5 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan, Cegah Anemia Hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung

Rasa manis dan asam dari kiwi tidak hanya menyegarkan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat kiwi untuk kesehatan.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 04 Agu 2024, 12:04 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2024, 12:04 WIB
5 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan, Cegah Anemia Hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung
5 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan, Cegah Anemia Hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung/copyright: unsplash/lesly juarez

Liputan6.com, Jakarta - Buah kiwi, yang termasuk dalam kategori buah beri, memiliki dua varian, kiwi hijau dan kiwi gold. Keduanya sama-sama kaya akan manfaat untuk tubuh Anda, namun perbedaannya terletak pada warna pigmen.

Kiwi hijau mengandung klorofil yang memberikan warna hijaunya, sementara kiwi gold tidak memiliki pigmen tersebut.

Melansir dari Healthline, buah kiwi merupakan sumber nutrisi yang sangat bermanfaat. Meskipun ada beberapa orang yang mungkin mengalami alergi setelah mengonsumsinya, kiwi tetap merupakan pilihan buah yang sangat sehat.

Kiwi kaya akan vitamin C, serat, dan mineral. Dalam 100 gram kiwi, Anda sudah mendapatkan lebih dari 80% kebutuhan vitamin C harian Anda. Vitamin C penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif. Dalam satu buah kiwi dengan berat 75 gram, mengandung kandungan berikut ini:

  • Kalori: 42
  • Protein: 0,8 gram
  • Karbohidrat: 10,1 gram
  • Serat: 2,1 gram
  • Gula: 6,7 gram
  • Vitamin C: 56 mg
  • Kalium: 148 mg

Rasa manis dan asam dari kiwi tidak hanya menyegarkan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat kiwi untuk kesehatan, seperti merangkum dari berbagai sumber:

 

1. Mencegah anemia

Walaupun kiwi bukanlah sumber zat besi, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang Anda konsumsi, sehingga membantu mencegah kekurangan zat besi atau anemia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Membantu penyembuhan luka

Luka - Vania
Ilustrasi Nanah/https://unsplash.com/Diana Polekhina

Buah kiwi kaya akan vitamin C dan vitamin K, keduanya sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Vitamin C berfungsi sebagai bahan dasar kolagen, yang merupakan komponen utama dalam struktur kulit Anda dan membantu mempercepat pemulihan luka.

Selain itu, antioksidan yang ada dalam kiwi bekerja untuk memperbaiki kerusakan dari dalam tubuh. Vitamin K juga berperan dalam proses pembekuan darah, yang mencegah pendarahan berlebih dan mendukung penyembuhan luka dengan lebih efektif.


3. Tingkatkan kualitas tidur

Ilustrasi malas bangun tidur, mengantuk
Ilustrasi malas bangun tidur, mengantuk. (Photo by Elizabeth LIes on Unsplash)

Sebuah studi pada tahun 2011 menunjukkan bahwa kiwi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa. Kemampuan ini mungkin disebabkan oleh kandungan serotonin dan antioksidan yang terdapat dalam buah kiwi.

Serotonin, sebuah neurotransmitter yang memengaruhi suasana hati dan tidur, serta antioksidan dalam kiwi, dapat berkontribusi pada tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.


4. Tingkatkan kesehatan pencernaan

Mudah Mengalami Gangguan Pencernaan
Ilustrasi Gangguan Pencernaan Credit: unsplash.com/Ksenia

Kiwi merupakan buah yang kaya akan serat, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Anda. Serat dalam kiwi membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, yang mendukung proses pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, kiwi mengandung enzim actinidin yang berperan dalam memecah protein di lambung dan usus kecil. Ini membantu tubuh Anda mencerna protein dengan lebih efisien, sehingga mendukung kesehatan pencernaan secara keseluruhan.


5. Meningkatkan kesehatan jantung

kesehatan
ilustrasi serangan jantung/Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

Kiwi memiliki kadar sodium yang rendah dan kandungan kalium yang tinggi, kombinasi yang sangat baik untuk membantu mengontrol tekanan darah. Kalium berfungsi untuk menyeimbangkan efek sodium dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko hipertensi.

Selain itu, kiwi juga mengandung folat, yang dapat membantu menurunkan risiko stroke. Dengan mengonsumsi kiwi secara rutin, Anda dapat mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya