4 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan, Turunkan Kolesterol Hingga Diabetes

Rumput laut merupakan salah satu tanaman paling kaya nutrisi dan juga merupakan sumber mineral yang sangat melimpah.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 28 Mei 2024, 13:15 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2024, 13:15 WIB
4 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan, Turunkan Kolesterol Hingga Diabetes
Sejak tahun 2000-an, sebagian warga Kampung Sembilangan menggantungkan hidupnya pada rumput laut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu sebaiknya mempertimbangkan untuk menyertakan apa yang disebut sebagai makanan super, seperti rumput laut, dalam diet sehari-hari mereka. Rumput laut merupakan salah satu tanaman paling kaya nutrisi dan juga merupakan sumber mineral yang sangat melimpah, karena  menyerap semua nutrisi yang disediakan oleh laut.

Sebagai camilan yang sangat serbaguna dan menjadi bahan dasar dalam masakan Jepang, Korea, dan Cina, rumput laut adalah sumber protein yang kaya yang dikenal sebagai peptida bioaktif.

Zat ini juga ditemukan dalam susu, menjadikan rumput laut sebagai jenis makanan dengan manfaat kesehatan yang tak terhitung, seperti mengatasi kolesterol. Lalu, apa saja manfaat kesehatan dari rumput laut? Berikut ulasannya.

1. Pencegahan Diabetes

Diabetes telah menjadi epidemi global, para ahli memperingatkan bahwa pada tahun 2040, 642 juta individu di seluruh dunia diperkirakan mengidap diabetes tipe 1 atau tipe 2. Di sinilah rumput laut dapat membantu, dengan penelitian menunjukkan manfaatnya bagi mereka yang berisiko mengalami kondisi tersebut.

Studi di Jepang menemukan zat dalam rumput laut yang dikenal sebagai fucoxanthin dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Penelitian lain juga menemukan bahwa rumput laut membantu mencegah lonjakan gula darah pada hewan yang diberi makan makanan tinggi gula.

Diperkirakan bahwa alginat dapat membantu mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Para ahli menambahkan bahwa efek tersebut dapat mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular pada pasien dengan diabetes tipe 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Menurunkan Kolesterol

Contoh ilustrasi jantung manusia
Kolesterol terdiri dari tiga jenis yaitu kolesterol jahat, kolesterol baik, dan trigliserida. Kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung (Foto: Unsplash.com/Robina Weermeijer)

Penelitian pada hewan menemukan bahwa rumput laut dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Springer Link, sifat antioksidan dan kolesterol dari rumput laut merah dianalisis lebih lanjut.

Penelitian ini menggunakan tikus yang diberi makan kolesterol tinggi, diet tinggi lemak tetapi dilengkapi dengan rumput laut. Para peneliti mencatat bahwa suplementasi rumput laut secara signifikan menurunkan kadar kolesterol.


3. Pertumbuhan Rambut

Efek tidak keramas setiap hari
Ilustrasi rambut sehat karena tidak keramas setiap hari. (Foto: unsplash.com)

Rumput laut menjadi tanaman yang sangat kaya nutrisi yang diketahui membantu mengatasi kerontokan rambut. Yodium dalam rumput laut sangat baik untuk mengatur kelenjar tiroid, juga bermanfaat untuk masalah ketombe dan rambut yang menipis.

Salah satu sifat terkuat rumput laut pada rambut adalah kemampuannya untuk meningkatkan hidrasi dan mineralisasi kulit kepala. Ini membantu rambut memperkuat dirinya sendiri dan tumbuh lebih kuat karena ekstrak lautnya.


4. Pengurangan Risiko Penyakit Jantung

Saturasi Oksigen
Ilustrasi Penyakit Jantung Credit: unsplash.com/Emily

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Rumput laut juga diketahui mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk kesehatan jantung.

"Rumput laut dikenal sebagai sumber asam lemak esensial, yang dianggap dapat mengurangi trombosis dan aterosklerosis - faktor penting dalam mengurangi risiko penyakit jantung," jelas Dr. Maria Hayes.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya