Sukses Gelar FFWS SEA 2024 Fall di Surabaya, Garena Indonesia Siap Kembangkan Esports hingga Akar Rumput

Usai sukses mengadakan turnamen Free Fire World Series SEA 2024 Fall di Surabaya, Garena Indonesia mengaku siap mengembangkan e-sport hingga ke akar rumput.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 15 Okt 2024, 16:02 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2024, 16:02 WIB
Sukses Gelar FFWS SEA 2024 Fall di Surabaya, Garena Indonesia Siap Kembangkan Esports hingga Akar Rumput
ki-ka: Head of Business Development, Esports, and Community Garena Indonesia Wijaya Nugroho; Country Head Garena Indonesia Hans Saleh; Free Fire Game Producer Garena Indonesia Christiandy Franciscus; Free Fire Esports Lead Garena Indonesia Hazmi Iskandar (doc: Liputan6/Sulung Lahitani)

Liputan6.com, Jakarta Usai sukses mengadakan turnamen Free Fire World Series SEA 2024 Fall di Surabaya, di mana Buriram United Esporst keluar sebagai pemenangnya, Garena Indonesia mengaku siap mengembangkan e-sport hingga ke akar rumput. 

"Kami paham di grassroots sendiri juga perlu dikembangkan. Jadi, salah satu turnamen yang kami lakukan adalah Garena Youth Championship," ungkap Country Head Garena Indonesia Hans Saleh ditemui di Surabaya, Minggu (13/10/2024).

Ia menambahkan bahwa Garena Youth Championship sengaja diadakan dengan target pemain-pemain muda. Sejauh ini menurut Hans, peserta turnamen tersebut mencapai ratusan hingga ribuan sekolah. 

"Jadi untuk player sendiri sudah sangat banyak, dan di situ kita lihat perkembangannya untuk menyokong e-sports ke depannya."

Harapannya, dengan merangkul akar rumput dan juga profesional, maka jalan Indonesia menuju skala internasional makin terbuka lebar. Dengan demikian, Indonesia dapat kembali menjadi juara di kancah dunia, khususnya dalam turnamen Free Fire.

Terkait perkembangan Free Fire di kawasan Asia Tenggara, Hans mengaku melihat makin baiknya permainan para pemain Indonesia dari segi player dan dari sisi e-sportsnya.

"Kalau kita lihat di turnamen terakhir itu di e-sports World cup bulan Juli kemarin di Riyadh, tim Indonesia itu berhasil reduksi ranking ke kedua dengan permainan yang cukup meyakinkan."

Hal ini pula yang menjadi alasan akhirnya Garena kembali mengadakan turnamen di Indonesia setelah lima tahun. Selain itu, menurut Hans pihaknya harus memastikan terlebih dahulu bahwa infrastruktur di Indonesia siap untuk menyelenggarakan turnamen berskala internasional. 

"Ini jadi kebanggaan sendiri kami bisa bawa turnamen internasional, enggak hanya di Jakarta tapi kami juga bisa serve user yang ada di kota-kota lain. Ya harapannya, bisa mampir dan reach out ke users-users kami di seluruh Indonesia," pungkas Hans.

Juara FFWS SEA 2024 Fall, Buriram United Esports Bawa Pulang Rp 1,5 M

Juara FFWS SEA 2024 Fall, Buriram United Esports Bawa Pulang Rp 1,5 M
Juara FFWS SEA 2024 Fall, Buriram United Esports Bawa Pulang Rp 1,5 M (doc: Liputan6/Sulung Lahitani)

Tim e-sports Buriram United Esports asal Thailand keluar sebagai pemenang Turnamen Free Fire World Series SEA Fall 2024. Buriram berhasil mengumpulkan poin tertinggi selama Grand Finals FFWS SEA 2024 Fall yang digelar di Surabaya Convention Center, Pakuwon Mall, Surabaya. 

Atas prestasi mereka, Buriram membawa pulang hadiah uang tunai senilai USD 100.000 (sekitar Rp 1,5 miliar) serta mengantongi satu tiket di FFWS Global Final yang akan diadakan pada November 2024 di Brasil.

 Sementara itu, peringkat kedua dan ketiga juga diraih oleh tim asal Thailand yaitu Team Falcons dan Twistead Minds. Tim dari Indonesia sendiri harus puas berada di peringkat enam (RRQ Kazu), tujuh (Evos Divine), dan delapan (Bigetron Delta).

Dari 12 tim yang bertanding, sebanyak 8 tim lolos kualifikasi untuk bertanding di FFWS Global Finals 2024 di luar Team Falcons yang telah mengamankan tiket di ajang global sebelumnya. Tim-tim tersebut yakni:

Selengkapnya...

Potret Keseruan Nobar Grand Finals FFWS SEA 2024 Fall di Surabaya

Potret Keseruan Nobar Grand Finals FFWS SEA 2024 Fall di Surabaya
Potret Keseruan Nobar Grand Finals FFWS SEA 2024 Fall di Surabaya (doc: Liputan6/Sulung Lahitani)

Grand Finals Free Fire World Series SEA 2024 Fall di Surabaya akhirnya tiba. Sebanyak 12 tim akan bermain untuk enam game dan menentukan siapa pemenang FFWS SEA Fall 2024. Dimulai pada pukul 15.00 WIB, Minggu (13/10/2024), tim-tim tersebut selanjutnya bertarung untuk mengumpulkan poin dengan meraih placement yang tinggi dalam tiap game serta menabung banyak poin kill.

Nantinya, tim e-sports yang menang akan membawa pulang bagian terbesar dari hadiah uang tunai USD 300.000 (sekitar Rp 4,7 miliar) serta mendapatkan tempat di FFWS Global Finals 2024 bersama dengan tujuh tim terbaik lainnya. 

Sejak pukul 10.00 WIB, pengunjung telah memadati pintu masuk Surabaya Convention Center, Pakuwon Mall, Surabaya, tempat Grand Finals FFWS SEA Fall 2024 tersebut diadakan. Setidaknya diperkirakan 3.000 hingga 4.000 orang akan mengikuti acara nonton bareng (nobar) grand finals tersebut secara offline. 

Selengkapnya...

Infografis jenis-jenis olahraga kekinian
Infografis jenis-jenis olahraga kekinian. (Dok: Tim Grafis Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya