6 Daftar PTN Bebas Uang Pangkal di Jalur Mandiri 2024, Ada UGM

Berikut 6 PTN tanpa uang pangkal di jalur mandiri 2024.

oleh Ditha Kirani diperbarui 07 Mei 2024, 09:03 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2024, 09:03 WIB
6 Daftar PTN Bebas Uang Pangkal di Jalur Mandiri 2024, Ada UGM
6 Daftar PTN Bebas Uang Pangkal di Jalur Mandiri 2024, Ada UGM (Sumber foto: www.ugm.ac.id)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBP) atau masih berlangsung. Tes yang diikuti oleh para lulusan SMA ini merupakan salah satu tahap untuk masuk perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

Apabila calon mahasiswa tidak dapat lolos pada tahap ini, maka jalur selanjutnya yang dapat diikuti adalah jalur ujian mandiri. Lazimnya, mahasiswa yang mengikuti tahapan seleksi ini akan dikenakan biaya uang pangkal atau sumbangan pengembangan institusi (SPI).

Sistem uang pangkal ini merupakan hal umum yang berlaku di hampir seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Namun begitu, terdapat beberapa kampus yang tidak memungut uang pangkal dari jalur mandiri.

Biasanya, PTN yang menerapkan sistem yang memungkinkan mahasiswa untuk bisa mengikuti seleksi mandiri tanpa terbebani uang pangkal. Berdasarkan rangkuman kami, berikut 6 PTN tanpa uang pangkal di jalur mandiri 2024.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) menerapkan sistem Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) dalam seleksi jalur mandirinya. Sistem ini membuat tidak semua mahasiswa yang lolos seleksi mandiri UGM akan dikenakan uang pangkal.

SSPU memungkinkan mahasiswa dengan kemampuan ekonomi baik untuk membayar UKT tertinggi serta biaya SSPU, sehingga mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi dapat tetap berkuliah di UGM tanpa membayar SSPU serta mendapatkan UKT yang relatif kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Universitas Islam Negeri (UIN) di Seluruh Indonesia

Gedung Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Gedung Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Liputan6.com/Web/uinjkt.ac.id)

Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa seluruh Universitas Islam Negeri (UIN) di seluruh Indonesia tidak menerapkan uang pangkal di jalur mandirinya.

Tidak hanya UIN, seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), seperti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) serta Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri  (STAIN) juga tidak memungut uang pangkal.

Hal ini sejalan dengan Keputusan Menteri Agama 2023, di mana seluruh PTKIN dilarang memungut uang pangkal. Berikut beberapa UIN terbaik yang dapat kamu coba.

  1. UIN SUnan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat
  2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan
  3. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur
  4. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman
  5. UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Bagi kamu yang memang memiliki prestasi, maka seleksi mandiri jalur prestasi di ITS bisa kamu coba. Apabila lolos pada program studi terakreditasi A atau unggul, maka kamu tidak akan dikenakan uang pangkal atau SPI. Selain itu, kamu dapat pula mendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).


4. Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka.
Gedung Universitas Terbuka. (mourizativa / Shutterstock.com)

Universitas Terbuka (UT) memiliki Sistem Pembayaran Paket Semester (SIPS) di jalur mandiri tanpa uang pangkal. Dengan demikian, mahasiswa pun dapat leluasa mengikuti seleksi mandiri UT tanpa uang pangkal maupun UKT yang besar.

5. Universitas Sriwijaya (Unsri)

Bagi kamu yang berminat berkuliah di Unsri jenjang sarjana dan diploma, maka dapat mengikuti Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Unsri. Apabila lolos, maka hanya dikenakan biaya UKT tanpa uang pangkal.

6. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) memiliki sistem jalur mandiri yang dikenal dengan Seleksi Masuk UI (SIMAK UI). Sebagai salah satu PTN Terbaik di Indonesia, UI tidak menerapkan uang pangkal pada jalur seleksi mandirinya.

Hanya saja berdasarkan desas-desus yang ada, tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya di mana UI akan menerapkan uang pangkal di jalur mandirinya. Hingga saat ini belum ada info resmi, namun tidak ada salahnya untuk memantau laman resmi UI terkait fiksasi biaya pendidikan di jalur SIMAK UI.

infografis hari pendidikan nasional
kurikulum tiap era pemerintahan (liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya