10 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton Setelah Putus Cinta, Mana Favoritmu?

Film-film ringan ini akan membuat proses berduka terasa tidak terlalu menyakitkan.

oleh Bella Zoditama diperbarui 13 Sep 2024, 21:05 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 21:05 WIB
10 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton Setelah Putus Cinta, Mana Favoritmu?
Poster film 500 Days of Summer. (Foto: IMDb/ Dune Entertainment)

Liputan6.com, Jakarta - Semua individu pasti meyakini bahwa putus cinta itu sulit. Bahkan jika hubungan yang Anda jalani kurang baik sekalipun, atau Anda orang yang mengakhiri semuanya. Sebab, berpisah dari pasangan untuk selama-lamanya akan menimbulkan kesedihan yang teramat dalam. 

Hal ini karena Anda mengakhiri satu babak dalam hidupmu—bahkan jika itu yang terbaik—pengalaman kehilangan secara alami akan menghasilkan kesedihan. Meskipun periode pascaputus cinta terlihat berbeda bagi setiap orang, dari perasaan hampa dan kesepian hingga kebencian dan mati rasa, tidak diragukan lagi bahwa hal itu menyakitkan untuk ditanggung.

Meskipun satu-satunya cara nyata untuk mengatasi tantangan emosional ini adalah dengan merasakan perasaanmu dan memberi diri Anda waktu untuk pulih, ada cara untuk mengalihkan fokus Anda dari ketidaknyamanan. Salah satu caranya yaitu dengan menonton film yang ringan dan menyenangkan.

Lalu, bingung harus menonton film apa dulu? Maka, artikel ini cocok untuk Anda.

Melansir dari Brides, Rabu (11/9/2024), kami memiliki rekomendasi film yang bisa Anda tonton setelah putus cinta. Beberapa film menampilkan hubungan yang gagal, yang dapat membantu memvalidasi pengalamanmu dan membuatmu merasa tidak sendirian—dan mungkin membuat air mata mengalir.

Atau siapa tahu Anda mau menonton kembali film yang pernah ditonton sebelumnya? Ini dia daftarnya!

1. 500 Days of Summer

Ingin merasa tidak sendirian dalam kesedihan pascaputus cinta? 500 Days of Summer akan menemani Anda.

Dalam komedi romantis yang menawan ini, Tom (Joseph Gordon-Levitt), penulis kartu ucapan dan orang yang sangat romantis, merasa telah menemukan "the one," bernama Summer (Zooey Deschanel).

Akan tetapi, ketika Summer mengakhiri hubungan dengannya, yang membuatnya benar-benar terkejut, ia mengenang kembali kebersamaan mereka, mencoba mencari tahu bagaimana semuanya menjadi sangat buruk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Lost in Translation

Poster film Lost in Translation. (Foto: Dok. Focus Features/ IMDb)
Poster film Lost in Translation. (Foto: Dok. Focus Features/ IMDb)

Tidak semua hubungan bersifat romantis. Jika Anda perlu bersandar pada lingkaran terdekat untuk menghadapi dan akhirnya mengatasi masa sulit ini, Lost in Translation adalah film yang sangat bagus untuk ditambahkan ke daftar Anda.

Dalam kisah yang menyentuh ini, seorang bintang film dan seorang pengantin baru bertemu di Tokyo dan menemukan kenyamanan dalam kebersamaan satu sama lain di saat mereka merasa kehilangan arah.

3. Crazy, Stupid, Love

Kehidupan Cal Weaver (Steve Carrell) tampak sempurna hingga mulai berantakan. Setelah mengetahui istrinya, Emily (Julianne Moore), menginginkan perceraian (dan mengungkapkan bahwa Emily tidak setia).

Kemudian, Cal berjuang untuk menjalani hidup melajang, hingga ia bertemu dengan Jacob (Ryan Gosling) yang menawan, yang mengajarinya cara membuat para wanita terkesan.

Dipenuhi dengan momen-momen lucu dan karakter yang relevan, film ini akan membuat Anda merasa hangat dan gembira.


4. La La Land

[Bintang] Emma Stone - Ryan Gosling
Keduanya sudah membintangi banyak film bersama termasuk La La Land dan Crazy, Stupid, Love. (lionsgate)

Untuk film yang penuh dengan fantasi, romantis, dan memilukan, tontonlah La La Land. Ketika Mia (Emma Stone) dan Sebastian (Ryan Gosling) bertemu, hidup mereka berubah selamanya. Meskipun ternyata tidak selalu berakhir dengan pernikahan.

Ikuti kisah para tokoh saat mereka saling jatuh cinta dan mengejar impian profesional mereka, yang mungkin mengancam akan menghancurkan romansa mereka. Dengan pandangan tentang hubungan di dunia nyata, didukung latar belakang yang memukau dan musik latar yang ceria, Anda akan menikmati perjalanan yang memuaskan.

5. Celeste and Jesse Forever

Dalam Celeste and Jesse Forever, sepasang kekasih lama Celeste (Rashida Jones) dan Jesse (Andy Samberg) mulai menjauh setelah menikah muda. Celeste mengajukan gugatan cerai, karena yakin bahwa ia dan Jesse dapat tetap berteman, dan Jesse menyetujuinya—meskipun ia masih mencintainya.

Saat perpisahan mulai terasa, Celeste mulai berpikir ulang. Meskipun menghidupkan kembali asmara lama Anda mungkin tidak memungkinkan (atau bahkan berharga), film ini akan membantu Anda menyadari bahwa sangat mungkin untuk menemukan seseorang setelah putus cinta.


6. Eat, Pray, Love

eat pray love
Film drama yang mengisahkan tentang perjalanan seorang wanita ke berbagai negara untuk mencari ketenangan jiwa.

Untuk kisah inspiratif tentang penemuan jati diri, Anda dapat mencoba mengatasi kesedihan pascaputus cinta dengan menayangkan Eat, Pray, Love—berdasarkan memoar jujur ​​dan terlaris—di layar lebar. Setelah perceraiannya, Liz Gilbert (Julia Roberts) melakukan perjalanan ke tiga destinasi berbeda di seluruh dunia (Italia, India, dan Bali). 

Di tiga tempat itu, ia belajar banyak tentang dirinya sendiri dan apa yang mampu ia lakukan—pencariannya akan membantu Anda mengingat harga diri Anda juga.

7. He’s Just Not That Into You

Mengikuti alur cerita yang saling terkait di antara sekelompok orang berusia 20-an dan 30-an (dengan penampilan bertabur bintang dari Jennifer Aniston, Ben Affleck, Drew Barrymore, Ginnifer Goodwin, dan sejenisnya), film ini mengeksplorasi tantangan hubungan yang dihadapi individu di dunia modern.

Mulai dari masalah kepercayaan hingga rasa takut akan komitmen. Film ini menyoroti tentang kapan harus meninggalkan hubungan, dan bahkan menawarkan banyak nasihat kencan yang bermanfaat.


8. 50 First Dates

50 First Dates
50 First Dates/Imbd.

Dalam film ini, Henry (Adam Sandler) bertekad untuk memenangkan hati Lucy (Drew Barrymore). Namun, kemudian ia  mengetahui bahwa Lucy mengalami kehilangan ingatan jangka pendek dan tidak dapat mengingat apa yang terjadi sehari sebelumnya.

Setiap hari, Henry harus merayu Lucy lagi (dan lagi) sambil berusaha meyakinkan orang-orang yang dicintainya bahwa Henry adalah jodohnya. Film yang lucu sekaligus menawan ini akan membantu Anda menyembuhkan patah hati.

9. Moana

Dengan musik yang membuat Anda tidak bisa berhenti bernyanyi, Moana dari Disney adalah kisah tentang karakter yang memiliki nama yang sama, yang dipilih oleh lautan untuk menyatukan kembali relik dengan seorang dewi.

Ia memulai pencariannya terhadap dewa setengah manusia bernama Maui dengan harapan dapat menyelamatkan rakyatnya. Sebuah kisah yang benar-benar berbeda dari kisah romantis, film fantasi ini akan mengalihkan pikiran Anda dari patah hati.

10. Begin Again

Begin Again adalah pengingat lain bahwa beberapa orang dapat mengubah jalan hidup Anda (dan berpotensi menjadi salah satu belahan jiwa Anda) tanpa mengarah pada romansa jangka panjang. Ketika Gretta (Keira Knightley), seorang musisi, mengetahui bahwa pacarnya yang seorang penyanyi, Dave (Adam Levine), berselingkuh, hidupnya pun berubah.

Kemudian ia bertemu Dan (Mark Ruffalo), seorang eksekutif rekaman yang baru saja dipecat, menemukan bakat Gretta dan memutuskan untuk bekerja dengannya untuk memproduksi albumnya sendiri.

Saat mereka berdua merekam lagu-lagu di sekitar Kota New York, mereka saling membantu mengatasi masa keputusasaan ini, berkat ikatan mereka.

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya