5 Manfaat Semangka untuk Kecantikan, Bikin Glowing Hingga Awet Muda

Semangka bukan hanya enak dan menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kecantikan yang mungkin belum Anda ketahui.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 07 Okt 2024, 12:03 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 12:03 WIB
5 Manfaat Semangka untuk Kecantikan, Bikin Glowing Hingga Awet Muda
5 Manfaat Semangka untuk Kecantikan, Bikin Glowing Hingga Awet Muda/Photo by Neha Deshmukh on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Saat cuaca panas, minuman dingin mungkin jadi pilihan utama untuk menyegarkan. Namun, jangan lupa akan kelezatan dan manfaat dari buah-buahan, terutama semangka. Buah ini bukan hanya enak dan menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kecantikan yang mungkin belum Anda ketahui.

Semangka dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan air, membuatnya sempurna untuk menghidrasi tubuh di tengah teriknya matahari. Namun, lebih dari sekadar pelepas dahaga, semangka juga diperkaya dengan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, baik dari dalam maupun luar.

Menurut Dr. Kathleen S. Viscusi, salah satu pendiri dan mitra di Dermatology and Surgery Specialists of North Atlanta (DESSNA), semangka memiliki banyak manfaat yang luar biasa.

“Semangka adalah makanan kaya vitamin yang memberikan banyak manfaat secara internal dan eksternal,” kata Dr. Viscusi seperti dilansir dari Prevention, Minggu (6/10/2024).

“Ini telah lama menjadi bahan dalam perawatan kulit Korea, dan kini semakin umum digunakan di seluruh dunia," sambungnya.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat semangka untuk kecantikan berikut ini:

1. Bikin awet muda

Menurut Dr. Kathleen semangka mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C dan E yang dapat membantu memerangi dan menyembuhkan kulit kusam serta rusak.

Vitamin A  sangat penting untuk menciptakan dan memperbaiki sel-sel kulit. Tanpa asupan yang cukup, kulit Anda bisa tampak kering dan bersisik. Vitamin A membantu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Lalu vitamin C yang dikenal sebagai pelindung kulit, membantu melawan kerusakan akibat sinar matahari dan berfungsi untuk menghaluskan kerutan dengan meningkatkan produksi kolagen. Ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap elastis dan tampak muda.

Sementara itu, vitamin E sebagai antioksidan utama, yang membantu meremajakan kulit yang mengalami hiperpigmentasi atau kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini memberikan perlindungan tambahan dan nutrisi yang diperlukan untuk kulit. 

Senyawa-senyawa kuat dalam semangka tidak hanya menutrisi kulit, tetapi juga melindunginya dari berbagai kerusakan. Meskipun ada banyak produk perawatan kulit yang menawarkan hidrasi dan regenerasi, semangka bisa memberikan manfaat serupa secara alami.

“Suplemen dan makanan tertentu dapat membantu meningkatkan kadar asam hialuronat dan kolagen alami, membantu meningkatkan hidrasi sel dari dalam ke luar,” kata dokter kulit, dan pendiri Murad Skincare, Howard Murad.


2. Menjaga kelembapan kulit

Melembapkan wajah
Ilustrasi Melembapkan Kulit Wajah Credit: unsplash.com/Marine

Meskipun tidak sepopuler daging buahnya, biji semangka menyimpan berbagai nutrisi yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

"Biji semangka yang dimasak sepenuhnya juga ampuh bagi kesehatan kulit, lho. Meski tidak sepopuler buahnya, bijinya mengandung protein, asam lemak, dan ceramide untuk membantu mengunci kelembapan kulit," jelas Dr. Viscusi.

Selain itu, biji semangka kaya akan magnesium, yang bermanfaat untuk mengurangi jerawat. Magnesium bekerja dengan menurunkan kadar kortisol—hormon yang dapat memicu jerawat—dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk membantu mengatasi kulit yang merah dan teriritasi.


3. Mengatasi iritasi

Teknik Yoga Wajah di Rumah, Bermanfaat untuk Mengencangkan dan Meremajakan Kulit
Ilustrasi saat melakukan face yoga (dok. Unsplash/ Park Street)

Green outer shell (atau kulit) semangka yang berwarna hijau telah dikenal membantu menenangkan kulit yang teriritasi karena kemerahan dan peradangan,” kata Dr. Viscusi.

Anda dapat mencoba membuat masker DIY dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Ambil kulit semangka yang sudah dicuci bersih. Pastikan Anda menggunakan bagian dalam kulit yang masih segar.
  • Sebelum digunakan, mendinginkan kulit semangka di lemari es selama beberapa jam. Ini akan memberikan efek menyegarkan saat digunakan pada kulit.
  • Dengan hati-hati, gunakan pisau untuk mengiris kulit semangka menjadi potongan-potongan yang sangat tipis. Pastikan potongannya cukup besar untuk menempel pada area kulit yang bermasalah.
  • Tempelkan potongan kulit semangka dengan bagian dalam ke bawah langsung pada kulit yang teriritasi. Biarkan selama 15-20 menit untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Jika Anda ragu untuk membuat masker sendiri, banyak produk perawatan kulit di pasaran kini juga mengandung ekstrak kulit semangka. Anda bisa mencarinya sebagai alternatif.


4. Mengurangi minyak dan mengatasi jerawat

skincare-kezo
ilustrasi produk untuk mengangkat minyak diwajah/unsplash

Vitamin A dikenal efektif dalam mengurangi ukuran pori-pori pada kulit. Dengan mengatur produksi sebum (minyak alami kulit), vitamin A dapat membantu pori-pori terlihat lebih kecil dan kulit tampak lebih halus.

Bagi pemilik kulit berminyak, mengonsumsi semangka bisa menjadi pilihan yang baik. Nutrisi dalam semangka membantu menyeimbangkan produksi minyak di wajah, sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat dan komedo.

Selain itu, menggunakan jus semangka sebagai tonik wajah bisa menjadi solusi alami untuk jerawat. Pijat lembut kulit wajah dengan jus semangka, dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Ini tidak hanya memberikan hidrasi tetapi juga menenangkan kulit yang meradang.


5. Kulit wajah menjadi glowing

mencerahkan wajah
Ilustrasi kulit cerah (Foto: Unsplash/Cheyenne Doig)

Dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, semangka dapat membantu mengembalikan kelembapan dan kecerahan kulit, terutama bagi Anda yang merasa kulitnya kusam.

Dengan rutin mengonsumsi semangka, Anda dapat membantu mengembalikan kecerahan alami kulit. Nutrisi dalam semangka bekerja untuk meremajakan sel-sel kulit dan mengurangi tampilan kusam.

Infografis 4 Tren Kecantikan 2024
Infografis 4 Tren Kecantikan 2024.  (Liputan.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya