Hadir di Seoul, Festival Indonesia 2024 Tampilkan Keindahan dan Keragaman Seni Budaya Nusantara

Festival Indonesia kiranya dapat menjadi obat kangen tanah air masyarakat Indonesia yang berdomisili di Korea, baik kuliner maupun seni budaya.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 26 Jun 2024, 12:02 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 12:02 WIB
Hadir di Seoul, Festival Indonesia 2024 Tampilkan Keindahan dan Keragaman Seni Budaya Nusantara
Hadir di Seoul, Festival Indonesia 2024 Tampilkan Keindahan dan Keragaman Seni Budaya Nusantara (doc: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Festival Indonesia 2024 yang menampilkan keindahan dan keragaman seni budaya Indonesia, diadakan di Cheonggye Plaza, Seoul, pada Minggu (23/6/2024).

Festival Indonesia tahun 2024 sengaja diadakan pada hari Minggu agar warga Indonesia yang berdomisili di Korea, termasuk Pekerja Migran Indonesia, serta masyarakat Korea dan asing dapat hadir menikmati keindahan seni budaya Indonesia yang beragam. Hal ini terlihat dari antusiasme ribuan pengunjung yang hadir dan memadati Cheonggye Plaza di tengah cuaca yang cukup panas.

“Melalui Festival Indonesia diharapkan Masyarakat Korea akan semakin mengenal Indonesia, dan jalinan persahabatan antara bangsa Indonesia dan Korea akan semakin erat dan abadi,” ungkap Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Seoul, Zelda Wulan Kartika pada pembukaan acara tersebut.

Ditambahkannya pula Festival Indonesia kiranya dapat menjadi obat kangen tanah air masyarakat Indonesia yang berdomisili di Korea, baik kuliner maupun seni budaya. Dalam kesempatan itu, KUAI RI Seoul juga meminta warga Indonesia di Korea untuk dapat menjadi duta bangsa yang membawa nama baik Indonesia dengan menjalin hubungan baik dengan warga setempat dan warga asing yang berdomisili di Korea, serta senantiasa mematuhi hukum dan aturan setempat.

Sesi Pembukaan dihadiri oleh sejumlah Duta Besar negara sahabat, yakni Duta Besar Malaysia Y.M. Dato’ Mohd Zamruni Khalid; Duta Besar Myanmar Y.M. Thant Sin dan isteri; Duta Besar Filipina Y.M. Maria Theresa Dizon–De Vega; Wakil Kepala Perwakilan Vietnam Nguyen Viet Anh; Wakil Kepala Perwakilan Singapura Elenore Kang; dan perwakilan dari Kedutaan Besar Thailand. Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi disertai jajaran Direksi Bank Mandiri juga turut hadir di Cheonggye Plaza.

Tarian dan musik tradisional secara khusus ditampilkan dengan apik. Kelompok Tari Tradisional Indonesia/KTTI yang membuka Festival tampil dengan tarian yang mencerminkan kemajemukan Tanah Air seperti Tari Jonggan (Kalimantan Barat), Tari Rendeng Bojong, Sunda, Tari Lenggang Nyai, Jakarta dan Gita Cinta Nusantara, juga ada medley beberapa lagu daerah (Sigulempong dari suku Batak, Kicir-Kicir dari suku Betawi, Gethuk dari suku Jawa, Paris Barantai dari suku Banjar, Si Patokaan dari suku Minahasa, Janger dari suku Bali, dan Manuk Dadali dari suku Sunda).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menampilkan Reog Ponorogo

Hadir di Seoul, Festival Indonesia 2024 Tampilkan Keindahan dan Keragaman Seni Budaya Nusantara
Hadir di Seoul, Festival Indonesia 2024 Tampilkan Keindahan dan Keragaman Seni Budaya Nusantara (doc: Istimewa)

Reog Ponorogo Singo Mudho Gimhae, yang beranggotakan para Pekerja Migran Indonesia di Korea, turut meramaikan acara melalui penampilan warisan budaya Reog yang menarik perhatian pengunjung.

Gamelan ditampilkan melalui kolaborasi mahasiswi Ewha Woman University yang menampilkan lagu Ladrang Catur Netra dan lagu Arirang Versi Gamelan. Sementara tim Gamelan Laras Garis menampilkan lagu dari Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah yaitu Ladrang Harjuna Mangsah, Ladrang Ayun-Ayun dan Ketawang Retna Wigena. Kedua penampilan gamelan dipandu oleh Sugiarto, pegawai setempat KBRI Seoul yang juga adalah dosen program studi musik dunia bidang gamelan di Seoul Institute of the Arts.

Festival juga menyuguhkan pagelaran musik Angklung yang dimainkan oleh para anggota DWP KBRI Seoul dengan membawakan lagu Indonesia Pusaka dan Arirang, serta penampilan budaya dari anak-anak Home Staff KBRI Seoul.

Tidak ketinggalan pula Door Prize yang selalu dinantikan para pengunjung, antara lain berupa tabungan BRI, Apple Ipad, Sepeda Lipat Pikes, Deposito Bank Mandiri, serta Grand Prize berupa tiket pesawat Garuda Indonesia rute Seoul-Jakarta.

 


Kegiatan diplomasi budaya dan ekonomi

Hadir di Seoul, Festival Indonesia 2024 Tampilkan Keindahan dan Keragaman Seni Budaya Nusantara
Hadir di Seoul, Festival Indonesia 2024 Tampilkan Keindahan dan Keragaman Seni Budaya Nusantara (doc: Istimewa)

Guna memperkenalkan kekayaan kuliner, disediakan sejumlah anjungan yang mempromosikan makanan dan minuman produk Indonesia. Tampak pengunjung menikmati nasi goreng dan nasi rames lezat dari Catering Seoul, Shinta Foodelight, dan Dapur Kai Asik. Tidak ketinggalan kopi khas Nusantara yang disiapkan on the spot oleh Ullubellu Coffee serta sajian makanan ringan Indonesia dari INAKOR dan Foreign Mart Weda.

Artis muda Indonesia Aquene Aziz Djorghi, yang didampingi kedua orangtua yakni Sultan Djorghi dan Annisa Tri Hapsari, tampil menyanyikan sejumlah lagu debutnya. Festival Indonesia 2024 dipuncaki dengan penampilan prima Melly Lee dan Hari Putra yang membawakan sejumlah lagu-lagu Indonesia dan membuat penonton ikut bergoyang.

Festival Indonesia 2024 yang merupakan salah satu kegiatan diplomasi budaya dan ekonomi KBRI Seoul berlangsung meriah dengan suguhan pertunjukan beragam seni budaya Indonesia. Penyelenggaraan Festival Indonesia 2024 didukung penuh oleh Bank Mandiri, PT Pertamina (Persero) serta KIT Batang, Sentbe, PT Bank Negara Indonesia Seoul Branch, DBM Cargo, Surabaya Industrial Estate Rungkut, Garuda Indonesia, dan Bank Rakyat Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya