Seberapa Penting Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga? Ketahui 6 Manfaatnya Berikut

Ibaratnya keluarga adalah rumah, tempat kembali. Lantas, apa saja manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga atau family time?

oleh Wanda Andita Putri diperbarui 30 Okt 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2023, 10:00 WIB
Karir
Ilustrasi Keluarga Bahagia Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan lirik lagu Harta Berharga oleh Bunga Citra Lestari, yaitu "Harta yang paling berharga adalah keluarga." Lagu tersebut merepresentasikan bahwa tidak ada investasi yang lebih berharga daripada menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Kata 'keluarga' merupakan istilah kolektif. Dengan kata lain, ini bukan hanya sepasang individu yang tinggal bersama di bawah satu atap, tetapi sekelompok orang yang terhubung dan berbagi masa-masa indah maupun buruk.

Tidak ada seorang pun yang tahu bahwa kamu bahwa kamu menyukai berkumpul dengan keluarga dan menjadikannya sumber kenyamanan dan keamanan merupakan salah satu manfaat dari menghabiskan waktu bersama keluarga. Memang, keluarga itu tidak selamanya sempurna, tetapi penting bagi kamu untuk membangun ikatan keluarga yang nanti akan membantu kamu melewati masa-masa sulit.

Ibaratnya keluarga adalah rumah, tempat kembali. Sejauh apa pun kamu melangkah dan selama apa pun kamu berkelana, tujuan akhirmu pasti untuk pulang, dan itu adalah keluarga. Lantas, apa saja manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga atau family time? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Family Focus Blog pada Senin (30/10/23).

1. Memperkuat Ikatan Keluarga

Salah satu manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga, seperti melakukan kegiatan rekreasi adalah mempererat tali kekeluargaan. Hal ini berlaku untuk semua jenis aktivitas keluarga. Tidak selalu harus berupa kegiatan mewah yang membutuhkan biaya besar, bahkan aktivitas di rumah, seperti bermain, menonton film, berkebun, memasak pun mempunyai dampak yang besar bagi hubungan keluarga.

Perilaku positif ini akan membuat semua anggota keluarga merasa lebih dekat secara emosional. Menemukan cara menyenangkan untuk menghabiskan waktu khusus bersama harus menjadi sumber kebahagiaa. Manfaat ikatan keluarga sangat berkaitan dengan kemampuan keluarga beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Ikatan keluarga yang kuat merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat kamu lebih tahan terhadap peribahan dan tantangan hidup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Meningkatkan Prestasi Anak

Tips Stimulasi Kecerdasan Otak Anak
Interaksi anak dan orangtua merupakan bentuk stimulasi secara dini. (Foto: Unsplash/Eldar Nazarov)

Keberhasilan seorang anak dikaitkan dengan adanya peran orang tua yang memberikan bantuan dan bimbingan. Langkah pertama akan selalu menjadi langkah yang tersulit dan terpenting. Hal ini berlaku terutama dalam hal belajar. Apabila kamu, sebagai orang tua, memberikan bimbingan selama tahun pertama sekolah akademik anak kamu, ini akan memberikan dampak yang sangat positif bagi kehidupan anak di masa depan.

Apabila kamu membantu anakmu dengan urusan sekolah, kemungkinan besar dia akan menerima pendidikan yang lebih baik. Hal ini memberi mereka peluang untuk mendapatkan prestasi dan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik di masa depan.

Hal ini dapat dimulai sejak taman kanak-kanak, ketika kamu meluangkan cukup waktu untuk memberi tahu anak kamu bahwa kamu menghargai pendidikan. Kamu juga perlu memberi tahu mereka bahwa kamu mengharapkan mereka melakukan upaya terbaiknya. Doronglah anakmu untuk berprestasi dan mendapatkan nilai lebih baik. Dengan menanyakan tentang hari mereka dan apa yang mereka pelajari akan membantu mereka memahami pentingnya pembelajaran. 

Oleh karena itu, salah satu manfaat waktu bersama keluarga adalah kesempatan untuk membantu anak mencapai keterampilan akademik, non akademik, kepercayaan diri, dan kesuksesan. Keberhasilan dalam prestasi akademik seringkali menghasilkan pekerjaan yang lebih baik dan keamanan finansial yang lebih baik pula.


3. Menghasilkan Lebih Sedikit Masalah

Ilustrasi keluarga
Ilustrasi keluarga. (Photo by Pixabay)

Family time bermanfaat bagi orang tua dan anak. remaja yang lebih banyak berkomunikasi dengan orang tuanya cenderung memiliki lebih sedikit masalah perilaku. Salah satu manfaat waktu bersama keluarga adalah anak akan mempelajari keterampilan interpersonal dari cara orang tua memperlakukannya. Keterampilan komunikasi adalah kunci dari semua masalah yang akan dihadapi anak.

Apabila kamu membantu anak kamu belajar dengan membicarakan masalah ketika mereka masih kecil, mereka secara alami akan melakukan hal yang sama seiring bertambahnya usia. Apalagi bila menyangkut anak di usia remaja. Semua orang tahu, remaja mengalami banyak momen sulit. Tidak ada yang lebih baik bagi mereka selain dengan mendapatkan nasihat yang tidak menghakimi dari orang tua yang peduli.

4. Menghasilkan Kebahagiaan yang Lebih Besar

Pada awalnya, yang kamu tahu hanyalah orang tua dan keluarga sehingga rasa memiliki dalam keluarga itu muncul dari waktu ke waktu. Dengan mengembangkan rasa memiliki sebagai seorang anak merupakan manfaat besar dari keluarga yang akan tetap bersama kamu sepanjang hidupmu. Rasa memiliki dapat membuat anak menjadi lebih bahagia.

Manfaat waktu bersama keluarga ini adalah belajar bahwa kamu diperhatikan dan dibutuhkan dan kedua elemen tersebut penting bagi kebahagiaan. Keluarga membutuhkan semua anggotanya untuk menjadi bagian yang aktif dan saling memberi agar dapat berfungsi dengan baik.

 


5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ilustrasi keluarga
Ilustrasi keluarga (Sumber: Pixabay)

Manfaat lain dari family time adalah membangun rasa percaya diri. Ketika orang tua menunjukan rasa percaya diri dengan cara memperlihatkan bahwa mereka memiliki nilai positif terhadap diri mereka sendiri tanpa merendahkan orang lain, anak juga dapat belajar menghargai dirinya sendiri. Keluarga dapat menumbuhkan harga diri yang sehat dan konsep diri yang positif. 

Hal ini terjadi tidak hanya melalui perilaku teladan, tetapi juga melalui membantu anak mengembangkan keterampilan penting. Kompetensi sosial dan kemampuan memecahkan masalah secara alami akan meningkatkan rasa percaya diri anak. Anggota keluarga dapat membuat perbedaan nyata dengan memandang diri mereka sendiri dan kemampuan mereka untuk sukses dalam hidup.

6. Menghasilkan Keterampilan Menemukan Resolusi Konflik

Setiap keluarga pasti mengalami konfliknya masing-masing. Misalnya, kakak beradik yang saling beradu argumen. Bagaimanpun, hal itu baik bagi mereka untuk belajar mengekspresikan emosi dan mengatakan apa yang mengganggu mereka. Kemudian, ada kalanya mereka membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan argumen tersebut. Nah, di sinilah peran orang tua untuk menengahi dan membantu mereka mempelajari cara menyelesaikan konflik. 

Kamu harus belajar menyelesaikan masalah, membiarkan hal-hal kecil berlalu, dan berbaikan serta melanjutkan hidup kembali. Resolusi konflik merupakan keterampilan hidup yang penting. Oleh karena itu, salah satu manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga adalah mereka dapat membantu kamu belajar memecahkan masalah.

Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga
Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya