkan udara dari vagina dan menjaganya tetap sehat, menghindari infeksi jamur yang cenderung berkembang di tempat yang hangat dan lembap.

5. Meningkatkan kesuburan pria

Pria juga bisa mendapatkan keuntungan dari tidur telanjang. Sebuah studi baru-baru ini terhadap 656 pria menemukan hubungan antara mengenakan pakaian dalam yang ketat dan jumlah sperma yang lebih rendah. 

Pria yang memakai celana boxer memiliki konsentrasi sperma dan jumlah sperma total yang lebih tinggi daripada mereka yang memakai celana dalam ketat.

Menurut US National Library of Medicine, Biotech Information, pendinginan skrotum secara langsung berdampak pada kesehatan dan mobilitas sperma.

Tidur telanjang bisa membantu menjaga testis tetap dingin dan pada suhu optimal untuk kesehatan sperma.

Infografis Dokter Berguguran di Medan Tempur Covid-19
Infografis Dokter Berguguran di Medan Tempur Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya