Rayakan Chuseok Pertama setelah Debut, ZEROBASEONE Minta Fans untuk Tidak Melupakannya

Chuseok menjadi hari paling membahagiakan untuk setiap masyarakat Korea, tak terkecuali boy grup Zerobaseone. Mereka memberi ucapan singkat menyentuh untuk Zeros, penggemarnya.

oleh Almas Lailatul Mufida diperbarui 30 Sep 2023, 15:06 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2023, 15:06 WIB
Zerobaseone atau ZB1. (Twitter/ ZB1_official)
Zerobaseone atau ZB1. (Twitter/ ZB1_official)

Liputan6.com, Jakarta - Jadi salah satu dari empat hari libur besar yang ada di Korea, tahun ini Hari Chuseok jatuh pada Jumat (29/9/2023), dan hari libur nasional di mulai dari Kamis (28/9/2023) hingga Sabtu (30/9/2023).

Chuseok adalah hari penting yang dirayakan oleh seluruh masyarakat Korea, mulai dari orang biasa hingga selebritis, tak terkecuali boy group Zerobaseone.

Seperti yang telah dilansir dari Sports Khan, melalui video berdurasi 47 detik di YouTube resmi @ZEROBASEONE, ke-9 member (Hanbin, Ji Woong, Jang Hao, Matthew, Tae Rae, Ricky, Kyu Bin, Gun Wook, dan Yu Jin) memberi ucapan kepada para penggemar untuk hari Chuseok, tepat pada Jum’at (29/9/2023).

“Chuseok hampir tiba sebelum kita menyadarinya, saya pikir tahun ini akan lebih menyenangkan karena ini adalah Chuseok pertama dengan Zeros (fanclub Zerobaseone). Kali ini, saya harap Anda makan banyak makanan lezat dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan orang yang Anda cintai tanpa jatuh sakit,”

Keseluruhan anggota juga mengungkapkan rasa cinta mereka kepada penggemar dengan mengatakan “Tolong jangan lupa memikirkan kami, Zerobaseone akan terus bahagia seperti sekarang bersama Zeros.”

Profil Zerobaseone

Boy group Zerobaseone atau yang biasa dikenal ZB1, adalah idola kpop yang terbentuk dari sebuah acara survival “Boys Planet” oleh MNET. Mereka beranggotakan 9 pria yang berasal dari Korea, China, hingga Kanada.

Bersama 9 member, Zerobaseone akan menjalani kontrak di bawah naungan Wake One selama 2,5 tahun. Ke-9 anggotanya sebut saja Kim Ji Woong, Zhang Hao, Sung Han Bin, Seok Matthew, Kim Tae Rae, Ricky, Kim Gyu Vin, Park Gun Wook, dan Han Yu Jin.

Grup idola ini telah melakukan debut pertamanya melalui mini album “Youth in the Shade”, yang rilis pada 10 Juli 2023.


Prestasi Zerobaseone

Zerobaseone atau ZB1. (Twitter/ ZB1_official)
Zerobaseone atau ZB1. (Twitter/ ZB1_official)

Meski terbilang baru, lewat mini album debutnya “Youth in the Shade”, Zerobaseone berhasil menjual 1.822.028 kopi di minggu pertama perilisannya, mereka menjadi orang pertama yang mencapai peringkat 'Million Seller' dengan debutnya.

Sementara itu, Zerobaseone dikabarkan akan merilis mini album keduanya pada 6 November 2023. Dalam video spoiler film untuk mini album kedua yang dirilis sebelumnya, kata ‘OUR WINTER’ tertulis di mesin slot dengan tulisan ‘ZEROBASEONE’ di atas lapangan bersalju, yang meningkatkan ekspektasi penggemar.

Perhatian terfokus pada musik dan penampilan baru yang akan ditunjukkan oleh Zerobaseone, yang mengumumkan comeback cepat sekitar 4 bulan setelah album debut mereka.

Persaingan Debut

Mengikuti acara survival yang diadakan oleh Mnet, sejumlah lebih dari 90 trainee idol kpop bersaing di dalamnya. Dari sekian perebutan kursi untuk menjadi bintang, hanya 9 orang yang dipilih untuk melakukan debutnya bersama Zerobaseone.

Acara survival ini telah terlaksana dari tahun ke tahun sejak 2020 yang membentuk boy group Enhypen, pada 2022 berhasil mencetak girl group Kep1er, dan 2023 untuk Zerobaseone.


Tentang chuseok

Merayakan Liburan Chuseok di Istana Gyeongbok
Para pria yang mengenakan masker sebagai tindakan pencegahan terhadap virus corona mengambil foto saat mereka berkunjung untuk merayakan liburan Chuseok, Hari Thanksgiving versi Korea, di Istana Gyeongbok di Seoul, Korea Selatan, Rabu (22/9/2021). ( AP Photo/Ahn Young-joon)

Chuseok sebenarnya adalah salah satu dari empat hari libur besar yang dirayakan di Korea. Selain Chuseok, perayaan ini sering disebut 'Thanksgiving Korea', 'Hangawi', 'Jungchujul', atau 'Gabe' yang dirayakan pada bulan purnama paling terang dalam setahun, biasanya terjadi pada hari ke-15 bulan kedelapan pada kalender lunar.

Sebagai bentuk merayakannya, saat hari Chuseok tiba semua keluarga akan berkemas dan pulang ke kampung halaman milik leluhur mereka. Namun biasanya rumah tersebut adalah rumah tertua atau kepala rumah tangga, seperti kakek-nenek dan orang tua, di mana semua orang bisa mengenakan pakaian tradisional, memasak makanan lezat, dan memberikan penghormatan kepada leluhur.

Selain melakukan pesta makan-makan, terdapat beberapa tugas penting yang harus dilakukan oleh setiap orang yang merayakannya, diantaranya Bulcho (pembersihan gulma di sekitar kuburan leluhur), Sungmyo (persembahan dalam bentuk alkohol, buah, daging, dan shikye di kuburan), dan terakhir Charye (penataan meja berisi makanan untuk para leluhur di dalam rumah).

Infografis Tahap Pengajuan Kebaya Jadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO
Infografis Tahap Pengajuan Kebaya Jadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya