5 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Kontrol Kadar Gula Darah Hingga Cegah Kanker

Tomat memiliki beberapa khasiat kesehatan yang signifikan jika dikonsumsi secara rutin. Salah satu manfaat utama tomat adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan jantung.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 13 Sep 2024, 14:33 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 14:33 WIB
5 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Kontrol Kadar Gula Darah Hingga Cegah Kanker
5 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Kontrol Kadar Gula Darah Hingga Cegah Kanker/Photo by Deniz Altindas on Unsplash

 

Liputan6.com, Jakarta - Tomat, buah dengan kulit merah cerah dan rasa asam manis, telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang menyegarkan dan menyehatkan. Selain menambah cita rasa pada berbagai hidangan, tomat menawarkan manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan.

Mengonsumsi tomat secara rutin dapat memberikan berbagai keuntungan untuk tubuh Anda, dari meningkatkan kesehatan jantung hingga mempercantik kulit wajah.

Keberagaman olahan tomat memungkinkan Anda untuk menikmatinya dalam berbagai bentuk. Anda bisa mengonsumsinya langsung, membuatnya menjadi jus segar, atau menambahkannya dalam hidangan yang sedang Anda masak.

Tomat juga dapat direbus atau dipadukan dengan bahan makanan lainnya untuk menciptakan hidangan yang lezat. Meskipun manfaat kesehatan tomat mungkin sedikit berbeda tergantung pada cara pengolahannya, buah ini tetap menawarkan banyak keuntungan yang bermanfaat untuk tubuh.

Tomat memiliki beberapa khasiat kesehatan yang signifikan jika dikonsumsi secara rutin. Salah satu manfaat utama tomat adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Tomat kaya akan likopen, sejenis antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan melawan radikal bebas dalam tubuh. Likopen juga memiliki peran penting dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam tomat juga mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Dengan meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh, tomat berperan penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat tomat bagi kesehatan tubuh, seperti Melansir dari Verywell Health, Jumat (13/9/2024).

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Tomat memiliki khasiat untuk kesehatan jantung. Kandungan kalium di dalamnya hampir serupa jumlahnya dengan buah pisang. Kalium memiliki fungsi merelaksasi pembuluh darah.

Selain itu, kandungan natrium, serat dan likopen dalam buah tomat memberikan kesehatan pada fungsi jantung. Kandungan likopen mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian. Bagi Anda yang memiliki penyakit jantung, Anda dapat mencoba mengonsumsi tomat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Memulihkan Otot Setelah Olahraga

Contoh ilustrasi otot
Penurunan berat badan ini juga akan mengakibatkan otot melemah. (Foto: Unsplash.com/acob Bentzinger)

Anda yang suka berolahraga akan memperoleh tubuh yang sehat dan atletis. Namun, tidak dipungkiri setelah berolahraga tubuh akan terasa nyeri dan lelah. Hal ini dapat diredakan jika Anda mengonsumsi tomat. Buah tomat memiliki kandungan kalsium, natrium, magnesium dan fluorida yang mampu mengatasi hal tersebut.

Ketika Anda mengonsumsi tomat baik sebelum maupun sesudah olahraga, tubuh Anda akan terisi kembali sebab kandungan air di dalamnya mampu menghidrasi tubuh. Selain itu, kandungan magnesium di dalamnya dapat membantu kontraksi otot.

Tidak hanya itu, buah tomat juga bersifat antiperadangan karena kaya akan vitamin C. Hal ini mendukung pemulihan saat Anda berolahraga.


3. Mencegah Demensia

Ilustrasi merenung, berpikir, diri sendiri
Ilustrasi merenung, berpikir, diri sendiri. (Photo by Jon Asato on Unsplash)

Demensia merupakan penyakit yang menyerang kemampuan berpikir dan daya ingat seseorang yang menyebabkan penurunan fungsi otak. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda dapat mengonsumsi buah tomat. Tomat mengandung banyak kalium dan sedikit natrium yang berfungsi menjaga kognitif agar lebih baik.

Makanan yang memiliki kandungan karotenoid dan antioksidan di dalamnya mampu menjaga kesehatan otak. Tomat yang direbus juga baik untuk kesehatan, sebab rebusan tomat dapat meningkatkan kadar lutein dan zeaxanthin yang dapat mengurangi risiko demensia serta mampu melindungi mata menjelang lanjut usia.


4. Mencegah Kanker Prostat

Ilustrasi Kanker
Ilustrasi Kanker/Unsplash

Tomat yang direbus akan mengurangi kandungan vitamin C dan meningkatkan ketersediaan antioksidan. Hal ini penting untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker. Tidak hanya itu, kandungan likopen di dalamnya mampu mengurangi risiko terserang penyakit kanker prostat.

Mengonsumsi tomat sangat baik untuk mencegah penyakit prostat terutama pada laki-laki. Kandungan antioksidan di dalamnya juga membantu mempertahankan diri dari stres fisiologis akibat radikal bebas seperti asap tembakau. Selain itu, kandungan likopen dan antioksidan buah tomat juga baik bagi kesuburan laki-laki.


5. Mengontrol Kadar Gula Darah

nasi beku 1
Ilustrasi mengukur kadar gula darah/Copyright unsplash.com/Mockup Graphics

Selain mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, tomat juga memiliki khasiat yang dapat membantu mengontrol gula darah bagi penderita diabetes.

Buah berwarna merah ini memiliki kandungan glikemik yang rendah, cocok bagi penderita diabetes untuk menjadikan camilan penurun gula darah. Serat di dalamnya juga membantu memperlambat proses pencernaan yang menyebabkan kenyang lebih lama.

Buah tomat memiliki kandungan naringenin dan polifenol yang memiliki sifat antidiabetes. Hal ini membantu tubuh dalam mengelola diabetes yang ada pada tubuh, sehingga buah ini cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker (Liputan6.com/Yoshiro)
Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker (Liputan6.com/Yoshiro)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya