Manfaat Konsumsi Jus Buah Bit, Tekanan Darah Tinggi Dapat Kembali Normal dalam 4 Minggu

Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas jus buah bit 250 ml secara konsisten setiap hari dapat secara drastis menurunkan angka tekanan darah,

oleh Sulung Lahitani diperbarui 28 Jul 2024, 13:05 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 13:05 WIB
Ilustrasi buah bit
Ilustrasi buah bit. (Photo by Polina Kovaleva: https://www.pexels.com/photo/a-bunch-of-organic-beets-7511800/)

Liputan6.com, Jakarta Pakar kesehatan menggembar-gemborkan 'makanan super' tertentu sebagai pemain kunci dalam melawan tekanan darah tinggi setelah hasil uji coba yang meyakinkan.

Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas jus buah bit 250 ml secara konsisten setiap hari dapat secara drastis menurunkan angka tekanan darah, dengan individu mencatat kadar yang teratur hanya dalam waktu empat minggu. Terlebih lagi, tampaknya begitu orang berhenti minum jus, tekanan darah mereka langsung kembali ke titik awal.

Menurut The Times, para ahli di Universitas Queen Mary London mengidentifikasi zat nitrat makanan anorganik dalam bit. Diubah oleh tubuh kita menjadi nitrit dan kemudian menjadi oksida nitrat, nitrat ini bertindak untuk meredakan dan memperluas pembuluh darah. Hal ini menempatkan bit sebagai pesaing kuat untuk pengaturan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam penelitian yang dipimpin universitas, subjek yang berjuang melawan atau berisiko tinggi hipertensi diminta untuk minum minuman tersebut setiap hari selama sebulan. Sementara separuh diberi dosis jus bit, separuh lainnya mendapat plasebo yang sangat mirip dalam hal penampilan dan rasa. 

Ketika uji coba selesai, yang tertuang dalam Hypertension, mereka yang menerima obat asli melaporkan penurunan tekanan darah ke kisaran "normal". Demikian lapor Express.

Namun, dua minggu setelah penelitian, setelah menghentikan rejimen jus bit, peserta melihat tekanan darah mereka naik kembali ke angka sebelumnya, mengisyaratkan perlunya konsumsi nitrat berkelanjutan untuk dampak yang bertahan lama.

Menekankan pentingnya buah bit dalam makanan kita, Dr. Linia Patels menjelaskan: "Mengonsumsi bit atau makanan kaya nitrat lainnya seperti sayuran berdaun hijau, adas, dan labu juga akan meningkatkan asupan. Beberapa orang lebih suka suntikan bit karena merupakan sumber nitrat yang terkonsentrasi."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Buah bit memiliki banyak manfaat

6 Manfaat Mengejutkan Si Cantik Buah Bit
Ilustrasi Buah Bit (Sumber: Unsplash)

Tim Spector, profesor epidemiologi genetik di King's College London dan salah satu pendiri Zoe, baru-baru ini menggunakan media sosial untuk mengungkapkan keyakinannya pada manfaat luar biasa buah bit untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Menurut Prof Spector, bit memberikan banyak manfaat kesehatan karena kandungan polifenolnya, yang membantu mengurangi peradangan, dan nitrat yang penting untuk meningkatkan aliran darah dengan memperlebar pembuluh darah, sehingga bermanfaat untuk performa atletik dan pengendalian tekanan darah tinggi.

Prof Spector juga menyoroti daya tarik historis sayuran tersebut, dengan mengatakan: "Bit merupakan simbol favorit di rumah bordil Romawi. Bit memiliki banyak khasiat kesehatan yang baik. Bit mengandung polifenol kimia pertahanan yang disebut betaine, yang cukup unik dan sangat baik untuk peradangan. Bit juga mengandung prekursor oksida nitrat, yang merupakan gas yang penting untuk perubahan dalam pembuluh darah kita."

 


Teruji klinis menurunkan tekanan darah

ilustrasi buah bit untuk detoksifikasi/pexels
ilustrasi buah bit untuk detoksifikasi/pexels

Pakar kesehatan Michael Mosley pernah menyebut buah bit sebagai sayuran 'luar biasa', yang menunjukkan manfaat kesehatannya yang luar biasa. Ia berkata: "Buah bit sangat kaya akan nitrat. Nitrat diubah oleh bakteri dalam air liur Anda menjadi oksida nitrat dan tentu saja itu menyebabkan pembuluh darah Anda melebar dan dengan demikian aliran darah yang lebih besar ke ekstremitas Anda."

"Suka atau tidak, tanaman ini telah terbukti dalam uji klinis sebagai cara yang efektif untuk menurunkan tekanan darah dan juga meningkatkan performa atletik. Tanaman ini juga mengandung antioksidan yang mengurangi peradangan sehingga cocok untuk siapa saja yang peduli dengan kesehatan jantung."


Jangan Abaikan Kutil Kulit di Leher, Bisa Jadi Tanda Diabetes

Ilustrasi leher
Ilustrasi leher. Sumber foto: unsplash.com/Adrien King.

Pernahkah Anda melihat adanya benjolan kecil mirip daging di sekitar leher, ketiak, atau area kulit lainnya? Itu mungkin adalah skin tag---atau kutil kulit yang seringkali tidak menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Banyak orang bahkan tidak menyadarinya sampai mereka menyentuhnya.

Namun, apakah skin tag ini bisa menjadi tanda diabetes? Tidak semua orang yang memiliki skin tag akan mengalami diabetes, dan ada juga yang tidak mengalami skin tag sama sekali.

Menurut Dr. Soumya Jagadeesan, seorang Associate Professor di bidang Dermatologi di Amrita Hospital, Kochi, skin tag, atau yang juga dikenal dengan sebutan acrochordon, adalah pertumbuhan jinak pada kulit yang biasanya berwarna sama dengan kulit sekitar, meskipun bisa juga menjadi lebih gelap.

“Skin tag paling sering muncul di area leher, ketiak dan lipatan inguinal (biasanya di daerah intertriginosa), meskipun mereka bisa muncul di hampir semua bagian tubuh,” ucap Dr. Soumya, seperti mengutip dari Times of India, Jumat (26/7/2024).

Dr. Soumya menjelaskan bahwa skin tag dapat bervariasi dalam warna, tekstur, ukuran, dan bentuk dasar. Biasanya, mereka tidak menimbulkan gejala dan pertumbuhannya sangat lambat.

Selengkapnya...

Infografis Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental
Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental.(Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya