Gerakan Mitratel Moves Dorong Karyawan Hidup Sehat dan Lebih Aktif

Gerakan ini merupakan respons manajemen Mitratel terhadap fakta bahwa Indonesia memiliki rata-rata jumlah masyarakat yang berjalan kaki terendah di dunia, seperti yang diungkap dalam penelitian oleh Stanford University dalam jurnal Sains Nature.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 01 Okt 2024, 00:17 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 20:02 WIB
Gerakan Mitratel Moves Dorong Karyawan Hidup Sehat dan Lebih Aktif
Gerakan Mitratel Moves Dorong Karyawan Hidup Sehat dan Lebih Aktif. dok: ist

Liputan6.com, Jakarta - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel) meluncurkan gerakan olahraga dan donasi bertajuk Mitratel Moves. Mitratel Moves bertujuan untuk mendorong seluruh karyawan agar lebih aktif berolahraga.

Untuk setiap langkah yang diambil karyawan, perusahaan akan menyumbangkan 1 rupiah. Dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk program-program di bidang pelestarian lingkungan, pendidikan, dan kesehatan.

Gerakan ini merupakan respons manajemen Mitratel terhadap fakta bahwa Indonesia memiliki rata-rata jumlah masyarakat yang berjalan kaki terendah di dunia, seperti yang diungkap dalam penelitian oleh Stanford University dalam jurnal Sains Nature.

“Gerakan yang mengambil tema Moves ‘Bikin Bergerak, Hidup Lebih Berarti’ ini bukan hanya memotivasi karyawan untuk berolahraga, namun juga melibatkan pekerja dalam berdonasi. Karyawan kita bukan hanya hidup sehat dan kuat tapi juga bahagia dunia akhirat,” ungkap Direktur Utama Mitratel, Theodorus Ardi Hartoko (Teddy), dalam keterangannya, Senin (30/9/2024).

Teddy menambahkan, selain social impact dalam bentuk donasi, Moves ini juga berdampak terhadap pengurangan emisi karbon karena gerakan ini juga memotivasi karyawan berangkat dan pulang kantor menggunakan public transport sambil berjalan menuju halte atau stasiun kereta.

"Di sisi perusahaan diharapkan adanya peningkatan produktivitas. Selain itu, dengan rajin berolahraga tentu karyawan lebih sehat dan bugar sehingga anggaran kesehatan dapat digunakan secara lebih optimal dan terkontrol. Mitratel menjadi tempat kerja yang menyenangkan karena memberi ruang bagi para pekerjanya untuk menjalankan prinsip worklife balance dengan kepedulian sosial yang tinggi," kata Teddy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbagi tips untuk hidup lebih aktif

Sementara itu, chef sekaligus pegiat hidup sehat Martin Praja menekankan pentingnya untuk tetap aktif dan berbagi tips bagi orang yang baru mau memulai untuk hidup lebih aktif.

“Berjalan kaki itu olahraga yang sangat mudah, namun manfaatnya banyak sekali, membantu menjaga berat badan, meningkatkan kekuatan otot dan menjaga kesehatan jantung," ucap Martin.

Lebih lanjut ia mengatakan, "Agar terpacu dan bisa konsisten tetap aktif, tentukan target langkah harian, misalnya 10.000 langkah sehari. Nah, diluncurkannya aplikasi Moves ini tentunya kabar baik sekali, karena akan jauh mempermudah teman-teman untuk memantau target harian. Apalagi ada komitmen dari Mitratel untuk mendonasikan dana yang terkumpul dari setiap langkah, pasti ini membuat semakin semangat ya!” 

 


Gerakan hidup sehat telah diuji coba sejak Agustus 2024

Sebelum diluncurkan secara resmi, gerakan ini sudah diuji coba sejak Agustus 2024. Karyawan sangat antusias karena memiliki rasa keterkaitan dan kebanggaan yang tinggi. Prinsipnya, semakin sering olahraga, maka semakin besar pula nilai donasinya.

“Moves adalah aplikasi yang dikembangkan untuk monitoring pencapaian jumlah langkah kaki yang dapat diakses seluruh karyawan. Terdapat berbagai informasi di dalamnya di antaranya pencpaian individu, unit serta fitur klasemen. Semua orang dan unit akan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Inilah yang kami sebut berlomba lomba dalam kebajikan dengan bonus kesehatan,” kata Teddy.

Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya