Kenali Gejala Kolesterol Tinggi yang Muncul di Wajah

Penting sekali untuk mewaspadai tanda tanda dan gejala kolesterol tinggi pada wajahmu.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 05 Okt 2023, 19:03 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2023, 19:03 WIB
Kenali Gejala Kolesterol Tinggi yang Muncul di Wajah
Kenali Gejala Kolesterol Tinggi yang Muncul di Wajah - Credit: pexels.com/Youra

Liputan6.com, Jakarta - Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular atau jantung dan kematian dini. Pada sebagian besar individu, kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala, namun banyak yang memiliki tanda-tanda tidak ketara terutama di wajah yang menandakan kolesterol tinggi.

Kolesterol adalah zat seperti lemak dan lilin yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk produksi hormon dan pencernaan. Itu ada dalam dua jenis utama: Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL). 

Kolesterol LDL, sering disebut sebagai kolesterol "jahat," cenderung menumpuk di arterimu, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebaliknya, kolesterol HDL, yang dikenal sebagai kolesteril "baik," membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari aliran darah, sehingga mengurangi risiko penyumbatan.

Penting sekali untuk mewaspadai tanda tanda dan gejala kolesterol tinggi pada wajahmu. Berikut beberapa tanda-tandanya, seperti melansir dari Times of India, Kamis (5/10/2023). 

1. Xanthelasma

Ini adalah bercak atau benjolan bewarna oranye kekuningan pada kulit kelopak mata atas atau bawah atau di sudut mata. Ini lembut hingga kuat saat disentuh dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Benjolan ini bisa di dahi, wajah dan pipi sehingga benjolan ini kita sebut dengan xanthoma erupsi.

2. Arcus kornea

“Korne mata kita transparan jika ada garis putih tipis di sekitar kornea yang disebut arcus kornea. Ini sangat mengindikasikan hiperkolesterolemia,” ucap Direktur Kardiologi, Rumah Sakit Marengo Asia, Faridabad, India, Gajinder Kumar Goyal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanda Lainnya

Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi
Ilustrasi Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi Credit: pexels.com/Photomix

3. Lichen planus​ 

Ini adalah kondisi ketika ada ruam gatal di kulit wajah atau di dalam mulut. Bewarna ungu atau merah dan berhubungan dengan kadar kolesterol tinggi.

4. Psoriasis​

Pada bagian ini terdapat bercak tebal dan berisisik pada kulit. Pada kulit yang lebih terang, muncul bercak merah muda atau merah dan pada kulit yang gelap, muncul bercak ungu.

Psoriasis adalah suatu kondisi yang dimediasi oleh kekebalan tubuh, dimana terjadi peradangan dan remisi pada bercak kulit.


Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol
Ilustrasi kolesterol. (Image by rawpixel.com on Freepik)

Penyebab kolesterol tinggi

Faktor genetik dan gaya hidup berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol. Meskipun Anda tidak bisa mengubah genetika, pilihan gaya hidup memainkan peran yang sangat penting.

Pola makan yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan peningkatan kadar LDL-C.

Tanda dan gejala kolesterol LDL yang tinggi

Kolesterol LDL yang tinggi secara diam-diam bisa berdampak pada kesehatanmu tanpa gejala yang nyata dalam banyak kasus.

Namun, dalam beberapa kasus, kadar kolesterol LDL, yang sangat tinggi bisa menyebabkan tanda- tanda dan gejala yang terlihat termasuk nyeri dada, sesak napas dan kulit pucat.

Jika kadar kolesterol LDL yang tinggi tidak ditangani, pada akhirnya bisa menyebabkan kejadian kardiovaskular yang serius seperti serangan jantung atau stroke.

Inilah sebabnya mengapa pemeriksaan kolesterol secara rutin sangat penting untuk mengidentifikasi potensi masalah sejak dini.

Memahami angka LDL-C dan faktor risikonya memungkinkan dilakukannya intervensi dini dan manajemen proaktif untuk melindungi kesehatan jantungmu.

Selengkapnya...

Infografis 7 Kiat Turunkan Kolesterol dengan Cepat
Infografis 7 Kiat Turunkan Kolesterol dengan Cepat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya