Top 3: Deretan Gejala Awal Batu Ginjal yang Tidak Boleh Diabaikan

Artikel tentang deretan gejala awal batu ginjal yang tak boleh diabaikan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

oleh Camelia diperbarui 01 Mei 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2023, 11:00 WIB
Ginjal
Ilustrasi Ginjal Manusia Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Penyakit batu ginjal umum dialami banyak orang tanpa mengenal gender dan usia. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap perkembangannya, ini termasuk konsumsi cairan yang rendah, asupan makanan dan riwayat kesehatan seseorang. Sementara itu tak sedikit orang yang kerap mengabaikan gejala batu ginjal. 

Artikel tentang deretan gejala awal batu ginjal yang tak boleh diabaikan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang zodiak yang paling melodramatis menurut ahli astrologi. Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang 4 penyebab kelelahan berkepanjangan menurut ahli. 

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Gejala Awal Batu Ginjal yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Batu ginjal adalah massa padat yang terdiri dari kristal kecil di ginjal atau saluran kemihmu. Batu ginjal terutama disebabkan oleh mineral terlarut yang menumpuk di dalam ginjal.

Itu bisa berpindah ke saluran kemih dan di situlah mereka bisa menyebabkan masalah. Batu ginjal sangat umum dan cenderung diturunkan dalam keluarga.

"Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap perkembangannya mungkin juga termasuk konsumsi cairan yang rendah, asupan makanan dan riwayat kesehatan seseorang," kata Dr Praveen Pushkar, MBBS, MS (Bedah), DNB (Urologi) di Pristyn Care, seperti melansir dari Times of India, Minggu (30/4/2023).

Pushkar menambahkan, batu ginjal mungkin kecil dan tidak terlihat melalui saluran kemih, tapi beberapa tumbuh seukuran bola golf. Mereka bisa terbentuk dalam beberapa minggu atau bulan ketika urine Anda mengandung terlalu banyak zat tertentu.

Selengkapnya…

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Emosional dan Berlebihan, 6 Zodiak Ini Dikenal Paling Melodramatis Menurut Astrologi

zodiak-kezo
ilustrasi move on menurut zodiak/pixabay

Segelintir individu memiliki bakat untuk drama. Orang-orang ini akan menangisi atau mengamuk hanya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka cenderung membesar-besarkan bahkan kejadian terkecil dan tidak pernah peduli dengan perilaku mereka yang berlebihan.

Mereka hanya ingin Anda bereaksi terhadap mereka dan memberinya perhatian. Mungkin orang-orang ini hanya memiliki bakat untuk sandiwara. Seperti beberapa zodiak ini yang dikenal paling melodramatis menurut astrologi, seperti melansir dari Best Life, Sabtu (29/4/2023).

Selengkapnya…


3. Ketahui 4 Penyebab Kelelahan Berkepanjangan Menurut Ahli

Berhubungan dengan Gangguan Mental
Ilustrasi Stres dan Kelelahan Credit: pexels.com/pixabay

Kelelahan tentu lumrah dialami setiap individu. Namun para ahli mengatakan bahwa meskipun kelelahan biasa terjadi, bukan berarti itu nomal atau sehat. Faktanya, kelelahan Anda bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pola makan hingga kesehatan mental.

Bergantung pada penyebab kelelahanmu, Anda bisa mengubahnya dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana. Oleh karena itu, ketahui apa saja penyebab lelah berkepanjangan, seperti melansir dari Best Life, Minggu (30/4/2023).

1. Diet

Karena makanan adalah bahan bakar, seharusnya tidak mengejutkan bahwa pola makanmu bisa berdampak besar pada tingkat energimu.

"Mengonsumsi makanan yang tinggi makanan olahan, gula dan lemak tidak sehat bisa menyebabkan kelelahan," jelas dokter yang berbasis di Inggris yang bekerja di Noble Medical, Nicholas Dragole, MBBS.

"Makanan ini bisa menyebabkan fluktuasi gula darah dan kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara efisien, yang menyebabkan perasaan lelah," lanjutnya.

Selengkapnya…

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya