Arti Mimpi Tentang Kehamilan yang Tak Banyak Orang Ketahui

Setiap orang tentu pernah mengalami mimpi yang cukup aneh, seperti misalnya saja bermimpi soal kehamilan. Arti mimpi tentang kehamilan pun bisa bermacam-macam bentuknya.

oleh Camelia diperbarui 20 Des 2023, 17:06 WIB
Diterbitkan 20 Des 2023, 17:06 WIB
Wanita hamil
Wanita hamil (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu pernah mengalami mimpi yang cukup aneh, seperti misalnya saja bermimpi soal kehamilan. Arti mimpi hamil bisa bermacam-macam bentuknya. 

Mungkin Anda yang bermimpi sedang hamil atau ada orang lain yang bermimpi bisa jadi teman, anggota keluarga, atau orang asing. Mimpi tersebut bisa saja tentang keinginan untuk hamil, mengetahui tentang kehamilan, melahirkan anak, menyaksikan persalinan, atau bahkan mengalami keguguran.

Apapun yang terjadi, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda bermimpi dan apa artinya. Jika ya, Anda tidak sendirian. “Mimpi tentang kehamilan tidak diragukan lagi adalah salah satu mimpi paling umum yang ditanyakan kepada saya,” kata Lauri Loewenberg, seorang analis mimpi bersertifikat, dilansir dari Verywellmind.

Meskipun mimpi tentang hal-hal ini adalah hal yang umum jika anda benar-benar hamil, mimpi-mimpi ini juga dapat memiliki arti dan tafsir lain. Arti mimpi hamil bisa dipicu oleh berbagai faktor, antara lain pengalaman pribadi (seperti sedang hamil atau mengenal seseorang), kenangan terkait kehamilan, keinginan menjadi orang tua, perubahan atau perkembangan dalam hidup, kecemasan atau ketidakpastian akan masa depan, atau perubahan hormonal, kata Shelby Harris, PsyD, direktur kesehatan tidur di Sleepopolis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 


Menguraikan Mimpi Kehamilan

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan
Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan (Sumber: Pixabay)

Seperti semua mimpi, bahkan mimpi yang berhubungan dengan kehamilan pun dapat memiliki banyak interpretasi dan mungkin tidak seperti yang terlihat. Di bawah ini, Loewenberg membantu kita memecahkan arti berbagai jenis mimpi kehamilan.

Jika Anda Hamil dalam Mimpi

Jika Anda termasuk dalam usia reproduksi, mimpi tentang kehamilan bisa menjadi pengingat jam biologis Anda, kata Loewenberg. Di sisi lain, jika Anda sudah hamil, bermimpi tentang hal itu adalah hal yang lumrah.

Namun, seringkali, mengalami mimpi ini (pada usia berapa pun) dapat berarti bahwa sesuatu dalam hidup Anda baru saja mulai tumbuh dan berkembang, jelas Loewenberg. Misalnya, dia mengatakan itu bisa jadi:

  • Ide: Bisa jadi ide yang Anda "hamil" masih memerlukan waktu untuk diinkubasi, misalnya ide untuk bisnis baru. Ide tersebut kemungkinan besar memiliki banyak potensi, namun memerlukan waktu untuk mewujudkannya.
  • Tujuan: Ini bisa berupa tujuan yang sedang Anda upayakan dan sering Anda pikirkan, seperti gelar.
  • Perubahan: Ini bahkan bisa menunjukkan bahwa Anda sedang mengubah atau menemukan kembali sesuatu tentang diri Anda.

Sama seperti kehamilan yang menghasilkan kehidupan baru, jika mimpi tersebut dipicu oleh perkembangan dalam hidup Anda, hasil akhir dari mimpi tersebut kemungkinan besar adalah kehidupan baru tetapi bukannya kehidupan baru menjadi anak yang baru, melainkan kehidupan yang benar-benar baru. Anda sebagai gantinya, kata Loewenberg.


Jika Seseorang yang Anda Kenal Sedang Hamil dalam Mimpi

Hamil muda
ilustrasi/copyright pixabay.com/Marcellabtait

Bukan hal yang aneh untuk bermimpi tentang kehamilan jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang hamil, karena topik tersebut mungkin ada di pikiran Anda.

Namun, mimpi ini juga bisa mempunyai arti lain. Misalnya, jika Anda bermimpi seseorang yang dekat dengan Anda hamil, itu bisa berarti Anda mulai melihat pertumbuhan pada orang tersebut, kata Loewenberg.

Di sisi lain, jika seseorang yang tidak terlalu dekat dengan Anda hamil dalam mimpi Anda, maka orang tersebut mungkin mewakili bagian dari diri Anda yang mulai tumbuh, jelas Loewenberg. 

“Misalnya, jika Anda bermimpi seseorang yang bekerja dengan Anda sedang hamil, namun Anda belum begitu mengenalnya, kemungkinan besar ada kualitas yang Anda kenali dalam diri mereka yang mulai tumbuh. Mungkin rekan kerja itu adalah orang yang paling dekat dengan tim Anda. Mimpi ini bisa berarti bahwa keterampilan dan pengetahuan Anda dalam mencapai kesepakatan mulai tumbuh dan menjadi lebih baik.”


Jika Anda Bermimpi Tentang Orang Asing Sedang Hamil

Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil. (Gambar oleh Regina Petkovic dari Pixabay)

Arti mimpi menampilkan orang asing yang sedang hamil bisa terasa aneh. Namun, mimpi itu mungkin tentang Anda dalam beberapa hal, meskipun itu mungkin bagian dari diri Anda yang tidak terlalu Anda kenal, kata Loewenberg.

Mungkin Anda baru-baru ini menemukan hobi baru seperti berkebun dan mendapati bahwa Anda menikmatinya, ternyata cukup ahli dalam hal itu, dan ingin melanjutkan dan mengembangkan bidang tersebut dalam hal ini, Anda mungkin memimpikan orang asing hamil karena gagasan tersebut menjadi seorang tukang kebun adalah ide yang sebelumnya aneh bagi Anda, jelasnya.


Jika Anda Bermimpi Tentang Melahirkan

hamil
ilustrasi hamil/Image by Pexels from Pixabay

Mimpi melahirkan adalah hal yang lumrah bagi orang hamil. Namun, jika Anda tidak hamil, mimpi tersebut dapat memiliki interpretasi yang berbeda tergantung pada apakah Anda melahirkan dalam mimpi atau menyaksikannya, kata Loewenberg:

  • Jika Anda melahirkan dalam mimpi: Melahirkan dalam mimpi menandakan bahwa kerja keras Anda, atau “kerja keras” Anda kini membuahkan hasil. Mimpi ini biasa terjadi setelah Anda memperoleh gelar atau memulai bisnis baru.
  • Jika Anda sedang menyaksikan persalinan dalam mimpi: Menyaksikan persalinan dalam mimpi dapat menandakan bahwa Anda telah menyaksikan dan terinspirasi oleh kerja keras dan produktivitas orang lain.

Jika Seseorang dalam Mimpimu Memberitahumu Bahwa Mereka Mengira Kamu Hamil

Kehamilan
Ilustrasi/copyright pixabay.com

Jika Anda mencoba untuk hamil dan mengalami mimpi ini, bisa jadi tubuh Anda memberi tahu bahwa Anda telah hamil, kata Loewenberg. Namun, jika Anda tidak sedang mencoba untuk hamil, katanya, mimpi ini bisa berarti orang lain memperhatikan sesuatu yang baru terjadi pada Anda atau Anda berharap orang lain akan menyadari bahwa Anda sedang mengerjakan sesuatu yang baru dan menarik.

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya