Lakukan Ini, 5 Langkah untuk Mencegah Diabetes

Berikut ini beberapa langkah untuk mencegah diabetes

oleh Sulung Lahitani diperbarui 11 Mei 2023, 08:03 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 08:03 WIB
Gejala Diabetes
Ilustrasi Pemeriksaan Diabetes Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Butuh bertahun-tahun menjalani gaya hidup tertentu untuk melihat tanda-tanda kerusakan pada tubuh manusia. Dan tubuh manusia ajaib dengan cara itu – Anda tidak benar-benar membutuhkan obat untuk membalikkan kerusakan itu kecuali jika itu adalah sesuatu yang mengancam jiwa.

Anda dapat membuat perubahan gaya hidup setiap hari menuju kesehatan yang lebih baik. Menurut seorang ahli gizi, ia melihat banyak klien muda dengan resistensi insulin, dengan risiko tinggi terkena diabetes tipe 2 jika mereka melanjutkan gaya hidup mereka saat ini yang jarang bergerak. Hasilnya sangat fenomenal saat mereka mulai mengubah gaya hidup mereka, bahkan hal-hal sederhana seperti berfokus pada cara mereka memakan makanan di piring mereka pun memengaruhi.

Saat Anda melihat sepiring makanan, kenali sumber protein, lemak, dan karbohidrat Anda (termasuk serat). Mulailah makan Anda dengan mengonsumsi serat dan protein terlebih dahulu. Ini menciptakan lapisan sementara di usus yang membantu memperlambat pelepasan gula dari karbohidrat ke dalam aliran darah.

Berikut adalah beberapa tips dari Ahli Gizi Ishti Saluja tentang bagaimana Anda dapat mencegah diabetes di tahun-tahun mendatang seperti dihimpun dari Pinkvilla:

1. Bergeraklah

Pankreas harus memproduksi lebih banyak insulin untuk memindahkan gula dari aliran darah dan masuk ke dalam sel darah saat tubuh mengembangkan resistensi insulin, yang merupakan penyebab diabetes. Olahraga meningkatkan sensitivitas insulin sel, yang mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin untuk mengontrol kadar gula darah. Untuk kontrol gula darah yang lebih baik, cobalah HIIT, lari, berenang, yoga, latihan kekuatan, atau bahkan hanya berjalan-jalan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Tidurlah yang cukup

Ilustrasi tidur, mengalami mimpi
Ilustrasi tidur, mengalami mimpi. (Foto oleh Kampus Production: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-t-shirt-hitam-berbaring-di-tempat-tidur-7556587/)

Ketika Anda tidur, tubuh Anda beregenerasi. Periode waktu ini sangat penting bagi tubuh untuk mengatur ulang hormon yang bertanggung jawab atas berbagai fungsi, termasuk mengingatkan Anda saat lapar atau kenyang, memproses insulin, melindungi Anda dari infeksi, dan banyak lagi. Pentingnya memiliki tubuh dan pikiran yang rileks tidak dapat dilebih-lebihkan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan!

3. Kendalikan stres Anda

Tubuh masuk ke mode "melawan atau lari" ketika tingkat stres tinggi. Ini mendorong tubuh untuk menunda proses tubuh lainnya (seperti pencernaan, pemulihan otot, dan tidur) untuk menghemat energi guna melawan stres. Tubuh tidak membedakan antara berbagai jenis tekanan, ia bereaksi dengan cara yang sama dan mengeluarkan energi untuk melawannya. Energi ekstra yang mengambang di dalam tubuh disimpan sebagai lemak, yang menyebabkan resistensi insulin.

 


4. Makan dengan baik

Ilustrasi makan makanan sehat
Ilustrasi makan makanan sehat. (Photo by Pablo Merchán Montes on Unsplash)

Batasi konsumsi karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi. Makanan dengan GI lebih tinggi meningkatkan tekanan darah lebih cepat, yang menyebabkan peradangan di tubuh dan penurunan energi yang cepat. Selain itu, penting untuk menyeimbangkan protein dan lemak baik dalam semua makanan Anda.

5. Fokus pada serat sebagai karbohidrat

Mengonsumsi banyak serat baik untuk sistem pencernaan, berat badan, dan kadar gula darah Anda. Di saluran pencernaan Anda, serat dan air bergabung membentuk penghalang seperti gel yang memperlambat penyerapan makanan dan menyebabkan kadar gula darah meningkat secara bertahap. Dengan demikian, makan lebih banyak serat dapat membantu mengontrol lonjakan gula darah yang sering terjadi.

Infografis Serangan Jantung
Infografis serangan jantung (Source: Kementerian Kesehatan RI)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya