Profil, Agama dan Foto-foto Erick Thohir, Seorang Pengusaha yang Kini Jadi Menteri dan Punya Saham di Klub Sepak Bola Inggris

Erick Thohir ialah Menteri BUMN yang ternyata memiliki saham mayoritas di klub sepak bola Inggris, Oxford United

oleh Diva Nurhaliza diperbarui 27 Jan 2024, 11:55 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2024, 11:42 WIB
Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir dan Instagram/ace.youthsummit)
Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir dan Instagram/ace.youthsummit)

Liputan6.com, Jakarta Dr. (H.C.) H. Erick Thohir, B.A., M.B.A., lahir pada 30 Mei 1970, menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang dipilih secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Ia juga dikenal sebagai pendiri Mahaka Group, sebuah perusahaan di sektor penyiaran. Selain itu, Erick Thohir memiliki kepemilikan saham di beberapa klub sepak bola dan bola basket.

Sebelum menanggung jabatan sebagai Menteri BUMN, Presiden Joko Widodo menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Asian Games pada tahun 2018. Pelaksanaan acara tersebut mencapai kesuksesan yang luar biasa, menarik perhatian dunia, dan berhasil menjual 40 ribu tiket dalam waktu singkat, hanya 24 menit.

Berikut profil Erick Thohir dirangkum Jumat (26/01/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil

Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir)
Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir)

Nama Lengkap: Dr. (H.C.) H. Erick Thohir, B.A., M.B.A.

Tanggal Lahir: 30 Mei 1970

Agama: Islam

Jabatan: Menteri BUMN, Ketua Umum PSSI, dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia

Instagram: @erickthohir

Nama Istri: Elizabeth Tjandra

Nama Anak: Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir, dan Magisha Afryea Thohir


Pendidikan

Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir)
Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir)

Erick Thohir menempuh pendidikan di tingkat Sarjana (Bachelor of Arts) di Glendale Community College. Pada tahun 1993, ia berhasil menyelesaikan program Magister Administrasi Bisnis (Master of Business Administration) di Universitas Nasional California, Amerika Serikat. Selanjutnya, Erick Thohir mengikuti program Doktor dan meraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang Manajemen Strategi dari Universitas Brawijaya pada tahun 2023.


Perusahaan

Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir dan Instagram/ace.youthsummit)
Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir dan Instagram/ace.youthsummit)

Pada tanggal 28 November 1992, Erick Thohir bersama beberapa rekan kuliah mendirikan PT Mahaka Media Tbk (Perseroan) di Jakarta, dengan nama PT Abdi Bangsa. Mahaka Group, yang merupakan hasil dari kolaborasi tersebut, merintis Republika, surat kabar komunitas Muslim pertama di Indonesia. Mahaka Group kemudian meluaskan cakupan operasionalnya dengan menghadirkan Jak TV, Radio 98.7 Gen FM, dan Radio 101 Jak FM.

Erick Thohir juga memiliki perusahaan bernama PT. Kalyanamitra Adhara Mahardika, yang lebih dikenal dengan nama Alive Indonesia. Perusahaan ini aktif di bidang jasa konsultansi creative agency, brand activation, dan penyedia jasa event organizer (EO). Pada tahun 2008, bersama dengan Anindya Bakrie, Erick Thohir mendirikan TVOne dan platform berita Vivanews.


Menteri BUMN

Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir)
Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir)

Pada tahun 2018, Erick Thohir diamanahi oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Panitia Asian Games. Sukses besar dicapai oleh acara tersebut, terbukti dengan penjualan tiket mencapai 40 ribu dalam waktu singkat, yaitu hanya 24 menit. Presiden Joko Widodo kemudian kembali menugaskan Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional. Tugas ini pun dilaksanakan dengan berhasil, membantu Joko Widodo memenangkan jabatan Presiden Republik Indonesia untuk dua periode. Keberhasilan tersebut kemudian membawa Erick Thohir ke posisinya saat ini sebagai Menteri BUMN.

Selain itu, Erick Thohir juga dilantik sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bersama dengan Teten Masduki, Muhammad Lutfi, dan Bahlil Lahadalia untuk periode 2021-2023.


Klub Bola

Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir)
Potret Erick Thohir (Sumber: Instagram/erickthohir)

Erick Thohir tidak hanya dikenal sebagai pendiri tetapi juga pemilik Klub Basket Satria Muda. Pernah melakukan akuisisi terhadap klub sepak bola Italia, yaitu Inter Milan, dan menjadi pemilik dari klub sepak bola Amerika Serikat, D.C. United. Pengalaman lainnya termasuk perannya sebagai Wakil Komisaris Utama di Persib Bandung dan sebagai Manajer Persija Jakarta. Saat ini, bersama Anindya Bakrie, Erick Thohir memiliki mayoritas saham di klub sepak bola Inggris, Oxford United. Sejak tahun 2021, Erick Thohir juga memiliki saham di Persis Surakarta.


Profil Erick Thohir Suku Apa?

Erick Thohir adalah putra dari Teddy Thohir, seorang pengusaha yang turut berkontribusi dalam perkembangan Astra International. Ayahnya memiliki keturunan Lampung, sementara ibunya memiliki keturunan Tionghoa dan Sunda. Garibaldi Thohir, atau yang akrab disapa Boy Thohir, adalah saudara kandung Erick dan memiliki profesi sebagai bankir investasi.


Berapa Jumlah Kekayaan Erick Thohir?

Berdasarkan data LHKPN 2021, kekayaan Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI tersebut mencapai Rp 2,3 triliun.


Erick Thohir Pemilik Perusahaan Apa?

Erick Thohir bersama teman kuliahnya mendirikan Mahaka Group. PT Mahaka Media Tbk (Perseroan) didirikan di Jakarta dengan nama PT Abdi Bangsa pada tanggal 28 November 1992. Kemudian, pada tanggal 4 Januari 1993, Mahaka Group mendirikan Republika, surat kabar pertama yang ditujukan untuk komunitas Muslim di Indonesia.


Apa Erick Thohir Keturunan Cina?

Ibunda Erick Thohir memiliki keturunan Tionghoa-Sunda.


Siapa Nama Istri Erick Thohir?

Erick Thohir dan Elizabeth Tjandra resmi menikah pada tahun 1998. Pernikahan mereka diberkahi dengan kehadiran empat orang anak, yaitu Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir, dan Magisha Afryea Thohir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya