Buat Calon Pengantin, Ini 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merencanakan Pernikahan

Anda sedang merencanakan pernikahan untuk tahun depan? Sebaiknya hindari kesalahan berikut ini supaya pernikahan berjalan lancar, ya.

oleh Bella Zoditama diperbarui 11 Des 2023, 08:04 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 08:04 WIB
Buat Calon Pengantin, Ini 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merencanakan Pernikahan
Buat Calon Pengantin, Ini 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merencanakan Pernikahan/photo on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa tahun ini akan segera berakhir dan tahun 2024 rasanya sudah berada di depan mata. Lalu, bagaimana dengan rencana Anda di tahun ini, apakah sudah berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya?

Untuk menyambut tahun baru, pastinya setiap orang tentu memiliki rencana dan harapannya. Termasuk salah satunya terkait dengan hubungan asmara yang sudah dijalani. Biasanya, beberapa pasangan yang mungkin sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun akan mulai memikirkan untuk membawa hubungan tersebut ke jenjang yang lebih serius lagi. Dari mulai acara lamaran hingga menjalani prosesi pernikahan.

Nah, apakah Anda salah satu orang yang akan merencanakan pernikahan di tahun depan? Jika iya, pasti rasanya sudah mulai stres memikirkan segala detail yang harus dipenuhi.

Sudah sejauh mana persiapan menikah yang disiapkan? Memang pastinya terdengar cukup berat. Apalagi setiap calon pengantin ingin menghindari kesalahan dalam merencanakan pernikahan. Termasuk pernikahan dapat berjalan dengan sukses dan lancar, karena inginnya acara ini cuma dilakukan sekali dalam seumur hidup.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan merencanakan terlebih dahulu dan melakukan riset sebanyak mungkin sehingga Anda memiliki pengetahuan yang benar saat mulai merencanakannya. Itu sebabnya, artikel ini cocok sekali untuk Anda baca!

Dilansir dari Brides, Rabu (6/12/2023), pelajari tentang lima kesalahan utama dalam perencanaan pernikahan yang sebaiknya Anda hindari. Hal ini tentunya belajar dari beberapa pasangan yang sudah melakukannya. Apa sajakah itu? Ini dia daftarnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Tidak Menetapkan Anggaran

Kemandirian Finansial
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Elen

Ini mungkin tampak jelas, tapi ini adalah hal yang penting. Menetapkan anggaran adalah langkah perencanaan yang penting dan salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam proses perencanaan pernikahan.

Bagi Alicia Mae dari ILÈ Events, elemen terpenting dalam membuat anggaran adalah memahami tingkat layanan yang Anda harapkan dari layanan yang Anda inginkan untuk pernikahan Anda, dan memiliki perencana yang dapat memperkirakan biaya keseluruhannya.

Setelah Anda menyelesaikan semuanya, Anda dapat mulai mencari vendor, merencanakan dekorasi, dan memikirkan tentang musik, makanan, dan banyak lainnya.

"Saya selalu menyarankan agar pasangan memprioritaskan pengeluaran paling banyak untuk hal-hal yang paling penting bagi mereka dan kemudian mulai bekerja dari sana," tambah Denise Lillie O'Neal dari Denise Lillie Engagements.

Ingatlah bahwa anggaran pernikahan Anda akan memengaruhi setiap elemen hari besar. Mulai dari jumlah tamu hingga lokasi, dari makanan dan minuman hingga dekorasi. Jika Anda tidak menetapkan anggaran, Anda tidak akan memiliki cara untuk melacak pengeluaran atau memahami apa yang Anda mampu.


2. Lupa Memesan Vendor Jauh-jauh Hari

Ilustrasi pernikahan, menikah
Ilustrasi pernikahan, menikah. (Photo by sergio souza from Pexels)

Wedding planner profesional menekankan bahwa memesan tempat dan vendor sedini mungkin adalah kunci untuk memastikan rencana pernikahan berjalan lancar. Tidak memesan lebih awal berarti Anda mungkin mengalami masalah dalam mengamankan vendor pada tanggal pernikahan yang Anda pilih.

“Jika Anda memiliki gaya dan lokasi tertentu yang Anda inginkan untuk pernikahan Anda, kami sarankan untuk mengamankan tempat Anda sesegera mungkin karena pilihan Anda terbatas; 12 hingga 18 bulan sebelum tanggal yang Anda inginkan akan menjadi periode waktu yang tepat,” jelas Mae.

O'Neal setuju dengan ini. Ia mengatakan untuk memesan tempat itu sesegera mungkin.

“Biasanya saya ingin mencoba membantu [pasangan] memperkuat tempat mereka dalam satu hingga dua bulan setelah mempekerjakan saya,” katanya. “Jika Anda punya waktu satu tahun untuk merencanakan, itu luar biasa, tapi enam bulan juga bisa menyelesaikannya jika Anda berorientasi pada tujuan dan termotivasi untuk bergerak maju.”

Tentu saja, jadwal ini akan sangat bervariasi berdasarkan waktu pernikahan Anda, dan apakah itu terjadi selama musim puncak pernikahan di wilayah pilihan Anda. Jika pernikahan Anda di luar waktu sibuk, enam hingga delapan bulan sebelum hari pernikahan mungkin sudah cukup.

Namun mereka yang mengadakan pernikahan pada saat peak season sebaiknya melakukan pemesanan tempat dan vendor satu tahun atau lebih sebelum tanggal pernikahan, seperti saran Mae.

Setelah tempat Anda dipesan, Anda harus mulai memesan vendor besar seperti wedding planner, florists, fotografer, cake designers, dan musisi.


3. Tidak Memiliki Rencana Cadangan

Ilustrasi pernikahan (pixabay)
Ilustrasi pernikahan (pixabay)

Secara umum, wedding planners menyarankan siapa pun yang merencanakan pernikahan harus memiliki rencana cadangan. Dari keadaan cuaca yang tidak terduga hingga pembatalan vendor di menit-menit terakhir, Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi, dan pasangan harus bersiap.

“Merupakan ide bagus untuk menentukan harga rencana,” kata O'Neal, menjelaskan bahwa pasangan harus memikirkan berapa biaya menggunakan tenda untuk resepsi pernikahan jika hujan, misalnya.

Selain itu, ia menyarankan agar pasangan mempertimbangkan untuk membeli asuransi pertanggungjawaban dan pembatalan pernikahan, dan membaca semua rincian kontrak tempat dan vendor untuk memahami apa yang terjadi jika Anda harus memindahkan tanggal atau lokasi pernikahan.

4. Terlalu Fokus hingga Tidak Menikmati Momen

Memang mudah untuk terjebak dalam kesibukan merencanakan dan penyelenggaraan pernikahan, namun para planner sepakat bahwa salah satu kesalahan terbesar yang bisa dilakukan pasangan—sebelum dan selama pernikahan—adalah lupa menikmati momen tersebut.

“Dengan semua perencanaan Anda menjelang hari pernikahan, pastikan untuk mengadakan kencan malam dengan pasangan Anda di mana Anda tidak membicarakan pernikahan sama sekali,” saran Mae.

“Pada hari pernikahan, berikan ponsel Anda kepada wedding planner agar Anda dapat menikmati dan menikmati momen tersebut,” katanya.


5. Mempersiapkan Semuanya Sendiri

Ilustrasi pernikahan
Wedding Planner (Foto: Unsplash.com/ Diego Authentic)

Meskipun banyak orang sudah mengetahui sejak awal perjalanan perencanaan pernikahan mereka bahwa mereka ingin menyewa seorang perencana profesional, beberapa pasangan mungkin merasa skeptis sehingga ingin mempersiapkan semuanya sendiri.

Namun dengan tidak meminta bantuan pakar industri pernikahan bisa berarti Anda tidak mendapatkan harga terbaik, akses ke vendor dan tempat yang sulit dipesan, dan tips ahli dari mereka yang memahami industri ini lebih baik dari siapa pun.

“Dalam dunia pernikahan, ada banyak pilihan yang bisa dipilih saat membentuk tim pernikahan dan dekorasi pernikahan Anda,” kata Mae. "Meminta bantuan wedding planner profesional akan menyaring pilihan tersebut berdasarkan suasana pernikahan Anda, rencana keuangan, dan proses vendor yang sesuai dengan gaya perencanaan Anda."

Selain perencana yang membantu mengatur semua detail kecil, O'Neal mencatat bahwa wedding planner juga menghilangkan banyak stres dari pasangan.

Wedding planner dapat membantu Anda menikmati momen di hari pernikahan Anda daripada harus mengkhawatirkan detail di menit-menit terakhir dan mengarahkan vendor,” jelasnya.

"Penting untuk melindungi kesejahteraan emosional Anda, serta investasi finansial Anda dengan memiliki seorang ahli yang menjelaskan semua detailnya."

Infografis Gejala, Antisipasi, Mitigasi Bakteri Mycoplasma Pneumonia
Infografis Gejala, Antisipasi, Mitigasi Bakteri Mycoplasma Pneumonia (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya